5 Tips Menabung Untuk Anak Muda Tanpa Mengurangi Kesenangan Hidup

03 Nov 2018 by Edwin

Mana mungkin bisa menikmati masa muda sambil masih lancar menabung untuk hari tua?

Bisa banget! Masa muda nggak bakal terulang dua kali lho! Itulah mengapa selagi masih muda, Sobat Pintar harus menikmatinya semaksimal mungkin. Namun di saat yang sama juga harus mempersiapkan tabungan agar hidup enak di hari tua nanti.

Kredit Pintar akan bagi tips menabung untuk anak muda tanpa mengorbankan kesenangan hidup di masa muda:

Lihat Kondisimu Hidupmu

Sebelum menuju ke tips menabung, mending Sobat Pintar lihat kondisi hidup sekarang. Tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut:

    • Apakah dengan nominal gaji sekarang masih sering berhutang?
    • Apakah senang dengan gaya hidup yang sekarang?
    • Adakah hal yang ingin dilakukan namun terhalang kondisi finansial?
    • Berapa persen dari gajimu yang bisa ditabung?

Coba jawab satu per satu pertanyaan di atas dengan jujur dalam hati. Kalau semua jawaban Sobat Pintar menyimpulkan  sedang berada dalam kondisi finansial yang tidak baik, maka harus ada beberapa hal yang perlu diubah. Revisi keuangan ini akan berfokus untuk memangkas keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang akan memberi kesenangan dan kepuasan hidup.

Batasi budget bersenang-senang

Tak bisa disangkal kalau bersenang-senang adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun tanpa adanya aturan untuk batasi budget bersenang-senang juga akan berbahaya bagi kondisi finansialmu. Maka dari itu, tips menabung yang satu ini akan memudahkan tanpa mengurangi kesenangan masa mudamu!

Misalnya kalau punya hobi nonton film di bioskop dan biasa nonton seminggu sekali, kali ini coba batasi untuk tonton film yang benar-benar disuka saja. Atau kalau hobi nongkrong di kafe dengan teman-teman, coba kegiatan baru yang tidak mengeluarkan biaya. Misalnya menggeluti hobi baru bersama kawan. Intinya, batasi pengeluaran untuk bersenang-senang dengan kisaran 5% – 10% saja dari total penghasilan bulanan.

Kerja sampingan

Kalau punya waktu luang, kerja sampingan bisa jadi pilihan tambahan penghasilan untuk menambah tabunganmu. Mungkin gaji yang sekarang hanya bisa menutup hidupmu selama sebulan (sudah termasuk untuk entertainment) yang bikin Sobat Pintar nggak bisa nabung. Maka, penghasilan kerja sampingan bisa digunakan untuk menabung. Sobat Pintar bisa berwirausaha sendiri atau kerja freelance. Yang penting kerja sampingannya nggak ganggu kerjaan utama, ya!

Mulai Investasi

Tips menabung yang satu ini cocok buat Sobat Pintar yang nggak mau waktu luangnya dipakai untuk kerja sampingan. Investasi bisa jadi pilihan tepat untuk menambah uang tabungan karena memberi bunga keuntungan sesuai produk investasi yang Sobat Pintar pilih. Banyak produk investasi sekarang yang mudah dimulai karena prosesnya yang simpel dan bisa dimulai dengan modal kecil.

Jangan terobsesi menabung

Tips menabung yang terakhir adalah: jangan terlalu terobsesi menabung! Menabung memang kebiasaan yang baik, dan Sobat Pintar memang harus berusaha untuk mencapai target menabung tersebut. Meski demikian, jangan sampai terobsesi untuk menabung! Hidup memang tentang tanggung jawab, namun bersenang-senang jangan sampai dilupakan!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload