Membuka bisnis online saat pandemi

5 Tips Cuan Memulai Bisnis Online Saat Pandemi

Menambah sumber penghasilan dengan cara memulai bisnis online mungkin terlintas di pikiranmu selama berada di rumah saja dalam beberapa bulan terakhir ini.

Memang bijak menambah penghasilan di masa pandemi ini, karena kondisi perekonomian yang sedang tidak menentu.

Cuma perlu disadari kalau bukan kamu sendiri yang memiliki pemikiran tersebut. Selama masa pandemi ini, banyak orang yang memulai bisnis online dadakan demi mencari rupiah tambahan.

Ini berarti tantangan dalam berbisnis online semakin tinggi karena persaingan pasar yang makin ketat.

Bukan untuk menakut-nakuti, hanya kamu perlu tahu kondisi pasar sekarang sebelum memutuskan untuk memulai bisnis online.  

Meski demikian, tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis online yang kamu impikan, loh! 

Lantas kamu bertanya-tanya, gimana ya cara agar bisnis online bisa cuan dan bersaing selama masa pandemi ini?

Perhatikan jenis produk

Di masa pandemi yang penuh ketidakpastian seperti ini, hindari berjualan produk yang memiliki masa ketahanan singkat untuk menghindari kerugian. Misalnya makanan yang mudah basi.

Kalau kamu ingin memulai bisnis online di bidang berjualan makan, pilih produk seperti frozen food atau makanan instan yang memiliki masa ketahanan cukup panjang.

Jika memerlukan produksi, usahakan untuk tidak memproduksi dalam skala besar terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa menjual produk dengan cara PO agar tidak mengalami kerugian akibat barang tidak terjual.

Selain makanan, produk kesehatan dan olahraga cukup diminati selama masa pandemi ini karena orang-orang lebih cenderung menjaga kebugaran.

Cari tau harga di pasaran

Di masa seperti ini, orang-orang lebih terbuka dengan brand-brand baru yang bermunculan. Mereka ingin mencoba semua produk kopi literan untuk akhirnya membandingkan mana produk kopi literan yang terbaik sesuai kategori mereka. Salah satu kategori yang jadi penentu adalah harga, selain tentunya kualitas.

Maka dari itu, kamu perlu mencari tahu harga produk serupa di pasaran sebelum memulai bisnis online yang kamu inginkan.

Tentunya harga yang lebih rendah menjadi hal yang disukai masyarakat. Namun kamu perlu realistis juga setelah menghitung biaya produksi dan biaya pemasaran.

Pada akhinya, harga produk yang kamu jual tergantung pada segmen pasar yang kamu tuju. Yang terpenting adalah menawarkan kualitas yang konsisten.

Cara pemasaran

Memaksimalkan potensi sosial media sebagai sarana berjualan yang gratis (jika tidak beriklan) dan efektif menjangkau banyak orang.

Apalagi jika produk yang kamu jual termasuk produk yang sedang hits sekarang ini, seperti misalnya berbagai variasi kopi.

Channel sosial media yang akan kamu optimalisasi juga beragam, sesuai tipe konten yang akan kamu unggah dan segmen pasar yang kamu tuju.

Contohnya seperti, jika kamu menargetkan anak-anak muda membeli produkmu, kamu bisa mengunggah konten di TikTok. Atau jika ingin memulai berjualan ke teman-teman dekat terlebih dahulu, mulai berjualan lewat WhatsApp merupakan cara yang tepat.

Buat inovasi

Seperti yang sudah dibahas tadi, persaingan dalam bisnis online semakin ketat selama masa pandemi. Hal ini menuntut para orang-orang seperti kamu yang baru mau memulai bisnis online untuk membuat perbedaan dalam produk yang dijual.

Inovasi, jika berhasil, akan membuat produk jualanmu selalu diingat oleh masyarakat. Tidak perlu terlalu ekstrim, yang terpenting adalah berinovasi dan membuat produk yang kamu jual memiliki poin plus yang tidak dimiliki produk serupa di pasaran.

Ambil kopi susu sebagai contoh produk yang paling marak di jual saat ini. Inovasi kopi susu dengan campuran gula aren sempat (dan masih) menjadi trend lantaran memiliki ciri khas rasa tersendiri. Tapi sekarang kopi susu gula aren sudah tidak bisa dikatakan inovasi lagi karena sudah banyak penjual yang memasarkan varian produk tersebut.

Jika memungkinkan, lakukan percobaan untuk inovasi yang ingin kamu lakukan. Cari tahu dulu tanggapan dari orang terdekat mengenai inovasi produk yang kamu buat sebelum memasarkannya.

Modal untuk memulai bisnis online

Bicara soal memulai bisnis online pasti pada akhirnya akan mengerucut pada topik modal. Sebaiknya kamu mencari ide bisnis yang tidak memerlukan modal besar karena tujuan awal adalah mencari tambahan pemasukan selama masa pandemi.

Mengambil pinjaman online di Kredit Pintar bisa jadi opsi untuk mendapatkan modal. Pinjaman di Kredit Pintar tidak butuh banyak syarat, hanya peru KTP sehingga kamu bisa mendapat modal dengan mudah. Rentang limit pinjamannya juga beragam jadi kamu bisa memilih sesuai kebutuhan untuk memulai bisnis online yang kamu impikan.

Dengan mengikuti tips di atas, semoga kamu bisa memulai bisnis online dan segera memperoleh keuntungan sebagai tambahan pemasukan di masa yang tidak menentu ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© 2019 PT Kredit Pintar Indonesia. All rights reserved.