Penyebab dan Cara Menghilangkan Bibir Hitam

24 Jun 2021 by Laruan
Penyebab dan Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Penampilan diri memang sangat perlu untuk diperhatikan dan dijaga. Tidak hanya dalam segi pemilihan outfit atau pakaian saja, tetapi juga setiap bagian tubuh perlu untuk mendapat perhatian agar penampilan diri sendiri menjadi lebih maksimal. Terkadang, ada beberapa kekurangan diri yang membuat tingkat kepercayaan diri menurun, misalnya adalah bibir hitam.

Pemicu Bibir Hitam

Pada umumnya, manusia terlahir dengan warna alami bibir yaitu berwarna pink kemerahan. Seiring dengan pola hidup seseorang yang kurang sehat, bibir bisa mengalami perubahan warna yaitu menjadi kehitaman. Supaya Anda bisa mengetahui tips meredakan warna hitam pada bibir, perlu diketahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang menimbulkan warna hitam tersebut muncul. Yuk simak uraiannya berikut ini!

1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab pertama yang memungkinkan warna bibir berubah menjadi kehitaman adalah akibat terlalu sering terkena paparan sinar UV matahari. Ternyata, sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari tidak hanya berbahaya bagi kulit tubuh saja, tetapi juga bagi bibir Anda. Bibir ternyata juga akan memproduksi pigmen melanin ketika menyerap sinar ultraviolet.

Kondisi tersebut merupakan mekanisme alami bibir maupun kulit sebagai bagian dari tubuh yang memang secara natural akan memberikan respon ketika terpapar sinar matahari. Pigmen melanin yang berwarna kehitaman tersebut diproduksi guna melindungi bagian tubuh seperti bibir dari risiko kerusakan akibat terpapar ultraviolet.

2. Terlalu Banyak Asupan Kafein

Faktor selanjutnya yang memicu bibir berubah warna menjadi kehitaman adalah pola asupan yang terlalu banyak kafein. Banyak sekali orang yang ketergantungan terhadap kafein, misalnya mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak pada setiap harinya. Meskipun kafein dapat membantu tubuh untuk lebih rileks dan melepaskan rasa kantuk, ternyata jika dikonsumsi dalam batas yang berlebihan dan frekuensi yang terlalu sering, tentu juga akan memiliki dampak yang negatif.

Kadar kafein yang terlalu banyak di dalam tubuh akan membuat tubuh mengalami tingkat dehidrasi yang lebih tinggi sebab tubuh akan cenderung memberi sinyal untuk buang air kecil. Hal tersebut menyebabkan kadar air di dalam tubuh menjadi menurun. Tubuh yang dehidrasi akan berpengaruh pada penampilan kulit yang menjadi kusam dan kering serta tampilan bibir yang akan mulai menghitam, pecah-pecah, dan kering.

3. Mempunyai Kebiasaan Merokok Secara Rutin

Alasan lain bibir gelap yang terjadi pada diri Anda adalah kebiasaan merokok yang dilakukan secara rutin dan terus menerus. Rokok diketahui memiliki berbagai kandungan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, misalnya adalah kandungan benzopyrene serta kadar nikotin yang jika hadir di dalam tubuh akan memicu tubuh untuk memproduksi melanin lebih banyak.

Apabila tubuh memproduksi melanin, otomatis bibir akan berubah warna menjadi lebih gelap dalam lama kelamaan akan menghitam. Tak hanya bibir saja yang berubah warna, kebiasaan merokok juga akan memicu masalah kesehatan lain pada rongga mulut Anda. Begitu pula dengan risiko kesehatan untuk paru-paru juga terus menghantui apabila Anda tidak mulai mengurangi kebiasaan merokok.

4. Terjadinya Hiperpigmentasi

Penyebab perubahan warna pada bibir juga bisa dipicu oleh adanya peristiwa hiperpigmentasi yang ada pada kulit. Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana tubuh terlalu banyak memproduksi pigmen melanin. Melanin merupakan zat dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi kulit dengan ditandai warna yang menggelap.

Seseorang yang memiliki kadar pigmen melanin yang rendah biasanya akan memiliki warna kulit yang lebih terang dan warna bibir yang lebih pink. Sebaliknya, seseorang yang terlalu banyak memproduksi sel pigmen melanin atau bisa disebut dengan hiperpigmentasi, tentu saja akan mengeluhkan warna kulit yang lebih gelap dan warna bibir yang lebih hitam. 

Kondisi hiperpigmentasi bisa dipicu oleh beberapa faktor. Yang pertama adalah kebiasaan terkena paparan ultraviolet yang berasal dari sinar matahari secara terus menerus. Selanjutnya, disebabkan oleh masalah medis yang menyerang kesehatan Anda, di mana masalah medis tersebut kerap disebut dengan penyakit Addison.

Penyakit ini didefinisikan sebagai penyakit yang menimbulkan kelenjar adrenalin di dalam tubuh bekerja secara tidak normal. Apabila kelenjar adrenalin tidak normal, maka cenderung akan memproduksi berbagai hormon-hormon yang mempengaruhi tubuh. Misalnya adalah memproduksi melanin pigmen yang berlebihan.

Tidak heran apabila orang yang mengidap penyakit Addison ini mengeluhkan kondisi tubuhnya yang menunjukkan gejala suasana hati yang tidak stabil, muncul jerawat hormonal di berbagai sisi wajah dan tubuh, merasa kelelahan yang tidak wajar, kekurangan energi sepanjang hari, hingga kulit menjadi terlihat lebih kusam dan gelap, serta warna bibir yang berubah menghitam.

5. Cedera yang Terjadi Pada Bibir

Apabila Anda pernah mengalami cedera pada sebagian atau bahkan di seluruh permukaan bibir, maka besar kemungkinan bibir Anda akan menimbulkan reaksi perubahan warna menjadi lebih gelap. Cedera atau luka yang menghantam bibir akan menyebabkan pembuluh darah di bawah lapisan permukaan bibir menjadi rusak bahkan pecah.

Akibatnya, bibir tidak dapat menerima saluran nutrisi dan aliran darah yang maksimal sehingga lama kelamaan penampilan warna bibir menjadi kusam, gelap, dan tidak sehat. Bibir juga akan terasa sangat kering dan menjadi pecah-pecah. Segera obati bibir Anda apabila bagian bibir pernah mengalami cedera baik ringan maupun berat.

6. Penggunaan Produk-Produk Kosmetik Secara Tidak Tepat

Ada beberapa kandungan pewarna bibir seperti lipstik, lip cream, dan lain sebagainya yang ternyata tidak sehat bagi bibir. Produk kosmetik bibir yang tidak cocok akan menimbulkan risiko bibir menjadi kering, pecah-pecah bahkan berubah warna. Pastikan Anda memperhatikan kandungan produk kosmetik bibir yang Anda gunakan. Perhatikan pula tanggal expired atau kadaluarsa yang ada sehingga bibir Anda terhindar dari risiko kerusakan.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan bibir berubah warna menjadi gelap, Anda bisa segera melakukan berbagai cara menghilangkan warna hitam pada bibir Anda. Yang pertama, Anda bisa melakukan scrub bibir secara rutin untuk mengembalikan warna alami pada bibir. Anda bisa memanfaatkan gula pasir yang dicampur madu atau minyak almond sebagai scrub alami bibir.

Eksfoliasi pada bibir sangat baik pula untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati sehingga bibir bisa terhindar dari keluhan pecah-pecah dan bisa kembali lembab dan sehat. Eksfoliasi juga bisa memicu produksi kolagen untuk mengembalikan warna alami bibir. Gunakan pula lip balm dengan kandungan SPF untuk menjaga kelembaban bibir dan melindungi dari paparan sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.

Demikianlah beberapa informasi terkait pemicu bibir hitam dan bagaimana cara menghilangkan warna hitam pada bibir tersebut. Maksimalkan usaha Anda untuk mengembalikan warna alami bibir Anda dengan melakukan pola hidup sehat seperti mengurangi kebiasaan merokok, memperbanyak asupan air putih untuk melembabkan bibir, mengurangi asupan kafein, dan rutin mengoleskan bibir dengan gel lidah buaya ataupun minyak zaitun.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk