Tips Berbelanja Online Biar Gak Zonk!

19 Mar 2021 by dan.shen
tips belanja online

Kondisi pandemi seperti sekarang, membuat kita dianjurkan untuk selalu di rumah. Pandemi memengaruhi aktivitas sehari-hari kita, yang sebelumnya berangkat sekolah sekarang menjadi belajar daring, sebelumnya bekerja di kantor sekarang menjadi work from home. Bukan hanya itu saja, pandemi juga mengubah kebiasaan belanja, dimana biasanya belanja di mall sekarang beralih ke belanja online. Banyak brand-brand besar yang sebelumnya hanya memiliki toko fisik, sekarang sudah menyediakan website untuk konsumen dapat berbelanja online dari rumah. Namun tentunya kamu tetap harus berhati-hati dalam berbelanja online, jika tidak kamu bisa saja tertipu. Nah, berikut ini tips berbelanja online supaya kamu gak rugi!

Review konsumen

Tips berbelanja online satu ini dengan cara melihat review atau testinomi konsumen lain, menjadi sangat penting bagi kamu. Dengan melihat testimoni konsumen kamu bisa menilai bagaimana produk dan toko yang akan kamu beli produknya. Biasanya pada testimoni konsumen, kamu akan melihat bagaimana kualitas produk, bagaimana respson toko apakah ramah atau cuek, dan kecepatan pengemasan produk. Nah dari testimoni yang diberikan konsumen itulah kamu dapat memilih produk mana yang sesuai atau kualitasnya baik.

Jumlah followers

Menjadi salah satu tips berbelanja online yang penting buat kamu lihat, yaitu jumlah followers atau pengikut semakin banyak followers toko yang akan kamu beli semakin besar pula kemungkinan barang ditawarkan memiliki kualitas baik. Dapat dikatakan jika toko sudah punya banyak followers, maka banyak pula konsumen yag pernah melakukan pembelian pada toko tersebut. Dengan membeli produk dari toko yang memiliki banyak followers, kamu sepenuhnya dapat percaya pada produk karena toko tersebut dapat dipercaya kredibilitasnya.

Belanja online di marketplace 

Kamu disarankan untuk belanja online di marketplace, karena kamu dapat melihat testimoni secara transparan. Berbeda dengan toko online di media sosial misalnya, yang hanya menunjukkan testimoni positif saja. Selain itu, marketplace juga memiliki banyak pilihan metode pembayaran, diskon, dan potongan gratis ongkir untuk kamu! Tingkat penipuan di marketplace juga dapat dikatakan rendah, karena adanya proses verifikasi dan aturan yang berlaku dari pihak marketplace.

Deskripsi produk

Jangan anggap sepele tips berbelanja online yang satu ini, adalah deskripsi produk dimana kamu harus membaca dengan teliti deskripsi produk yang dicantumkan oleh toko. Pada deskripsi produk biasanya dicantumkan harga, warna, varian, nama barang, dan spesifikasi produk, nah dari situ kamu sesuaikan dengan keperluan kamu. pastikan kamu teliti ya! Agar tidak terjadi kesalahpahaman atau kesalahan dalam pengiriman produk. Jika deskripsi produk yang dicantumkan, kamu rasa kurang informatif maka kamu dapat menghubungi toko melalui kontak yang tertera.

Syarat dan ketentuan

Tips berbelanja ini penting kamu lihat dan pahami, biasanya pada syarat dan ketentuan kamu akan diberitahu informasi seputar jadwal pengiriman, syarat untuk kamu bisa meretur produk toko, program diskon, biaya kirim produk akan dibebankan kepada penjual atau pembeli. Poin penting ini seringkali dilewatkan oleh konsumen, padahal ini penting jika ternyata produk yang kamu terima salah atau cacat.

Mau belanja online tapi dompet sedang tipis? Jangan khawatir sekarang kamu bisa melakukan pinjaman tanpa kartu kredit. Di kredit pintar kamu dapat melakukan pinjaman online yang cepat cair. Kredit pintar sebagai pinjaman online OJK atau pinjaman online yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga keamanannya pun sudah dijamin. Jika kamu ingin buka bisnis online namun tidak punya modal, maka kredit pintar menjadi pilihan yang tepat karena memiliki bungan pinjaman yang rendah. Sehingga kamu tidak akan terbebani oleh bunga yang tinggi.

kredit pintar