Tips Mencapai Work Life Balance

14 Nov 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Memiliki work life balance atau keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kerja merupakan hal yang sangat penting. Ditengah perubahan pola kerja yang banyak berubah dikarenakan kondisi pandemi, yaitu penerapan work from home membuat perubahan terhadap pola bekerja.

Namun seimbang dalam work life balance memiliki definisi yang berbeda-beda bagi masing-masing orang.

Beberapa definisi “seimbang” dalam work life balance yaitu: dapat memenuhi deadline pekerjaan dengan tetap memiliki waktu untuk istirahat, menyalurkan hobi dan liburan; Memiliki waktu yang cukup untuk menikmati hidup, tidur cukup dan makan dengan benar di tengah pekerjaan yang padat; dan Tidak memiliki kekhawatiran terhadap pekerjaan selama berada di rumah, atau tidak membawa pekerjaan ke rumah.

Berikut ini adalah ciri-ciri Work Life Balance yang tidak sehat :

  1. Berhenti sebenar dan bertanya kepada diri sendiri: apa yang saat ini menyebabkan saya merasa stres atau tidak bahagia? Bagaimana hal tersebut mempengaruhi pekerjaan dan kehidupan pribadi saya? Apa yang saya prioritaskan dalam hidup? Apa saja keberhasilan yang telah berhasil saya capai? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu dalam menemukan apakah cara hidup dan bekerja yang telah dilalui tepat dan sehat. 
  2. Perhatikan perasaan yang sedang dialami saat ini, apakah sudah puas dengan keadaan sekarang, atau sebaliknya marah dan kesal dengan keadaan tersebut. Menyadari perasaan dapat membantu dalam menentukan dan memutuskan untuk melakukan perubahan.
  3. Menyusun ulang prioritas hidup, pikirkan kembali apa saja yang perlu mendapatkan perubahan. Mungkin dapat melakukan beberapa pertimbangan, seperti jam kerja yang telah dihabiskan dan pertimbangkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk kehidupan pribadi, apakah hal tersebut telah sesuai atau tidak.
  4. Pertimbangkan alternatif untuk menyesuaikan apakah hal-hal dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai dan memenuhi prioritas baru tersebut.
  5. Langkah terakhir adalah aksi dalam membuat perubahan yang telah direncanakan. 

Ingin tahu Tips untuk mencapai Life Work Balance? Yuk cek pada tautan berikut ini : https://www.kreditpintar.com/education/work-life-balance

14 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload