Peringati Hari Batik Nasional dan Sejarah Dibaliknya!

02 Oct 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar!

Batik merupakan salah satu kebanggan negara kita, Indonesia. Setiap tahun ditanggal 2 Oktober, kita memperingati Hari Batik Nasional sebagai suatu peringatan untuk memaknai batik sebagai salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Perayaan Hari Batik Nasional dimulai ketika UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Batik memperoleh pengakuan dunia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan Non-Bendawi oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Menurut UNESCO ICH dalam Iwearbatik, batik memiliki makna keragaman budaya, identitas masyarakat, serta kelompok individu yang harus di hormati seutuhnya. Nilai-nilai yang melekat pada batik di antaranya:

1. Teknik produksi;
2. Ekspresi budaya dan makna sosial budaya;
3. Aturan pemakaian khusus;
4. Kuatnya karakter pemberdayaan sosial dalam tradisi membatik.

source : Nasional tempo.co

Hari Batik Nasional dimulai pertama kali pada saat Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2009 meminta seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan batik setiap tanggal 2 Oktober sebagai peringatan perayaan Hari Batik Nasional.

Batik sebagai salah satu kekayaan negri kita, wajib untuk kita lindungi dan lestarikan. Bahkan, batik sering dijadikan sebagai salah satu analisa atas kepentingan politik berdasarkan corak yang dikenakan.

Selamat Hari Batik Nasional, Sobat Pintar!

mobile-closeKredit PintarDownload