Tenang! Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Ampuh

07 May 2021 by kreditpintar
cara menghilangkan bekas jerawat

Untuk menemukan cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif, memang bukan perkara mudah. Minimnya pengetahuan tentang hal ini membuat informasi tersebut jadi sedikit langka. 

Padahal bekas jerawat di wajah sangat mempengaruhi rasa percaya diri Sobat Pintar. Dan membatasi diri dari berekspresi dalam penampilan.

Namun, jangan khawatir, tulisan ini akan membantu. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat di wajahmu. 

Bekas jerawat sendiri beragam. Ada yang berupa kerutan, lubang, atau cekungan pada permukaan kulit. Umumnya muncul akibat kebiasaan buruk, yaitu memencet jerawat.

Menempuh Jalan Medis

Metode dan cara menghilangkan bekas jerawat pun harus disesuaikan dengan jenis kulit serta tingkat kerusakannya. Terkadang,untuk bekas jerawat yang membandel diperlukan lebih dari satu metode agar perawatan efektif.

Rumitnya masalah kulit itu akan lebih baik jika dipecahkan oleh ahlinya. Untuk masalah kesehatan kulit seperti bekas jerawat ini, siapa lagi ahlinya kalau bukan dokter kulit?

Cobalah berkonsultasi dengan mereka, banyak metode medis yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Metodenya sangat beragam, berikut beberapa metode medis untuk  menghilangkan  bekas jerawat

1. Laser

Metode laser bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang ringan hingga sedang. Perawatan ini dibagi menjadi dua jenis , yaitu Laser ablative dan Laser non ablative

Laser ablative berfungsi untuk menghaluskan permukaan kulit. Sedangkan, laser non ablative, untuk merangsang produksi kolagen yang merupakan protein untuk memperbaiki kerusakan kulit.

Perawatan dengan metode laser dilakukan dengan menembakkan sinar laser ke area bekas jerawat. Metode ini juga dapat mengobati bekas luka dengan aman dan efektif.

2. Suntikan filler (filler injection)

Cara menghilangkan bekas jerawat satu ini, bekerja dengan mengisi cekungan bekas jerawat menggunakan kolagen, lemak, atau zat pengisi lainnya. 

Ada dua pilihan untuk suntikan filler, yaitu yang sifatnya sementara dan suntikan filler yang bersifat permanen. Untuk yang sementara umurnya akan bertahan 6–18 bulan. 

Namun, harus dilakukan suntikan secara berulang agar hasilnya lebih efektif.

3. Dermabrasi

Prosedur dermabrasi adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan mengelupas lapisan kulit paling atas dan mengangkat sel-sel kulit mati. Dibutuhkan alat khusus semacam laser untuk menghilangkan bekas jerawat yang parah.

Umumnya, prosedur ini menggunakan bius lokal. Beberapa hari setelah perawatan, wajah akan terlihat memerah dan bengkak. Namun, bekas jerawat akan tersamarkan.

4. Teknik Punch

Teknik punch paling tepat diaplikasikan pada bekas jerawat yang berbentuk lubang atau cekungan.

Untuk bekas jerawat yang ringan, teknik punch dilakukan dengan membuat sayatan kecil, mengangkat bekas jerawat, kemudian menutupnya. Setelah luka tersebut sembuh, kulit baru akan tumbuh dengan lebih halus dan rata.

Sementara, jika bekas jerawat cukup parah dan dalam, dokter tetap mengangkat bekas jerawat seperti sebelumnya. Namun, luka akan ditutup dengan menggunakan sampel kulit dari bagian tubuh lain, seperti bagian belakang telinga.

5. Subcision

Teknik subcision direkomendasikan untuk bekas jerawat yang bentuknya kerutan. Tips mengurangi bekas jerawat satu ini dilakukan dengan mengangkat lapisan kulit teratas dari jaringan bawah, sekitar bekas jerawat berada. 

Pengangkatan yang dilakukan akan menimbulkan luka dan mengeluarkan darah. Darah tersebut akan berkumpul di area bekas luka.

Gumpalan darah akan membentuk jaringan ikat. Jaringan inilah yang membantu untuk mendorong bekas luka agar sejajar dengan permukaan kulit lainnya. 

Metode ini biasanya diikuti dengan metode lain, seperti perawatan laser atau dermabrasi.

Namun perlu diingat, semua metode perawatan di atas merupakan operasi kecantikan yang harus dilakukan oleh dokter kulit.

Pakai Cara Alami

Metode medis diatas memang cukup mahal.  Sebelum Sobat Pintar mengambil pinjaman di Kredit Pintar, pinjaman instan terpercaya dan segala macam dana cepat lainnya untuk mendatangi dokter kulit, mungkin Sobat Pintar harus memikirkannya lagi.

Pasalnya, ada alternatif yang bisa jadi pilihan. Ternyata banyak cara alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan bekas jerawat, terutama yang bentuknya hanya bintik hitam.

Bintik hitam bekas jerawat tersebut biasanya merata pada permukaan kulit. Tidak ada kerusakan jangka panjang pada sel-sel kulit, pori-pori atau folikel. 

Meskipun memakan waktu yang cukup lama dan dituntut untuk dilakukan secara konsisten. cara-cara alami dapat membuat bekas jerawat memudar secara perlahan sampai akhirnya benar-benar hilang. 

Berikut alternatif cara menghilangkan bekas jerawat secara alami:

Jus Lemon

Jus lemon yang kaya vitamin C dipercaya dapat mencerahkan kulit. Bahkan bisa memudarkan bekas jerawat yang menghitam. 

Sayangnya, untuk jenis kulit sensitif dan kering tidak dianjurkan secara berlebihan mengkonsumsi jus lemon untuk kebutuhan ini, karena jenis kulit tersebut rentan untuk mengalami iritasi.

Lidah Buaya

Banyak orang beranggapan lidah buaya bisa membersihkan kulit wajah dari bintik-bintik hitam bekas jerawat. Ternyata memang benar, lidah buaya adalah solusi untuk berbagai masalah kulit. 

Termasuk untuk memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Selain itu, kandungan yang ada pada lidah buaya juga dipercaya dapat mencerahkan area kulit yang gelap.

Baca Juga 10 Manfaat Lidah Buaya Bagi Perawatan Kesehatan Dan Kecantikan

Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur merupakan bahan alami yang juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. 

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak biji anggur yang dikonsumsi  rutin selama 6 bulan bermanfaat untuk orang dengan kondisi kulit melasma, yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Tabir Surya

Menurut penelitian, perlindungan dari paparan sinar matahari diperlukan untuk proses pengobatan bintik-bintik hitam. 

Jadi, rutin setiap hari menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, akan membantu mencegah lebih banyak kerusakan pada kulit.

Mari Mencegah daripada Mengobati

Menghilangkan bekas jerawat butuh cara khusus, kesabaran dan bukan langkah yang mudah. Nah, mungkin Sobat Pintar harus mempertimbangkan untuk memilih mencegah bekas itu muncul daripada harus mengobati.

Jika untuk pencegahan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Gunakan produk pembersih khusus untuk kulit berjerawat.
  • Lebih lembut ketika membasuh dan membersihkan wajah.
  • Pilih produk perawatan wajah yang oil-free dan bebas alkohol.
  • Rutin oleskan tabir surya setiap hari.
  • Jangan menyentuh apalagi memencet jerawat, karena dapat menimbulkan peradangan dan bekas luka.
  • Jangan asal pilih cara pengobatan jerawat.
  • terapkan gaya hidup sehat dan atur pola makan.
  • Hindari produk perawatan kulit berbentuk scrub saat kulit sedang berjerawat.

***

Itulah tips mengurangi bekas jerawat  yang bisa Sobat Pintar coba. Memang semua pilihan yang mengandung resiko nya masing-masing, tinggal pilih cara terbaik yang menurutmu sesuai. 

Pertimbangkan kondisi kulit, jenis bekas jerawat dan tentu saja isi dompet Sobat Pintar dalam memilih cara yang akan ditempuh. 

Jangan terburu-buru mengambil Kredit Pintar, pinjaman instan dan dana cepat lainnya demi menghilangkan bekas jerawat dengan metode yang mahal.

Konsultasi dengan dokter spesialis kulit tentang keinginanmu menghilangkan bekas jerawat. Pastinya, dokter jauh lebih tahu perawatan yang paling tepat untukmu.

Jangan lupa, tanyakan ke dokter mengenai hasil dan risiko yang dapat terjadi setelah perawatan.

kredit pintar
07 May 2021
mobile-closeKredit PintarDownload