Wimboh Santoso Sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)

18 Jan 2018 by Edwin

Republika.co.id — Wimboh Santoso, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sekarang didaulat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2017-2020. Pengangkatan dan penetapan jabatan tersebut dilakukan melalui penyerahan resmi Surat Keputusan MES yang disampaikan Ketua Dewan Pembina MES KH Maruf Amin di Jakarta, Senin 15 Januari kemarin.

MES adalah wadah organisasi yang bertujuan untuk menjadi acuan teladan bagi usaha percepatan pengembangan dan penerapan sistem ekonomi dan etika bisnis Islami di Indonesia. MES sifatnya mandiri, tidak berada dalam naungan pemerintah maupun organisasi politik.

Sebagai organisasi yang berkembang, MES diharapkan mampu menjadi wadah dan wahana berkomunikasi, bertukar informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi, dan advokasi. Tentunya dibutuhkan juga peran penting yang saling berhubungan antara pemangku kepentingan ekonomi syariah seperti regulator, ulama, pengusaha, akademisi, praktisi, tokoh masyarakat, dan lain-lain.

Kalau dihitung, Aset perbankan syariah hingga bulan November 2017 kemarin tumbuh 11,09% dengan nilai pembiayaan tumbuh sebesar 10,66%. Aset IKNB syariah tumbuh sebesar 11,19%. Sukuk Korporasi dan Reksa Dana Syariah masing-masing meningkat sebesar 34,18% dan 65,33%.

Meski demikian, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2016 yang dilakukan OJK, indeks literasi keuangan  syariah baru 8,11%. Artinya, setiap 100 orang, baru 8 diantaranya yang memahami sektor jasa keuangan syariah.

Sedangkan tingkat inklusi atau masyarakat yang menggunakan keuangan syariah untuk pendanaan baru 11,06 persen. Artinya dari 100 masyarakat Indonesia hanya 11 orang yang menggunakan transaksi keuangan di sektor keuangan syariah.

Kerja sama antara MES dengan otoritas terkait seperti OJK dan Bank Indonesia terus diupayakan untuk mendorong literasi keuangan syariah nasional agar meningkat.

mobile-closeKredit PintarDownload