Siapkan Diri Menyambut Ramadhan 2021

15 Feb 2021 by Andro
ramadhan 2021

Tidak terasa, bulan suci Ramadhan akan datang sebentar lagi. Sesuai dengan kalender islam  atau yang dikenal dengan kalender hijriyah, Ramadhan 2021 akan jatuh tepat di tanggal 13 April 2021. Sedangkan Lebaran 2021 diprediksi jatuh tanggal 13 Mei.  Ramadhan dan Lebaran 2021 adalah momentum yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia.

Lazimnya, menjelang Ramadhan sebagian orang berbondong-bondong ke pasar atau ke supermarket untuk berbelanja segala kebutuhan selama bulan puasa. Misalnya  membeli makanan kaleng, sirup untuk persiapan membuat menu buka puasa dan bahan lainnya.

Ramadhan 2021 yang tinggal hitungan bulan merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dijalani umat islam. Nah berikut beberapa tips yang perlu dilakukan Sobat Pintar untuk menyambut Ramadhan 2021. Apa saja itu?

Tips Persiapan Sambut Ramadhan 2021 Agar Ibadah Lebih Berkah

1. Mengganti puasa tahun sebelumnya

Sobat pintar masih punya hutang puasa tahun lalu karena sakit, atau halangan lainnya? Nah, mumpung masih ada waktu, nih,  sebaiknya hutang puasa di tahun lalu diganti terlebih dahulu.

Membayar hutang puasa juga bisa dipakai sebagai latihan  menahan diri dari godaan kopi kekinian atau boba yang menggiurkan. Sekali dayung dua pulau terlampaui, hutang puasa terbayar sekaligus badan menjadi terbiasa dan kuat menahan godaan. 

2. Perkuat iman

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, artinya Sobat Pintar diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan sebelum ramadhan.

Mulailah dengan membiasakan sholat lima waktu tanpa bolong-bolong, mengurangi kebiasaan bergosip, perbanyak membaca Al-Qur’an dan hal-hal baik lainnya.

3. Mulai menyisihkan uang jajan

Tidak menampik, bulan ramadhan adalah waktu yang pas berkumpul dan jalin silaturahmi dengan keluarga atau teman melalui acara buka bersama. Nah, sebelum bulan ramadhan tiba, sebaiknya mulai sekarang Sobat Pintar mulai menyisihkan uang jajan.

4. Ingat tabungan infaq

Selain menyisihkan uang jajan untuk persiapan acara buka bersama teman dan keluarga, Kamu juga perlu menabung untuk infaq. Mudah saja caranya, siapkan botol bekas, kemudian mulai sekarang sisihkan uang mulai Rp. 5000 rupiah setiap hari. Nanti setelah ramadhan tiba, uangnya siap diinfaqkan. Puasa menjadi lebih berkah, pahala pun melimpah.

5. Memperbanyak ibadah sunnah

Ibadah sunnah di bulan Ramadhan pahalanya seperti melaksanakan ibadah wajib. Oleh sebab itu, agar terbiasa menjalankan ibadah sunnah, Sobat Pintar bisa mencobanya mulai dari sekarang. Dimulai dengan menjalankan shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat wajib, bersedekah atau puasa senin-kamis. 

6. Olahraga biar badan tetap bugar ketika berpuasa

Coba olahraga bersepeda yang lagi ngehits belakangan ini. Jaga kondisi mulai dari sekarang, kurangi memakan makanan yang tidak sehat, perbanyak minum vitamin dan air putih. Menyambut ramadhan 2021 dengan tubuh bugar agar saat puasa tidak lemas. Sehingga ketika tubuh sehat dan  stamina full, tidak ada lagi alasan untuk batal puasa.

7. Persiapkan kebutuhan ramadhan sehari-hari

Ketika badan berpuasa, menahan lapar dan haus otomatis asupan nutrisi menjadi berkurang. Agar tidak jatuh sakit, sebaiknya perlu memaksimalkan asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka.  Persiapkan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa.

8. Membersihkan lingkungan rumah

Kebersihan sebagian dari iman, memang benar adanya. Lingkungan yang bersih akan nyaman digunakan untuk beribadah, ya kan?

9. Siapkan mental dan jiwa yang bersih

Sambutlah ramadhan 2021 dengan jiwa yang bersih, mulai lah bertaubat dari semua kesalahan yang pernah dibuat sebelumnya. Selain jiwa, mental juga perlu dipersiapkan dengan matang, agar ikhlas melakukan ibadah nantinya. Sehingga menjalankan puasa dan ibadah lainnya menjadi lebih menyenangkan tanpa beban.

10. Cek kesehatan ke dokter

Sebagian orang yang mengidap penyakit tertentu, sebaiknya mulai rajin kontrol dan konsultasi ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh. Penting sekali dilakukan sebelum puasa datang, untuk mengetahui apakah cukup sehat untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Setelah sebulan berpuasa, lebaran tentunya hal yang juga paling dinanti. Tak ubahnya bulan Ramadhan, momen lebaran 2021 juga harus dipersiapkan dengan matang. Seperti:

  • Menghias rumah
  • Menyiapkan baju lebaran
  • Belanja bahan makanan untuk hidangan lebaran
  • Menyiapkan amplop khas lebaran yang menjadi tradisi di setiap lebaran.

Untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran 2021 nanti, percayakan saja pada pinjaman online Kredit Pintar

kredit pintar

Mengapa Harus Kredit Pintar?

Kredit Pintar merupakan sebuah wadah pinjaman online berbasis aplikasi android yang siap membantu kebutuhan finansialmu. Ketika harga barang melonjak menjelang Lebaran 2021, Kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan dengan mengajukan pinjaman di Kredit Pintar.

Berikut beberapa alasan mengapa Kamu harus mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar, antara lain:

Proses pencairan mudah dan cepat

Tanpa jaminan apapun, cukup KTP saja. Sobat Pintar sudah bisa mengajukan pinjaman online di aplikasi Kredit Pintar. Dapatkan dana setelah melakukan registrasi, 5 menit saja langsung cair.

Limit pinjaman besar

Kamu berkesempatan untuk mendapatkan limit pinjaman hingga Rp. 20.000.000, di mana lagi kalau bukan hanya di Kredit Pintar?

Bunga Ringan

Suku bunga di aplikasi Kredit Pintar tidak lebih dari 11% dalam setahun. Jumlah ini cukup ringan dibanding aplikasi pinjaman online lainnya.

Terpercaya dan aman

Kredit pintar merupakan aplikasi terpercaya dan aman, karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perlu diketahui, per 30 September 2019 lalu, aplikasi Kredit Pintar sudah mengantongi izin secara resmi dengan nomor KEP-83/D.05/2019. Dengan begitu, segala aturan yang berlaku sudah sesuai dengan kebijakan OJK.

Selain itu, aplikasi ini juga aman karena proses verifikasi data dilakukan ganda.

Proses pembayaran cukup praktis

Metode pembayaran tagihan cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi, sebelum tanggal jatuh tempo, petugas akan mengingatkan melalui pesan singkat, email atau telepon. Kamu bisa membayar melalui transfer ATM, mobile banking, internet banking atau dari retail Alfa Group seperti alfamart dan lainnya.

Syarat dan Cara Pengajuan Kredit

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pinjaman diterima, antara lain:

  1. Warga negara Indonesia yang berumur 18 tahun hingga 55 tahun
  2. Berdomisili di Indonesia
  3. Memiliki KTP elektronik asli
  4. Memiliki akun rekening Bank dengan nama sesuai KTP peminjam

Sementara cara pengajuan pinjaman cukup mudah, berikut panduannya :

  1. Siapkan HP android dengan kualitas cukup memadai, karena proses 100% dilakukan online. Pastikan paket data dan koneksi internet lancar.
  2. Silakan unduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store secara gratis
  3. Masukkan nomor ponsel yang aktif, tunggu sistem mengirimkan Kode OTP melalui pesan singkat
  4. Verifikasi nomor ponsel
  5. Jika berhasil, ajukan pinjaman sekarang juga dengan memilih besaran angka pinjaman. Perhatikan dengan seksama, mulai dari tenor, jumlah tagihan dan nominal dana yang dicairkan ke rekening setelah dipotong biaya layanan.
  6. Berikutnya, isi beberapa informasi diri pribadi, jangan lupa sertakan nomor darurat.
  7. Isilah nomor rekening dengan nama pemilik sesuai dengan KTP
  8. Klik “submit” dan tunggu maksimal 1×24 jam, dana akan segera dicairkan ke rekening.

Itulah beberapa informasi terkait persiapan menyambut Ramadhan dan Lebaran 2021. Rayakan momen keberkahan idul fitri bersama keluarga. Untuk informasi menarik lainnya tentang pinjaman online, silakan kunjungi situs resmi Kredit Pintar

mobile-closeKredit PintarDownload