Penyebab TikTok Cash Diblokir di Indonesia

26 Feb 2021 by Andro
tiktok cash

Inilah penyebab Tiktok Cash diblokir. TikTok Cash memiliki ilusi bahwa uang yang didapat pengguna berasal dari tugas yang telah mereka selesaikan. Bahkan, uang yang diterima pengguna lama diduga berasal dari setiap anggota baru.

Website TikTok Cash telah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan dikutip Antara.

Penutupan aplikasi tersebut juga membuat heboh netizen. Beberapa akun Twitter mengatakan TikTok Cash telah mengganggu komunitas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendalilkan bahwa TikTok Cash diblokir karena melanggar undang-undang transaksi elektronik. Kominfo telah memblokir tiktokecash.com. Media sosial Tiktok Cash juga diblokir.”

Merangkum berbagai sumber, TikTok Cash berjanji akan memberikan reward bagi penggunanya setelah menonton konten di platform TikTok. Meski namanya mirip, TikTok menolak bergabung dengan TikTok Cash.

Model bisnis TikTok Cash adalah membuka pendaftaran berbayar. Kemudian, setiap anggota akan diberi tugas menonton konten TikTok dan merekrut anggota baru di bawah godaan panitia.

Ada beberapa program keanggotaan yang berlaku, yaitu “pekerja tidak tetap” Rp89.000 berlaku selama delapan hari dan “Manajer Umum” Rp49.999.000 berlaku selama 365 hari.

Kemudian, TikTok Cash menciptakan ilusi bahwa uang yang didapat pengguna berasal dari tugas yang telah mereka selesaikan. Bahkan, uang yang diterima pengguna lama diduga berasal dari setiap anggota baru.

Karena itu, ini hanya akan menguntungkan pengguna lama. Model bisnis TikTok Cash agak mirip dengan skema Ponzi yang terkenal atau model investasi palsu.

Indonesia saat ini hanya memiliki satu undang-undang yang mengatur skema piramida, mirip dengan skema Ponzi. Kedua program itu mengumpulkan dana publik dengan terus merekrut anggota baru.

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Proyek Piramida mengacu pada istilah kegiatan komersial yang bukan merupakan hasil penjualan komoditas.

Kegiatan bisnis ini memanfaatkan peluang partisipasi mitra bisnis untuk memperoleh imbalan atau pendapatan, terutama dari biaya partisipasi orang lain yang bergabung dengan mitra bisnis nanti.

Pasal 9 UU No 7/2014 menyatakan: Peserta dalam usaha distribusi dilarang menerapkan sistem skema piramida saat mendistribusikan barang.

Perbedaan paling mendasar antara Skema Piramida dan Skema Ponzi adalah bahwa tidak ada produk yang digunakan sebagai penyamaran dalam skema Ponzi untuk menarik minat peserta. Karenanya, partisipan hanya perlu berinvestasi.

Dalam skema Ponzi, peserta dituntut untuk terus meningkatkan nilai investasinya dengan godaan untuk menambah keuntungan. Jika tidak ada lagi anggota baru yang akan direkrut dan tidak ada lagi anggota yang berminat meningkatkan investasi, maka model bisnis ini akan bermasalah.

Dalam hal ini, keuntungan yang diperoleh anggota akan mandek. Pada dasarnya, prinsip aplikasinya adalah menggali lubang dan menutup lubang tersebut.

Namun, belum ada undang-undang yang secara khusus mengatur sanksi hukum bagi pelaku skema ponzi. Namun, dalam beberapa kasus sebelum TikTok Cash, pelaku skema Ponzi dihukum oleh undang-undang departemen.

OJK mewajibkan masyarakat melaporkan investasi ilegal yang mencurigakan kepada Sekretariat Pokja Waspada Investasi OJK melalui email waspadain Investasi@ojk.go.id atau Pusat Layanan Konsumen OJK (157).

Fakta Seputar TikTok Cash

1. Menawarkan uang

Dilansir dari Antara, usai menonton video di aplikasi TikTok, ternyata memberikan pemasukan bagi pengguna. TikTok Cash juga diklaim sebagai platform yang secara ekonomis dapat menghubungkan pengguna di aplikasi TikTok dengan selebriti internet.

Sebelum menerima uang, pengguna harus terlebih dahulu mendaftar di halaman tersebut, termasuk nomor ponsel dan alamat email mereka. Ada beberapa paket keanggotaan yang berlaku, yaitu Rp 89.000 “pekerja sementara” berlaku selama delapan hari dan “Manajer Umum” Rp 49.999.000 berlaku selama 365 hari.

2. Tidak Terkait dengan Aplikasi TikTok

Melalui laman Instagram-nya, aplikasi TikTok sendiri sudah jelas menyatakan bahwa TikTok Cash tidak ada kaitannya dengan platform mereka. Artikel tersebut mengatakan bahwa aplikasi TikTok tidak pernah menarik uang dari pengguna.

Mereka juga mengharuskan pengguna untuk menggunakan halaman ini dengan hati-hati. TikTok menulis: “Baru-baru ini, kami mengetahui bahwa ada situs web yang menggunakan nama TikTok dan mengharuskan pengguna untuk membayar.

Situs, mitra, dan aktivitas ini tidak ada hubungannya dengan TikTok.” Dia melanjutkan: “Saya harap teman-teman saya selalu berhati-hati. . Dan observasi. Kita bisa tahu mana yang asli dan mana yang palsu? Tetap waspada!”

3. Masih bisa Dibuka

Anda masih bisa menggunakan tampilan berbahasa Mandarin untuk membuka halaman TikTok Cash. Ada banyak menu yang tersedia di layar mulai yaitu entrant, wallet, sharing dan service person in charge. Selain itu, terdapat menu paket untuk keanggotaan paket, tetapi tidak dapat di klik.

4. Aplikasi serupa

Tahun lalu, aplikasi serupa muncul di China, yakni Zynn. Zynn adalah versi TikTok yang sepenuhnya kloning, dipandu dengan menonton video vertikal pendek, dikutip dari The Verge, Aplikasi tersebut, seperti TikTok Cash, meminta pengguna untuk mendaftar, menonton video, dan meyakinkan orang lain untuk mengikutinya.

Namun, jika ingin menghasilkan uang, Anda mengharuskan pengguna mengirimkan beberapa informasi pribadi, seperti akun Google, Facebook, Twitter, dan juga nomor ponsel.

Sekilas kita lihat ada berbagai jenis dan teknik untuk mendapatkan uang di dunia digital. Itu sah saja, tapi kalau Anda melakukan investasi di awal, maka ini bisa dikatakan skema ponzi. Kenapa tidak menjalankan bisnis yang pasti, misalnya kerajinan, buka konter pulsa atau yang keren sekarang PPOB.

Kendala modal? Tenang. Kami siap bantu.

Pinjaman Uang Online Terdaftar di OJK, Kredit Pintar

kredit pintar

Kredit Pintar adalah salah satu platform pinjaman P2P resmi yang beroperasi di Indonesia. Kredit Pintar terdaftar dan dilisensikan oleh OJK, sehingga dapat digunakan dengan aman.

Di Kredit Pintar, Anda bisa mengajukan pinjaman online KTA satu kali dan pembayaran cicilan dengan batas maksimum pinjaman Rp8 juta dan jangka waktu maksimal 1 tahun. Proses pengajuan pinjaman Kredit Pintar sangat cepat dan memakan waktu sekitar 5 menit.

Selain itu, suku bunga yang dikenakan kepada peminjam juga sangat rendah yaitu 0,19% -0,5% per hari. Sejak didirikan pada tahun 2017, aplikasi Kredit Pintar telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store dan telah mendapat banyak pujian dari pengguna.

Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa “Kredit Pintar” merupakan aplikasi pinjaman uang online terbaik di Indonesia dengan layanan yang memuaskan.

mobile-closeKredit PintarDownload