Siklus Kehidupan Karyawan Biasa dalam Satu Bulan

01 Sep 2018 by Edwin

Masih ingat nggak semangat Sobat Pintar ketika menjadi karyawan baru? Ketika kerja masih penuh dengan semangat. Masih merasa jadi angin segar bagi perusahaan karena kinerja dan pribadimu yang supel. Namun, lambat laun Kamu merasa kalau itu jadi rutinitas belaka dan akhirnya Kamu jadi si karyawan biasa penikmat gaji.

Kalau sudah begini, semuanya jadi berpola. Bangun pagi pukul 07:00, berangkat kerja dengan ojek online, berdiam diri saat makan siang karena teman kerjamu hanya bergosip tak tau arah. Termasuk cash flow bulananmu juga akhirnya mengalir dengan pola yang terduga. Siklus empat musim bisa jadi penggambaran yang cocok bagi keuangan karyawan dalam sebulan.

Empat musim di hidup karyawan biasa dapat dirangkum dalam sebulan, yuk kita bandingkan!

Musim Semi?

Kamu pulang bahagia dengan jumlah digit di rekening yang baru saja bertambah. Rasanya patut menghadiahi diri sendiri setelah sebulan bekerja tak kenal lelah dengan beli pakaian baru atau memanjakan diri dengan perawatan tubuh. Promo dan diskon pun bermekaran di sudut-sudut pusat perbelanjaan dan siap memberimu kebahagiaan.

Musim Panas?

Akhirnya Kamu memutuskan untuk membeli barang-barang diskon tersebut. Kamu juga menikmati akhir pekanmu di pusat estetik. Semuanya masih terasa menyenangkan.

Musim Gugur?

Saldo di rekening sudah mulai menipis, Kamu pun menyadari hal itu. Sensasi kebebasan mulai sirna seiring dengan budget yang makin menipis. Pilihan makanan pun makin kurang variatif karena masih harus bertahan hidup hingga gajian berikutnya.

Musim Dingin⛄

Beberapa hari mendekati hari gajian merupakan hari-hari yang paling berat dalam sebulan. Kamu sudah tidak peduli lagi untuk memposting kopi-kopi yang biasa dinikmati di coffee shop favorit. Kegiatan pun sudah sangat dibatasi. Satu-satunya aktivitas yang paling lazim dilakukan adalah hibernasi di kost.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload