4 Cara Menghilangkan Karat Mudah dengan Bahan Alami

09 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2021

Cara menghilangkan karat secara alami bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Karat sendiri adalah kondisi saat besi mengalami proses oksidasi yang memunculkan kotoran dari korosi, biasanya berwarna kuning serta mempunyai bau seperti besi.

Karat bisa terbentuk jika terdapat udara atau uap air di sekitar besi yang tersimpan di lingkungan yang lembab. Selain itu, asam dan uap garam yang ada di udara bebas, permukaan logam yang tidak rata, serta sentuhan sebuah logam dengan logam lain juga bisa mengakibatkan karat.

4 Cara Menghilangkan Karat Mudah dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Karat dengan Bahan Alami

Sobat Pintar mungkin merasa kesal setiap kali menemukan karat di beberapa barang kesayangan yang ada di rumah. Ternyata, ada berbagai bahan alami yang bisa dengan mudah Sobat Pintar temukan dan gunakan untuk melenyapkan karat dari berbagai barang kesayangan Sobat Pintar.

  1. Campuran air jeruk, soda kue, dan garam

Cukup campurkan garam sebanyak setengah sendok, soda kue sebanyak setengah sendok, dan air dari perasan jeruk. Tunggu dan diamkan campuran bahan alami selama sekitar 2 jam sebelum menggunakan ramuan ini untuk membersihkan karat.

Setelah 2 jam, oleskan campuran bahan alami tersebut ke benda berkarat. Tunggu lagi selama beberapa saat sambil memperhatikan karat yang ada di besi mulai pudar dan menghilang. Bersihkan campuran bahan dengan menggunakan kain kering. Karat hilang tanpa merusak barang kesayangan.

  1. Tips agar karat hilang dengan cuka

Cuka adalah bahan yang banyak digunakan di dapur. Bahan ini bisa dipakai untuk melenyapkan karat pada berbagai benda dari besi. Tuangkan cuka pada benda berkarat dan diamkan selama 24 jam. Kemudian gosok bagian yang berkarat menggunakan sikat atau spons.

Untuk mendapatkan hasil maksimal Sobat Pintar bisa menggunakan sikat atau spons yang terbuat dari bahan alumunium foil. Bahan ini jauh lebih efektif untuk membersihkan sisa karat yang ada di besi. Untuk menghilangkan karat dengan lebih cepat, Sobat Pintar bisa menggunakan cuka putih.

  1. Sabun cuci piring dan kentang

Dua bahan ini pasti ada di hampir setiap dapur. Sobat Pintar bisa menggunakan keduanya untuk melenyapkan karat pada benda besi di rumah. Tips agar karat hilang menggunakan kedua bahan ini juga cukup mudah. potong kentang menjadi beberapa bagian lalu tumbuk atau blender sampai halus.

Lalu campur kentang dengan sabun untuk mencuci piring, aduk campuran sampai merata kemudian oleskan campuran di benda berkarat. Tunggu beberapa saat agar campuran tersebut meresap sampai ke dasar karat pada besi. Gosok karat dengan spons kawat atau alumunium foil.

Langkah terakhir dari tips agar karat hilang dengan campuran kentang dan sabun adalah membersihkan dan mengeringkan benda yang sudah dibersihkan dengan menggunakan kain kering.

  1. Cara menghilangkan karat dengan minuman bersoda

Minuman bersoda memang menyegarkan, juga bermanfaat untuk membersihkan karat yang ada pada besi. Tuangkan minuman bersoda dalam sebuah wadah yang cukup besar. Lalu rendam alat yang berkarat ke wadah berisi minuman bersoda tersebut.

Tunggu hingga karat pada besi memudar dan menghilang hingga benar-benar bersih. Lalu bersihkan lagi benda yang sudah hilang karatnya menggunakan lap basah sehingga benda tersebut tidak akan menjadi lengket. Keringkan dengan menggunakan lap kering.

Selain keempat cara di atas, cara menghilangkan karat lainnya adalah dengan menggunakan bubuk asam sitrat, bahan bakar solar, dan ampelas. Tapi bahan-bahan tersebut belum tentu ada di setiap rumah. Lebih baik coba terlebih dahulu keempat cara di atas dan lihat hasilnya pada benda berkarat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload