Update ke Android 11 dan Nikmati 7 Fitur Barunya!

07 Jul 2021 by Laruan

Pada tanggal 7 Juni 2021 lalu, Android 11 mengeluarkan update terbaru 11.0.0_r38 (RQ3A.210605.005). Kendati begitu, sudah hampir 1 (satu) tahun semenjak system operasi ke-18 milik Android ini dirilis dan tidak banyak yang Anda ketahui tentang fitur baru yang disajikan oleh Android 11, atau Android R ini. 

Update ke Android 11 dan Nikmati 7 Fitur Barunya!

Fitur Baru dari Android 11

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang fitur baru apa saja yang terdapat pada Android 11, yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

  1. Screen Recorder

Fitur yang sudah didahului oleh pengguna iOS ini sebenarnya sudah lebih dahulu hadir di perangkat Android yang menyematkan Android 10. Namun pada update nya kali ini di Android 11, fitur screen recorder lebih User Friendly dan dengan tampilan yang ciamik.  

Dengan hadirnya fitur screen recorder ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan untuk dapat melakukan screen recorder. Sangat menyenangkan bukan?

  1. Ask Permission

Izin membuka, menyematkan, mengaktifkan dan lain sebagainya. Pada Android R ini, sistem operasi akan bekerja lebih “sopan” dengan bertujuan untuk membuat penggunanya lebih aman. 

Ketika contohnya Anda membuka aplikasi Kredit Pintar, dan ternyata dalam aplikasi tersebut membutuhkan akses untuk membuka kamera Anda, OS akan langsung memunculkan tampilan untuk memberikan konfirmasi apakah Anda mengizinkan hal tersebut dilakukan oleh aplikasi atau tidak.

Terkesan menyebalkan dan merepotkan? Pikir Kembali, pasalnya dengan hadirnya fitur ini keamanan Anda menjadi lebih terjaga! 

  1. Notification History

Salah satu fitur yang mungkin cukup menarik dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Anda yakni melihat riwayat notifikasi. 

Fitur ini sebenarnya cukup berguna bagi Anda yang sering mengabaikan notifikasi dan pada akhirnya notifikasi tersebut hilang karena secara tidak sengaja Anda bermaksud menghapus seluruh notifikasi yang masuk ke ponsel Anda. 

Nah, pada Android R ini, notifikasi-notifikasi tadi masuk ke dalam daftar Riwayat yang dapat Anda buka Kembali untuk melihat kumpulan notifikasi yang masuk. Hmm… Menarik bukan?

  1. Group Notification

Masih berhubungan pula dengan fitur yang sebelumnya yakni tentang notifikasi. Pada Android R Anda akan mendapati notifikasi yang ditampilkan kepada Anda lebih rapi dan tertata. Hal tersebut dikarenakan pada Android R ini ada yang Namanya fitur group notification

Fitur ini berfungsi membuat seluruh notifikasi yang masuk di filter dalam satu grup yang sama. Sebagai contoh, Anda mendapatkan notifikasi dari Kredit Pintar. Setelah itu Anda mendapatkan notifikasi lain dari pesan di WhatsApp. 

Nah kedua notifikasi yang berbeda dari dua aplikasi yang berbeda tersebut akan dapat Anda lihat lebih mudah dan rapi melalui bantuan yang terdapat pada Android R ini. 

  1. Priority Notification

Selain riwayat notifikasi, lalu group notification. Pada Android R ini ada juga yang dikenal dengan priority notification atau lebih mudahnya adalah notifikasi prioritas. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menentukan mana notifikasi penting (prioritas) yang memang patut untuk diperlihatkan kepada penggunanya dan mana notifikasi yang tidak terlalu penting, sehingga dapat diabaikan. 

  1. Mengubah Ukuran Multitasking Picture-in-Picture

Sudah tidak asing lagi, kehadiran OS Android terbaru yang mungkin belum dapat diikuti oleh perangkat iOS adalah kemampuannya untuk multitasking atau membuka dua aplikasi yang berbeda dalam satu layar yang sama. Istilah ini pun dikenal juga dengan picture-in-picture.

Fitur ini kan sudah ada di update OS sebelum-sebelumnya, kenapa disebutkan Kembali?

Well… dalam update Android R ini memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran multitasking picture-in-picture yang tadi. Sehingga Anda dapat leluasa melakukan dua pekerjaan yang berbeda, seperti chatting sambal nonton YouTube misalnya?

  1. Full Page Screenshot / Screenshot Panjang

Walaupun rasanya fitur ini sudah ada sebelum Android R ini hadir karena bantuan dari Custom OS dari beberapa perangkat layaknya Oppo maupun Xiaomi, sekarang Google benar-benar memandang serius fitur ini dan menghadirkannya pada Android R ini. 

Dengan kehadiran ini, Anda tidak perlu repot-repot melakukan screenshot berkali-kali untuk suatu halaman website yang panjang ke bawah, atau contohnya dokumen yang panjang ke bawah. Cukup satu file saja.

Yup, itu dia tadi fitur baru pada Android R yang dapat membuat Anda tertarik untuk segera hijrah ke OS terbaru dari Android ini. 

Tentunya setiap update memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, namun satu hal yang pasti. Setiap update menghadirkan pembaharuan yang memungkinkan perangkat Anda menjadi lebih aman dan biasanya lebih ringan.Apabila Anda belum beralih ke Android R karena perangkat ponsel Anda tidak mendukung, jangan lupa ada Kredit Pintar yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload