20 Nama Usaha Yang Unik Untuk Bisnis Anda

12 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 13 Jun 2023

Nama usaha yang unik sangat penting dalam dunia bisnis karena dapat memberikan keuntungan yang lebih baik dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Berikut ini adalah penjelasannya.

Nama Usaha Yang Unik

Berikut adalah 20 nama usaha yang unik:

  1. Kopi Luwak 101
  2. Warung Pojok Kriuk
  3. Hati-Hati! Ada Ular
  4. Otomotif Cinta
  5. Sate Kambing Nongkrong Santai
  6. Dapur Doyan Durian
  7. Warung Es Campur Nyaknyak
  8. Buka Kiloan Pagi
  9. Kafe Semoga Kau Bahagia
  10. Klinik Cantik Tanpa Biaya
  11. Rumah Makan Mantap Jiwa
  12. Soto Ayam Segera
  13. Kedai Es Krim Setan
  14. Steak and Shake on the Lake
  15. Cemilan Obral Murah
  16. Pengamen Cinta
  17. Rawon Aroma Jengkol
  18. Kedai Tahu Gejrot Mak Nyak
  19. Nasi Kucing Gaul
  20. Angkringan Buka Puasa

Baca juga: 30+ Nama Unik sebagai Usaha Makanan

Pentingnya Nama Usaha Unik

Usaha yang unik sangat penting dalam dunia bisnis karena dapat memberikan keuntungan yang lebih baik dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa usaha yang unik penting:

  1. Memperkuat identitas bisnis Usaha yang unik dapat membantu memperkuat identitas bisnis dan membedakan dari pesaing lainnya. Nama usaha yang unik dan mudah diingat akan membantu konsumen mengenali bisnis Anda dan membantu meningkatkan kesadaran merek.
  2. Menarik perhatian konsumen Usaha yang unik dapat menarik perhatian konsumen dan membuat bisnis Anda menjadi lebih menarik dibandingkan pesaing lainnya. Nama bisnis yang kreatif dan unik dapat memicu rasa penasaran dan minat konsumen.
  3. Meningkatkan nilai tambah produk Usaha yang unik dapat meningkatkan nilai tambah produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya, produk yang dibuat dengan desain unik atau cara pemasaran yang berbeda dari biasanya dapat meningkatkan daya tarik dan nilai tambah produk.
  4. Meningkatkan daya saing Dalam persaingan pasar yang semakin ketat, usaha yang unik dapat membantu meningkatkan daya saing bisnis. Bisnis dengan nama dan cara berbisnis yang unik dapat membuat bisnis tersebut lebih menonjol dan dikenal oleh konsumen.
  5. Memperkuat brand awareness Usaha yang unik dapat membantu memperkuat brand awareness atau kesadaran merek. Nama usaha yang unik dan mudah diingat dapat membantu konsumen mengingat merek dan membuat merek tersebut lebih dikenal.

Dalam kesimpulannya, usaha yang unik sangat penting dalam dunia bisnis karena dapat memberikan keuntungan yang lebih baik dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Namun, penting juga untuk memperhatikan legalitas dan etika dalam pemilihan nama usaha yang unik.

Cara Mencari Nama Usaha Yang Unik

Mencari nama usaha yang unik dapat menjadi sebuah tantangan, terutama jika kita ingin nama tersebut sesuai dengan konsep bisnis yang ingin kita jalankan. Berikut adalah beberapa cara mencari nama usaha unik:

  1. Perhatikan konsep bisnis Cari inspirasi dari konsep bisnis yang akan dijalankan. Perhatikan produk atau jasa yang ditawarkan dan coba untuk mengambil ide dari hal tersebut. Sebagai contoh, bisnis yang bergerak di bidang kuliner dapat mencari nama dari bahan-bahan yang digunakan atau dari menu yang dijual.
  2. Cari referensi dari sumber lain Coba cari referensi dari sumber lain seperti majalah, internet atau buku. Namun, pastikan referensi yang digunakan sesuai dengan konsep bisnis yang ingin dijalankan.
  3. Buat daftar kata kunci Buat daftar kata kunci atau tema yang sesuai dengan konsep bisnis yang ingin dijalankan. Cari sinonim atau kata-kata yang serupa dengan kata kunci tersebut. Jangan lupa untuk mencatat setiap ide yang muncul.
  4. Buat kombinasi nama Coba untuk menggabungkan beberapa kata yang terdapat pada daftar kata kunci atau tema yang telah dibuat. Contohnya, jika konsep bisnis adalah makanan, maka kombinasi dari kata “saji” dan “rasa” dapat menghasilkan nama seperti “Rasa Saji”.
  5. Coba dengan bahasa asing Jika ingin mencari nama yang lebih unik, coba untuk memilih kata-kata dalam bahasa asing yang memiliki arti yang tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Namun, pastikan arti kata tersebut sesuai dengan konsep bisnis.
  6. Gunakan alat pencari nama usaha Kini sudah banyak alat pencari nama usaha yang tersedia di internet. Beberapa alat ini dapat membantu mencari nama usaha yang unik dengan memasukkan kata kunci atau tema yang sesuai dengan konsep bisnis.

Dalam memilih nama usaha, pastikan nama tersebut mudah diingat, tidak sulit untuk dieja, dan memiliki daya tarik yang tinggi. Selain itu, perlu diperhatikan juga legalitas dan etika dalam pemilihan nama usaha yang unik.

Berikut adalah beberapa contoh nama usaha unik di Indonesia:

  1. Kopi Kenangan Kopi Kenangan adalah sebuah merek kopi yang terkenal di Indonesia. Nama tersebut unik karena dapat menggambarkan sebuah kenangan atau momen yang berkesan yang terkait dengan secangkir kopi.

Baca juga: Nama Unik sebagai Usaha Makanan

  1. Bareburger Bareburger adalah sebuah restoran burger yang menawarkan burger organik dan terbuat dari bahan-bahan segar dan lokal. Nama ini unik karena terdengar seperti “bear burger” yang mengingatkan pada beruang dan bahan organik yang alami.
  2. Toko Kue Yg Lain Toko Kue Yg Lain adalah sebuah toko kue yang terkenal di Jakarta. Nama ini unik karena tidak seperti nama toko kue lain yang umumnya menggunakan nama pemilik atau nama kue yang dijual, nama toko ini mengandung unsur humor dan membuat orang penasaran.
  3. Nasi Goreng Mafia Nasi Goreng Mafia adalah sebuah restoran yang menyajikan nasi goreng dengan cita rasa yang khas dan unik. Nama ini unik karena dapat menarik perhatian pelanggan dan memberikan kesan bahwa nasi goreng di sana sangat spesial dan layak untuk dicoba.
  4. Tuku Cafe Tuku Cafe adalah sebuah cafe yang menyajikan kopi dan makanan ringan. Nama ini unik karena dapat membawa kesan bahwa pelanggan dapat “mengambil” atau “mengambil” secangkir kopi atau makanan ringan di cafe tersebut.
  5. Indoestri Makerspace Indoestri Makerspace adalah sebuah pusat kreatifitas dan pelatihan yang menyediakan ruang dan peralatan bagi orang-orang yang ingin menciptakan produk dan karya mereka sendiri. Nama ini unik karena menggambarkan tempat yang menjadi “industri” kreatif dan inovatif.
  6. Toko Rempah Mafia Toko Rempah Mafia adalah sebuah toko rempah yang menawarkan berbagai macam rempah-rempah dengan kualitas terbaik. Nama ini unik karena dapat menarik perhatian pelanggan dan memberikan kesan bahwa rempah-rempah di sana sangat spesial dan layak untuk dicoba.
  7. Sate Taichan Sate Taichan adalah sebuah gerai sate yang menawarkan sate dengan rasa pedas dan segar. Nama ini unik karena menggunakan kata “taichan” yang tidak lazim digunakan pada nama makanan dan memberikan kesan bahwa sate yang dijual sangat spesial dan berbeda dari sate lainnya.
  8. Warunk Upnormal Warunk Upnormal adalah sebuah warung makan yang menyajikan berbagai macam hidangan dengan variasi yang unik. Nama ini unik karena menggambarkan sebuah “warung” yang unik dan tidak biasa serta menyajikan hidangan yang berbeda dari warung makan lainnya.
  9. Kedai Ling-Ling Kedai Ling-Ling adalah sebuah toko makanan dan minuman yang menyediakan berbagai macam menu Asia dan Eropa. Nama ini unik karena memiliki kesan yang lucu dan mudah diingat.

Nama-nama usaha yang unik dapat membantu bisnis Anda menarik perhatian pelanggan dan membedakan diri dari bisnis.

Baca juga: 5 Ide untuk Bisnis Modal 1 Juta Menjanjikan

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download