Dompet kosong, gajian numpang lewat

Gajian Numpang Lewat Aja? Ini Tipsnya

Masalah yang sering dihadapi para karyawan adalah gajian numpang lewat.

Memang terkadang susah ya untuk menyisihkan gaji hingga di akhir bulan. Selain karena memang banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, banyaknya keinginan juga sulit untuk dihindari.

Saat gajian tiba, memanjakan diri dengan belanja, kulineran atau perawatan tubuh bisa jadi hal pertama yang ingin dilakukan setiap pekerja. Namun seringnya yang terjadi adalah uang gajian numpang lewat saja dan hanya tersisa dana untuk menunjang kehidupan sebulan. Akhirnya tidak ada sisa dana untuk ditabung.

Padahal di masa pandemi seperti ini, sangat penting untuk menambah porsi tabungan untuk berjaga-jaga.

Tidak ada yang tahu kapan kebutuhan tambahan muncul. Nah, untuk memenuhi kebutuhan mendadak di saat gajian numpang lewat aja, Kredit Pintar punya triknya nih!

Sebelum itu, cari tahu dulu yuk sebab kenapa gaji numpang lewat saja!

Melunasi angsuran cicilan dahulu

Membayar cicilan memang jadi kewajiban setiap bulan. Kalau menunda membayar cicilan malah akan meruguikan diri sendiri. Yang perlu diingat saat mengambil cicilan di awal adalah, total cicilan sebulan tidak terlalu memberatkan atau tidak melebihi 35% dari total gaji.

Melunasi hutang

Ini juga sama-sama kewajiban. Tergantung sumber hutangnya dari mana. Kalau berhutang ke teman atau saudara sih masih bisa minta kelonggaran dalam pembayaran. Beda ceritanya kalau berhutang ke lembaga keuangan resmi atau ke aplikasi pinjaman online.

Membayar tagihan kartu kredit

Sama seperti membayar hutang, membayar tagihan kartu kredit juga wajib dilakukan setiap bulannya. Kalau menunda dan telat bayar tagihan kartu kredit, dampaknya akan lebih parah lagi. Selain bunga dan denda yang terus membengkak, credit score juga akan memburuk kalau sudah terlambat melakukan pembayaran tagihan.

Demi belanja kebutuhan tambahan yang mendesak, ada cara berhemat yang bisa dilakukan tanpa menghindar dari kewajiban diatas:

Hemat dengan Bawa Bekal Makanan

Daripada beli makanan di sekitar tempat kerja, mending bawa bekal makanan sendiri yang sudah pasti bisa lebih hemat. Belum lagi terkadang teman kerja sering makan di tempat yang lumayan mahal setelah gajian. Demi tercapainya kebutuhan tersebut, mending menahan diri dengan cara menghemat pengeluaran makan.

Hemat dengan ganti moda transportasi

Kalau biasanya naik ojek online kemana-mana, sekarang coba naik transportasi umum. Misalnya kalau Sobat Pintar di Jakarta, bisa naik bus TransJakarta atau KRL. Selain pasti lebih murah, berjalan sedikit ke terminal TransJakarta atau stasiun KRL terdekat juga menyehatkan.

Manfaatkan pinjaman fintech

Nah, kalau sudah sangat berhemat tapi uang yang terkumpul masih belum cukup, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman ke fintech. Mengajukan pinjaman di fintech berbeda dengan mengajukan pinjaman di bank. Pinjam uang di fintech lebih mudah dan cepat, karena hanya butuh foto KTP dan uang bisa langsung cari ke rekening dalam hitungan menit.

Tertarik mengajukan pinjaman uang untuk menunjang kebutuhan Sobat Pintar? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat, nyaman dan yang pasti aman!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
© 2019 PT Kredit Pintar Indonesia. All rights reserved.