Wajib Tahu! Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik

23 Jul 2021 by Laruan

“Waktunya memikirkan sukses!” Demikian yang tertulis pada kalimat di gambar di atas. Sukses tidak hanya sekedar menjadi pemimpin. Kamu juga perlu tahu cara menjadi pemimpin yang baik agar hidupmu makin dekat dengan kesuksesan yang kamu inginkan.

“Baik” saja tidak cukup untuk menuntun kamu menjadi pemimpin yang dihormati dan dicintai para pengikutmu. Karena itu, artikel ini akan menyajikan 3 cara menjadi pemimpin yang baik yang dapat kamu terapkan agar hidupmu tidak semakin nelangsa.

Wajib Tahu! Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik

Jadi, ini dia 3 cara menjadi pemimpin yang baik:

1. Milikilah Empati, Bukan Hanya Simpati

Tahap pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi pemimpin yang baik dan cakap dalam segala hal adalah memiliki empati, bukan hanya simpati. Karena keduanya berkaitan dengan menunjukkan perasaan positif, orang sering salah mengira keduanya adalah hal yang sama.

Kenyataannya, simpati adalah rasa belas kasihan pada kejadian yang orang alami. Kamu tidak perlu menaruh dirimu dalam alas kaki orang yang kepadanya kamu bersimpati. Mungkin, kamu hanya perlu mengucapkan kata-kata yang membangun, seperti, “Turut senang kamu menjadi juara,” dan sebagainya.

Mempunyai simpati adalah hal yang baik. Kalau kamu seorang pemimpin dan kamu dapat bersimpati dengan tepat sasaran, kamu akan mudah mendapatkan cinta dan respek dari para pengikutmu karena mereka melihat sebagai pemimpin, kamu mencintai dan menghargai dirimu sendiri. 

Tapi, itu semua belum cukup kalau tidak ditunjang dengan kemampuan memperlakukan “Seandainya kamu berada dalam posisi mereka”. Inilah yang disebut dengan empati. 

Banyak orang berpikir, penerapan Golden Rule (“Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan”) adalah contoh sempurna empati. Namun sesungguhnya, yang benar adalah kamu harus memperlakukan orang lain (termasuk para pengikutmu) sebagaimana mereka ingin diperlakukan.

Jika ada hal dalam keinginan mereka diperlakukan yang kamu anggap tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka, lebih baik apabila kamu menaruh dirimu pada alas kaki mereka. Nah, ini dia baru empati yang kamu butuhkan sebagai seorang pemimpin!

Jadi, sangat berbeda, bukan, empati dengan simpati? Namun, keduanya saling melengkapi dalam menolongmu untuk menerapkan tips jadi leader yang baik.

2. Kuasai 4 Fungsi Manajemen Dengan Baik

Dalam menerapkan cara menjadi pemimpin yang baik, wajib hukumnya buat kamu untuk menguasai 4 fungsi manajemen dengan baik pula. Keempat fungsi ini adalah perencanaan (planning), pengaturan (organizing), pengendalian (controlling), dan kepemimpinan (leading).

Fungsi kepemimpinan berkaitan dengan memotivasi, berkomunikasi, membuat keputusan, dan mengatur jalannya tugas setiap anggota kelompok dengan baik. Peran memotivasi dan berkomunikasi adalah dua peran pada fungsi kepemimpinan yang paling berkaitan erat dengan poin pertama, yaitu empati dan simpati.

Di sisi yang lain, pembuatan keputusan dan pengaturan jalannya tugas setiap anggota juga harus berjalan dengan baik. Tidak hanya memperhatikan keunikan setiap individu – kamu, sebagai pemimpin, dan juga para pengikutmu – kamu juga harus bijak dalam menilai situasi di sekitarmu.

Fungsi pengendalian sekilas mungkin terdengar berlawanan dengan empati dan simpati. Namun, kalau kamu menerapkannya dengan baik, fungsi ini justru akan memperlengkapi dan memperkuat kemampuanmu dalam berempati dan bersimpati. Peranan yang ada dalam fungsi ini meliputi memastikan kinerja setiap orang tetap berada pada atau di atas standar.

Ada banyak macam pengukuran kinerja yang dapat kamu gunakan. Empati dan simpati akan menolong kamu dalam menentukan pengukuran kinerja yang tepat untuk situasi, kondisi, dan keunikan masing-masing pengikutmu dan dirimu sendiri pula.

Kedua fungsi lainnya, yaitu fungsi perencanaan dan fungsi pengaturan, juga penting agar para pengikutmu dapat memiliki arahan yang jelas. Jika kamu menjalankan fungsi perencanaan dengan baik, kamu juga dapat menjalankan peran yang terdapat pada fungsi perencanaan, yaitu mengatur strategi yang berkaitan dengan visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai.

Hal yang sama juga berlaku untuk fungsi pengaturan. Jika kamu menjalankan fungsi pengaturan dengan baik, kamu juga dapat menjalankan peran yang terdapat di dalamnya. Peran tersebut antara lain adalah mengembangkan struktur organisasi dan menunjuk orang yang tepat untuk peran yang sesuai.

3. Cari Sumber Pendanaan Yang Tepat

Hampir tidak ada hal di dunia ini yang tidak berkaitan dengan uang. Kalau kamu menjadi pemimpin dalam kelompok atau organisasi, cepat atau lambat, kamu juga akan berurusan dengan uang. Jadi, ketika kamu hendak menerapkan tips jadi leader yang baik, kamu juga harus pintar-pintar mengurus uangmu.

Mencari sumber pendanaan yang tepat adalah salah satu langkah krusial untuk menjadi cerdas dalam mengatur keuangan sebagai seorang pemimpin. Banyak orang berpikir tindakan mencari sumber pendanaan hanya berlaku pada awal-awal inisiasi organisasi.

Meski ini benar, kenyataannya, ada saja bagian di mana kamu harus mencari sumber pendanaan tambahan. Bahkan ketika kelompok, organisasi, perusahaan, toko, atau apa pun itu yang kamu pimpin, sedang berjalan atau sudah berjalan lama, kamu tidak lepas dari kemungkinan untuk mencari sumber pendanaan yang tepat.

Kebanyakan sumber pendanaan diperoleh dari kegiatan operasional utama. Misalnya, jika kamu adalah pemimpin (pemilik) sebuah toko, kegiatan jual-beli barang yang menjadi “jagoan” tokomu adalah sumber pendanaan utama tokomu.

Namun, tidak menutup kemungkinan sumber pendanaan berasal dari pihak ketiga. Dapat berasal dari teman-teman atau siapa pun yang mendukungmu, hadiah yang kamu peroleh secara tiba-tiba, atau pinjaman yang dapat bersumber dari mana saja.

Nah, khusus pinjaman, kamu dapat meminjam dari bank, KSP, atau perusahaan penyedia pinjaman. Ini adalah cara yang umum ditempuh banyak wirausahawan, mengingat sudah bertahun-tahun orang menggunakannya dan merasakan manfaatnya. 

Namun, kalau kamu pakai cara ini, kamu beresiko antri lama, pinjaman susah cair, dan masih banyak resiko lain yang harus kamu tanggung.

Untungnya, masih ada satu cara kekinian untuk memperoleh pinjaman, yaitu lewat pinjaman online. Tidak seperti pinjaman lewat bank, KSP, atau perusahaan penyedia pinjaman secara offline, pengajuan pinjaman online dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun kamu berada. Jadi, kamu bisa ucapkan selamat tinggal pada antrian panjang yang membuatmu gerah!

Pinjaman Online 24 Jam,  Kredit Pintar

Pinjaman online seperti Kredit Pintar juga cepat cair. Kalau kamu memilih untuk mengajukan pinjaman pada Kredit Pintar, kamu cukup menunggu 5 menit untuk melihat pinjaman cair pada rekening bank.

Ini tidak seperti jika kamu meminjam lewat bank, KSP, atau perusahaan penyedia pinjaman apapun secara offline. Kalau kamu meminjam secara offline, mungkin kamu butuh setumpuk dokumen yang pastinya menambah beban berat fisik dan hidupmu. 

Nah, kalau kamu meminjam lewat Kredit Pintar, yang kami butuhkan hanya KTP dan rekening bank. Sudah tidak berat fisik, hidupmu sebagai pemimpin pun tidak menjadi semakin berat kalau kamu meminjam lewat Kredit Pintar.

Bunga Kredit Pintar juga termasuk murah dibandingkan pinjaman online maupun jenis-jenis pinjaman serupa lainnya. Jadi, pelajari tips jadi leader yang baik dengan mengajukan pinjaman ke Kredit Pintar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload