Walaupun Pahit, Inilah 7 Manfaat Pare Bagi Tubuh

21 Jul 2021 by Laruan

Kalau berbicara tentang sayur yang pahit, pasti pare menjadi salah satu nama yang disebut. Ya, sayur yang satu ini memang rasanya sangat pahit. Rasa pahit pada pare memang sulit dihilangkan, walaupun sudah diolah dengan cara direbus atau ditumis menjadi olahan sayur. Biasanya, Sobat Pintar akan menemui pare pada hidangan siomay. Tapi, jangan salah, walaupun rasanya sangat pahit, ada 7 Manfaat pare bagi tubuh.

Sebelum mengetahui keunggulan makan pare, Sobat Pintar perlu tahu apa yang menyebabkan pare memiliki rasa pahit. Selain itu, akan dibahas juga kandungan dalam pare. Rasa pahit berasal dari kandungan zat quinine yang jumlahnya tinggi. Zat tersebut bisa menyebabkan buah atau sayur menjadi pahit.  

Walaupun Pahit, Inilah 7 Manfaat Pare Bagi Tubuh

Apa saja senyawa yang terkandung dalam pare?

  1. Vitamin A dan C
  2. Folat
  3. Senyawa antioksidan
  4. Kalori, karbohidrat, kalium
  5. Seng dan zat besi

Kandungan yang ada pada pare membuat sayuran satu ini kaya manfaat. Ada banyak sekali keunggulan makan pare bagi tubuh Sobat Pintar. Dari mulai manfaat untuk menyegarkan tubuh, hingga mencegah berbagai macam penyakit. Karena manfaatnya, banyak orang rela mengonsumsi rasa pahit pare demi tubuh yang sehat. Berikut 7 manfaat pare yang perlu Sobat Pintar ketahui.

7 Manfaat Pare bagi Tubuh

  1. Mengatasi diabetes

Pare sudah digunakan sebagai bahan obat tradisional dengan tujuan untuk mengatasi diabetes. Pare diyakini bisa menurunkan gula darah. Dengan pare, gula darah juga bisa dikontrol dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Menurunkan berat badan

Keunggulan makan pare yang satu ini, menarik untuk diketahui. Selain memiliki kalori yang rendah, pare juga mengandung serat yang dapat membantu Sobat Pintar kenyang lebih lama. Menurut penelitian, peningkatan pembakaran lemak dapat disebabkan karena konsumsi pare.

  1. Mengurangi kolesterol

Keunggulan makan pare dapat mengurangi kolesterol masih perlu banyak diteliti. Namun, menurut beberapa riset awal, pare ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Menurunya kadar kolesterol dalam tubuh, bisa mengurangi risiko Sobat Pintar mengalami penyumbatan di pembuluh darah dan terkena penyakit jantung. 

  1. Kesehatan mata

Kandungan flavonoid, seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin, bisa membantu meningkatkan kesehatan mata. Pare juga dipercaya dapat mencegah katarak. Fungsi penglihatan akan menjadi lebih baik.

  1.  Masalah kulit

Masalah kulit yang disebabkan jamur atau bakteri dapat diobati jika Sobat Pintar mengonsumsi pare. Manfaat pare lainnya adalah sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai masalah kulit, baik yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Senyawa anti-inflamasi dalam buah pare dapat mengobati kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis.

  1. Menyembuhkan luka

Kandungan lain dari pare adalah vitamin K. Vitamin K bermanfaat untuk mengatur pembekuan darah normal dengan membantu pembentukan protrombin. Kekurangan protrombin dapat membuat tubuh Sobat Pintar mudah memar meski hanya mengalami cedera ringan.

  1. Mencegah penyakit pernapasan

Pare mampu mencegah penyakit pernapasan umum, seperti batuk, flu, atau pilek. Negara lain, seperti Tiongkok sudah menggunakan pare sebagai obat tradisional. Pare berkhasiat untuk menyembuhkan batuk kering, bronkitis, dan asma selama ratusan tahun.

Bagaimana, apakah Sobat Pintar tertarik mengkonsumsi pare? Perlu diingat juga jika Sobat Pintar tidak boleh mengkonsumsi pare secara berlebihan. Sobat Pintar diperbolehkan meminum jus pare dengan takaran sekitar 50 sampai 100 ml setiap harinya. Efek samping juga bisa ditimbulkan jika konsumsi berlebihan, seperti diare, kram, dan komplikasi lain.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload