Revolusi Industri 4.0 di Depan Mata, Jokowi Minta Industri Keuangan Siap

20 Jan 2018 by Edwin

Perkembangan dunia industri terus melaju cepat, seiring perkembangan teknologi informasi yang juga meningkat dengan berbagai inovasi yang muncul tiap harinya. Sekarang, memasuki era industri 4.0 atau era industri yang semuanya serba digital membuat berbagai sektor jasa keuangan mau nggak mau harus menyesuaikan diri supaya nggak ketinggalan arus teknologi. Salah satu caranya? Ya beradaptasi.

Sebagai presiden Indonesia, Presiden Joko Widodo saat ini mengakui era industri 4.0 mengharuskan berbagai pihak untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang mempermudah dan menguntungkan proses bisnis. Jangan dianggap sebagai tantangan atau hambatan, justru manfaatkan sebagai peluang untuk mencapai potensi bisnis internasional.

Meskipun masih di awal era industri 4.0, Presiden Joko Widdo mengharuskan kita untuk berhati-hati dengan basis digitalisasi, apalagi analisa big data.

Selain Industri keuangan, presiden Jokowi juga mengharapkan sektor pertanian mampu beradaptasi dan siap menghadapi inovasi teknologi yang semakin bermacam-macam.

Revolusi industri 4.0 merupakan sesuatu yang nggak bisa dihindari. Hal ini diakui oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Tapi hal tersebut jangan dilihat dari segi negatifnya, melainkan dijadikan semangat untuk menjadi peluang baru sehingga Indonesia bisa siap dan sanggup menempuh digitalisasi penuh, dan ikut berinovasi dalam revolusi industri 4.0.