Ternyata Ini Manfaat Kurma Yang Orang Sering Dilupakan

30 Apr 2021 by kreditpintar
manfaat kurma

Memasuki bulan Ramadhan, buah kurma banyak dijual di mana-mana dengan harga yang beragam. Selain karena rasa dari buah ini yang manis dan dapat dengan sekejap menghilangkan lapar, manfaat kurma juga ternyata sangat kaya lho.

Manfaat kurma memang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh, buah yang juga sering disebut dengan buah para Nabi ini kaya akan nutrisi.

Secara umum, hampir 70% buah kurma terdiri dari nutrisi karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Nah, sumber nutrisi lainnya tersebut antara lain seperti:

  • 7 gram serat
  • 2 gram protein
  • 20% kebutuhan kalium harian
  • 14% kebutuhan magnesium harian
  • 18% kebutuhan tembaga
  • 15% kebutuhan mangan
  • 5% kebutuhan zat besi harian
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian

Sebagai buah yang kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin. 

Selain itu, manfaat kurma pun dapat ditentukan dari tingkat kematangannya. Sebagai contoh, buah kurma segar akan memiliki lebih sedikit kandungan kalori dan gula bila dibandingkan dengan kurma kering. 

Sebagai perbandingan, pada setiap 100gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76gram karbohidrat. Dengan takaran sama (100gram), buah kurma segar mengandung hanya sekitar 142 kalori dan 37gram karbohidrat.

Nah, diantara kekayaan kandungan yang dimiliki oleh buah kurma tersebut. Berikut adalah kebaikan kurma untuk Kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa per 100 gram buah kurma yang dikeringkan terdapat setidaknya 284 kalori dan 78 karbohidrat. Hal ini memang menjadikan bahwa buah kurma merupakan buah dengan tinggi kalori, namun disisi lain ternyata buah ini juga kaya akan tinggi serat dan protein jenis tak larut.

Kandungan dua jenis gizi tak larut yang lebih tinggi ini membuat perut Sobat Pintar merasa kenyang lebih daripada biasanya. Itulah kenapa kurma dapat digolongkan sebagai salah satu buah yang dapat membantu Sobat Pintar menurunkan berat badan.

Tentunya, program penurunan berat badan ini pun diikuti oleh olahraga sehat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi lainnya. Jadi, mengandalkan manfaat kurma saja tidak cukup ya!

2. Membantu Mencukupi Kebutuhan Cairan

Ini adalah yang menyebabkan mengapa kurma menjadi salah satu buah favorit saat Ramadhan. Favorit nya itu pun tidak didasarkan karena title yang dimiliki oleh buah ini yakni Buah Para Nabi (atau Buah Nabi), namun juga ternyata kebaikan kurma adalah membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Kurma memiliki kandungan tinggi gula sehingga dapat bantu menaikkan gula darah yang sempat merosot turun setelah 7-8 jam tidak makan. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak air untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang seharian.

Kebaikan kurma ini tentunya akan Sobat Pintar dapatkan dengan mengkonsumsi buah kurma muda yang masih segar. Buah kurma yang sudah tua pada umumnya tidak mengandung begitu banyak kandungan air.

3. Melancarkan Persalinan

Pada trimester ketiga, banyak ibu hamil yang disarankan oleh Dokter untuk mengkonsumsi buah kurma. Mengapa?

Hal itu karena kurma dipercaya dapat mempercepat kontraksi dan memperlancar persalinan secara alami, tanpa induksi. Namun apakah hal tersebut benar adanya secara ilmu?

Memang terdapat beberapa penelitian pada ibu hamil yang memperlihatkan bahwa ibu hamil yang secara rutin mengkonsumsi buah kurma pada trimester 3 dan mereka yang tidak, ternyata dilaporkan lebih cepat hampir 7 jam daripada yang tidak. Mereka yang tidak makan diketahui mengalami kontraksi lebih lama dan lebih terasa sakit.

Bila dilihat dari kandungannya buah nabi ini memang mengandung zat-zat aktif tertentu yang bisa memicu produksi hormon oksitosin lebih banyak. Sebagai catatan, hormon oksitosin itu dapat meningkatkan sensitivitas rahim dan memulai kontraksi.

Makan Kurma = Menjaga Kesehatan 

Dari ketiga manfaat di atas, mungkin sudah dapat disimpulkan bahwa memakan buah kurma sama dengan menjaga Kesehatan. Tentunya masih banyak lagi kebaikan kurma yang belum disebutkan, salah satunya adalah buah ini merupakan solusi untuk menghalau radikal bebas.

Kurma memiliki kadar tinggi antioksidan yang fungsinya untuk mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja sebagai sel pelindung dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.

Jadi bagaimana menurutmu? Memakan buah kurma sama saja berinvestasi pada tubuh sendiri bukan?

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload