4 Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negri!

29 Aug 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Terdapat dua jenis ayam yang biasa dijual di pasaran, yakni ayam kampung dan ayam negeri. Keduanya bisa diolah menjadi beragam masakan, baik sajian goreng maupun berkuah.

Namun jika diamati lebih jeli, kedua jenis ayam ini berbeda, terutama pada teksturnya. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui perbedaan ayam kampung dan ayam negeri agar tidak keliru saat membeli dan mengolahnya. 

Mengutip dari buku “Koleksi 120 Resep Masakan Ayam” oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut perbedaan ayam kampung dan ayam negeri yang perlu diketahui. 

1. Cara ternak

Ayam kampung umumnya diternak dengan cara diumbar atau dibiarkan berkeliaran. Oleh karena itu, sebagian besar pakannya alami, tidak dari bekatul.

Sementara itu, ayam negeri dibudidayakan sedemikian rupa di dalam kandang yang bersih. Pakan ayam negeri biasanya biji-bijian atau bekatul. 

2. Bentuk dan berat badan 

Perbedaan ayam negeri dan ayam kampung juga ada pada bentuk badannya. Umumnya, ayam negeri memiliki bentuk badan gemuk dan bulat, sedangkan ayam kampung agak panjang.

Meski demikian, badan ayam kampung betina pun sedikit bulat. Namun tidak sebulat ayam negeri. 

Bentuk badan tersebut berkaitan dengan beratnya.

Rata-rata ayam negeri ukuran sedang memiliki berat kurang lebih dua kilogram. Sementara, ayam kampung hanya 500 sampai 1200 gram.

3. Warna dan tekstur daging

Ayam kampung memiliki warna yang lebih gelap daripada ayam negeri. Tekstur dagingnya pun lebih alot karena memiliki lebih banyak otot daripada lemak. 

Berbeda dengan ayam kampung, ayam negeri justru memiliki lebih banyak lapisan lemak daripada ototnya. Hal ini membuat tekstur ayam negeri lebih empuk daripada ayam kampung.  

4. Cara pengolahan 

Lapisan lemak dalam ayam negeri membuat sebagian orang merasa terganggu. Sebab, lapisan ini dapat menimbulkan bau yang kurang sedap. 

Oleh sebab itu, ayam negeri kurang cocok digunakan untuk memasak sajian rebus termasuk kaldu. 

Jika ingin membuat kaldu, disarankan untuk menggunakan ayam kampung saja. Penggunaan ayam kampung dapat membuat kaldu lebih gurih dan sedap.

Artikel ini disadur daru artikel yang telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Bedanya Ayam Kampung dan Ayam Negeri, Ketahui Sebelum Beli”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/27/110400675/4-bedanya-ayam-kampung-dan-ayam-negeri-ketahui-sebelum-beli?page=2.
Penulis : Lea Lyliana
Editor : Lea Lyliana

mobile-closeKredit PintarDownload