Yuk Mengenal Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Yuk Mengenal Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

18 May 2021 by kreditpintar
manfaat bawang putih

Ternyata, manfaat bawang putih ada banyak sekali khususnya bagi kesehatan tubuh Sobat Pintar. Di mana hidup yang sehat tentu menjadi dambaan banyak orang, dan menjadi hal yang juga mahal untuk didapatkan. Namun, seringkali kita lupa bahwa ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menjaganya, yakni contoh mudahnya dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Bahan herbal yang akan dibahas kali ini pastinya sudah sangat umum dan bahkan hampir setiap harinya digunakan. Selain digunakan untuk keperluan memasak, bawang putih bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh. 

Mungkin banyak juga dari Sobat Pintar yang sudah mengetahui khasiat tersebut dan menggunakannya. Tapi, tentu tak jarang juga masyarakat yang masih belum tahu, apalagi bagi mereka yang tidak menyukai baunya.

Bawang putih sendiri adalah nama dari tanaman ber-genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkannya. Tanaman yang satu ini sendiri memiliki sejarah penggunaan oleh manusia yang cukup panjang, yakni lebih dari 7.000 tahun. Jadi, jelas saja ada banyak kegunaan yang sudah diketahui dan digunakan dalam sehari-hari. Berikut ini akan kita simak apa sajakah manfaat tersebut, khususnya bagi kesehatan, dan tidak lupa cara penggunaannya.

Manfaat bawang putih yang Perlu Sobat Pintar Ketahui 

Jika beberapa kali kita mendengar di berita bahwa harga bawang putih tidak stabil, bahkan pernah mencapai harga yang termasuk tinggi. Namun, manfaat yang dihasilkan juga tidak kalah tinggi dan banyak, sehingga tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan bawang putih setiap harinya sudah seperti keharusan. 

Mencegah pilek

Mungkin kegunaan yang satu ini sudah banyak diketahui masyarakat, terlebih bagi para orang tua. Dimana tanaman ini ternyata dapat mencegah pilek, karena dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari virus flu. Bahkan, studi juga menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi bawang putih, lebih sulit terserang flu atau pilek dan bahkan proses penyembuhannya pun jauh lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak atau jarang mengkonsumsinya.

Khasiat dan manfaat dari bawang putih ini sendiri bisa kita peroleh secara maksimal jika dikonsumsi secara mentah. Sebaiknya Sobat Pintar tidak memasaknya di suhu lebih dari 60 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat menghilangkan kandungan allicin yang bermanfaat. Namun, untuk penyakit flu berat atau berkelanjutan, tetap memerlukan penawaran lebih lanjut.

Untuk merasakan kegunaan ini, Sobat Pintar cukup haluskan 3-4 siung bawang putih hingga benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan madu sekitar 450 gram sambil dicampurkan secara merata sedikit demi sedikit. Konsumsilah setidaknya satu hari tiga kali untuk menyembuhkan pilek dan mencegah terjadinya flu.

Mengurangkan Nyeri Sakit Gigi

Bawang putih pun dipercaya bisa mengurangi nyeri ketika Sobat Pintar sedang sakit gigi. Cara yang digunakan ketika Sobat Pintar ingin menggunakan bawang putih demi mengurangi nyeri pada gigi yaitu dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan langsung meletakkannya di atas gigi yang sakit. Namun, akan lebih baik apabila Sobat Pintar langsung mengunyah bawang putih tepat menggunakan gigi yang sakit.

Manfaat bawang putih ini didapat karena bawang putih memiliki kandungan zat bernama allicin. Yaitu senyawa yang menimbulkan aroma bawang putih yang khas. Selain itu, zat allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, serta antivirus.

Itulah alasan mengapa bawang putih sangat dipercaya bisa meredakan nyeri gigi. Namun, zat allicin ini hanya berada di bawang putih yang masih segar dan bisa keluar setelah dipotong atau hancur.

Maka dari itu, apabila Sobat Pintar berniat menggantinya dengan bubuk bawang putih, Sobat Pintar tidak akan mendapatkan manfaatnya. Hanya bawang putih segarlah yang memiliki zat allicin. Akan tetapi, saat Sobat Pintar memilih bawang putih untuk meredakan nyeri gigi, Sobat Pintar pun harus siap dengan efek samping yang kemungkinan bisa terjadi. Di antaranya adalah bau mulut, bau badan, kembung, alergi, dan lain-lainnya.

Membantu Jaga Kesehatan Jantung

Kegunaan selanjutnya adalah bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini sudah dicetuskan oleh beberapa ahli bahwa bawang putih yang masih segar bisa membantu melindungi jantung. 

Sebab, bawang putih memiliki kandungan hidrogen sulfida yang jika dikonsumsi sedikit akan berfungsi sebagai pelindung intraseluler yang ada di dalam jantung. Akan tetapi, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena hidrogen sulfida dapat menjadi racun.

Mampu Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Bawang putih dalam kesehatan juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sebuah riset di Ankara University, menemukan bahwa para responden yang terus mengkonsumsi ekstrak dari bawang putih, kolesterol dan tekanan darahnya menurun secara signifikan setelah empat bulan. Fakta ini pun sudah pernah dipublikasi dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

Mampu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering kali menimbulkan rasa sakit. Kegunaan pun bisa membantu Sobat Pintar untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan karena memiliki kandungan allyl sulfide.

Kandungan zat itu pula yang mampu menjaga mikroorganisme di dalam usus yang sehat. Selain itu, manfaat kandungan ini adalah bisa membantu meningkatkan kesehatan kognitif orang tua.

Sebuah studi pernah melakukan percobaan pada dua ekor tikus yang sama-sama berusia dua tahun dan memiliki korelasi untuk manusia berusia 56 sampai 59 tahun. Lalu, percobaan ini membandingkan kedua  hewan tersebut dengan tikus lain yang masih berusia empat bulan dan dua tahun tanpa diberi suplemen dari bawang putih. 

Hasilnya pun dapat diketahui bahwa kegunaan bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sebab, tikus yang mendapatkan suplemen bawang ini memiliki memori yang baik dan bakteri-bakteri pada usus juga lebih sehat dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat suplemen bawang putih. Tidak hanya lebih baik, bahkan tikus yang tidak mendapat suplemen memiliki gangguan pada memori dan pencernaan usus pun buruk.

Mencegah Terjadinya Kanker

Banyak sekali setiap harinya manusia yang meninggal akibat kanker. Maka dari itu, tanggal 4 Februari dinyatakan sebagai Hari Kanker Sedunia. Hal ini bertujuan agar banyak orang yang sadar bahwa kanker adalah penyakit yang paling mematikan. Namun, untuk mencegah kanker, bisa dengan menggunakan rempah-rempah. Salah satunya yaitu dengan bawang putih.

Kegunaan memang banyak sekali ragamnya sampai bisa mencegah kanker, diantaranya kanker payudara, usus besar, kanker lambung, kanker kerongkongan, prostat, dan pankreas. Mengapa bisa membantu mencegah kanker? Karena bawang putih memiliki kandungan flavonoid, sulfur, dan juga selenium yang tinggi. Kandungan zat tersebut mempunyai sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. 

Dari sifat antibakteri ini, bawang putih mampu mencegah adanya kanker. Selain itu, dapat membantu untuk meningkatkan perbaikan pada genetik, mencegah dalam pembentukan zat-zat karsinogenik, juga memperlambat adanya proliferasi pada sel. 

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang bisa Sobat Pintar dapatkan. Maka dari itu, tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi rempah-rempah di Indonesia karena banyak sekali manfaat yang akan Sobat Pintar terima. Namun, jika masalah kesehatan yang serius, tetap harus sesuai dengan anjuran dokter.

kredit pintar