10 Cara Menghilangkan Stress Kerja, Cepat dan Efektif

30 Jul 2021 by Laruan

Bekerja adalah aktivitas yang paling banyak menyita waktu dalam hidup kita, karena minimal 8 jam perhari kita harus menyelesaiakan pekerjaan, ditambah waktu perjalanan, persiapan sebelum kerja, dan ada yang sampai harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaan. Semakin tinggi posisi dan jabatan seseorang biasanya semakin tinggi tuntutan dan tekanannya. Bagi yang ingin maju dan berkembang dalam karir dan pekerjaannya sebaiknya mempersiapkan diri sebelum menerima pekerjaan dan tanggung jawab yang lebih besar. Karena orang siap dengan jabatan dan posisi baru namun tidak siap untuk menerima tuntutan dan tekanan dari posisi tersebut. Itulah yang sering kita dengar setiap hari. Namun masih banyak yang merasa bekerja adalah beban, bekerja adalah tekanan dan lainnya. Berikut beberapa Cara untuk Menghilangkan Stress Kerja 

10 Cara Menghilangkan Stress Kerja
  1. Hilangkan stress kerja Dengan mengatur prioritas

Stress muncul akibat adanya tekanan dari luar karena ada beberapa hal dalam hidup kita tidak berjalan dengan baik. Misalnya pada saat kita sudah ada rencana untuk liburan bersama anak atau teman bagi yang masih single, ternyata tiba – tiba harus ada jadwal untuk rapat sampai malam, hal ini akan memicu stress karena ada bagian dan diri kita yang tidak terpenuhi kebutuhannya. Atau ada pekerjaan yang menumpuk secara bersamaan dengan waktu yang terbatas. Untuk mengatasi hal ini maka sangat penting menjaga keseimbangan dalam hidup dengan membuat prioritas.  

Ada prioritas yang penting dan genting yang tidak bisa dihindarkan dan harus dikerjakan saat itu juga seperti kejadian musibah atau tak terduga lainnya, ada prioritas yang penting dan tidak genting seperti seperti pekerjaan yang deadlinenya sudah ada waktunya dan sebaiknya ini segera dikerjakan dan jangan menunda, sebaiknya dikerjakan lebih awal. Ada prioritas tidak penting dan genting misalnya ada orang yang membutuhkan bantuan atau pinjaman untuk berobat, atau pertolongan yang lain hal ini buat prioritas dalam kapasitas kita jangan sampai kita melakukan ini tapi ada kepentingan kita yang terganggu. Ada prioritas tidak penting dan tidak genting seperti nonton TV, bukan FB, IG dan media sosial lain yang ini sebaiknya mulai dikurangi apalagi hanya menonton berita – berita gosip yang menghabiskan waktu selain tidak bermanfaat akan menambah stress.

  1. Menghindari ikut campur urusan orang lain, bergosip dan konflik dengan orang lain

Tugas dan pekerjaan kita saja sudah membuat kita stress sebaiknya jangan ditambah lagi dengan ikut campur dengan urusan orang lain, misalnya ingin tahu keadaan hubungan seseorang, atau ingin tahu info – info pribadi seseorang yang itu akan menambah kepusingan dan stress kita tapi tidak ada manfaatnya. Untuk meminimalkan hal tersebut sebaiknya kalau bekerja fokus bekerja dan tidak bergabung dengan grup atau kelompok – kelompok yang banyak bergosip. Sebaiknya apabila ada masalah di kantor yang bukan masalah kita tidak ikut campur dan tidak perlu berusaha menjadi orang bijak yang menengahi karena nanti akan jadi masalah baru lagi. Sebaiknya biarkan masalah diselesaikan oleh orang yang bersangkutan saja

  1. Fokus pada pekerjaan dan jangan menunda agar terhindar dari stress

Dua hal ini sangat penting untuk menghilangkan stress, karena stress bisa muncul biasanya harusnya fokus mengerjakan pekerjaan jadi mengerjakan yang lain sehingga pekerjaan yang harusnya selesai dan bisa segera dilaporkan ke atasan jadi tertunda. Sebaiknya pekerjaan apapun dikerjakan secepatnya dan lebih awal supaya penilaian kinerja kita bagus, dengan penilaian kinerja kita bagus dan atasan kita merespon dengan positif maka tidak akan ada stress bahkan stress akan hilang dengan adanya bentuk apresiasi yang baik dari rekan kerja atau atasan karena pekerjaan kita selesai lebih awal dan bagus. 

  1. Menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman

Suasana dan lingkungan memberikan pengaruh yang besar terhadap semangat kerja kita dan mood kita dalam bekerja. Hal sederhana yang bisa dilakukan dengan cara mengatur dan menata meja kerja dengan rapi, bersih dan harum. Meja atau ruang kerja sebaiknya ada foto keluarga untuk menambah semangat kerja. Sesuaikan ruangan dan suasana kerja sesuai dengan divisi dimana kita bekerja sehingga akan membuat mood kita menjadi semakin kreatif dan mendukung untuk bekerja, misalnya kita bekerja di divisi Marketing maka bisa menempelkan kata – kata motivasi pencapaian target, motivasi tentang kreativitas, dan ruangan kedap suara dengan musik  yang bersemangat.

  1. Terbuka pemikiran dan perasaan terhadap hal – hal dari luar

Dalam bekerja kita akan berinteraksi dengan banyak orang dengan banyak masalah juga ide yang berbeda – beda. Dan semua orang di kantor memiliki idealisme dan cara dalam menyelesaikan masalah termasuk atasan kita atau tim kita punya pemikiran yang berbeda dengan kita. Sebaiknya kita selalu terbuka dengan pandangan dan pemikiran orang lain dan tidak perlu untuk berdebat atau mempertahankan ide kita untuk diterima atau dimengerti rekan kerja atau atasan. Sebaiknya kita bisa menerima dan terbuka dengan pendapat orang dan hal – hal baru yang datangnya dari orang lain, sehingga kita tidak akan terpicu untuk emosi atau stress karena pemikiran dan ide kita berbeda. 

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Untuk menghilangkan Stress saat kerja salah satunya adalah mengkonsumsi makan – makanan yang bergizi seperti buah – buahan segar yang membuat kita tidak kelaparan dan ngantuk. Makanan  yang karbohidratnya tinggi akan menyebabkan kita mengantuk atau kelelahan, dan kalau kelelahan akan menyebabkan kita mudah tersinggung dan emosi tanpa sadar. Karena orang yang ngantuk dan kelelahan akan sulit menerima ide orang lain, muda tersinggung kalau ditegur, dan hal negatif lainnya. 

  1. Dengarkan Motivasi atau musik rohani

Stress bisa muncul karena pikiran kita penuh dengan informasi – informasi yang negatif yang membuat kita jadi mudah  tertekan dan emosi atau berprasangka negatif terhadap apa yang terjadi dengan diri kita, maka dengan mendengarkan motivasi positif dan mendengarkan lagu – lagu rohani dengan headset di tempat kerja akan membantu kita mudah berpikiran positif dan juga mudah untuk lebih bijak dalam bersikap. Bacaan motivasi atau bacaan rohani juga akan membantu kita memberikan ketenangan jiwa dalam menghadapi sesuatu. 

  1. Berdiskusi dan berkonsultasi dengan Orang yang tepat

Saat kita stress sering sekali pikiran kita menjadi kacau dan juga mudah tersinggung, kadang tanpa sadar kita jadi mudah curhat kepada orang yang tidak tepat, atau marah – marah di tempat yang salah. Hal tersebut karena kita merasa bahwa mereka juga mengalami hal yang sama, padahal tidak justru bisa jadi kita akan dianggap orang yang tidak dewasa ata tidak bijaksana bahkan tidak profesional. Sebaiknya apabila menghadapi masalah curhat kepada orang yang tepat misalnya keluarga yang mempunyai pengalaman yang sama yang lebih bijaksana atau atasan yang mendukung kita apabila itu berhubungan dengan pekerjaan yang tidak sesuai, sehingga bisa dibimbing dengan baik. Belajar untuk rendah hati dan menerima bahwa kita butuh bimbingan sehingga kita tidak stress sendiri menghadapi semuanya.

  1. Menjaga kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh adalah Sesuatu yang mudah namun dianggap sepele bagi sebagian orang, misalnya minum air putih hangat setiap pagi, hal ini sering diabaikan oleh banyak orang padahal hal ini penting untuk membuat tubuh kita segar, oksigen mengalir ke Otak. Atau sarapan dipagi hari dengan makanan yang bergizi seperti buah – buahan dan juga sayuran supaya tubuh fit. Melakukan olahraga ringan untuk untuk menjaga stamina. karena tubuh yang segar, pikiran yang terbuka akan membuat tubuh dan pikiran kita tenang sehingga tidak tidak mudah terpicu dengan hal – hal yang terjadi di luar kita.  Biasanya kurang tidur dan kelelahan akan memicu terjadinya stress. 

Demikian adalah tips menghilangkan stress di tempat kerja, sebaiknya jangan meremehkan kondisi stress karena akan berdampak banyak terhadap kehidupan kita baik pekerjaan, keluarga maupun sosial kita. Stress kerja juga akan mengakibatkan kesehatan memburuk, emosi juga tidak stabil dan bisa berpengaruh tidak sehat juga kepada orang – orang di sekitar kita. Supaya bekerja benar-benar menjadi ibadah bukan menjadi beban.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload