Penting! Berikut Cara Mencegah Kebotakan Rambut Sejak Dini

03 May 2021 by kreditpintar
kebotakan

Kehilangan sebagian rambut dari kulit kepala adalah hal yang normal yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Apalagi jika itu terjadi karena ketidakcocokan menggunakan sampo atau sedang melakukan hair treatment yang tidak cocok dengan kondisi kulit kepala Sobat Pintar. Rontok adalah hal yang wajar namun apabila kerontokan ini terjadi berulang kali dan lebih cepat dari biasanya maka kemungkinan Sobat Pintar mengalami kebotakan. Sobat Pintar perlu mencari cara mencegah kebotakan rambut agar hal itu tidak terjadi. 

Banyak orang yang mengalami kerontokan rambut ketika mereka beranjak dewasa dan menua. Banyak yang mengatakan bahwa kebotakan ini berkaitan dengan genetika atau proses penuaan. Namun dalam kasus lain kebotakan juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang tidak semua orang tahu. Di sini kami akan memberitahukan kan beberapa kemungkinan penyebab dan bagaimana cara mengatasi kebotakan

Apa itu kebotakan?

Kebotakan adalah kondisi dimana Sobat Pintar kehilangan banyak rambut mulai dari Sigit sampai Sobat Pintar tidak memiliki rambut sama sekali di kepala Sobat Pintar. Faktor resiko yang menyebabkan kebotakan atau kehilangan rambut bisa saja terjadi karena banyak hal. Kami akan memberikan beberapa penyebab umum yang menyebabkan kebotakan.

Hal yang mungkin tidak Sobat Pintar ketahui tentang fakta kebotakan adalah beberapa statistic yang mengatakan bahwa rata-rata manusia kehilangan 50-100 helai rambut pada setiap harinya. Lebih dari 50% wanita akan mengalami kebotakan pada usia 50 sekitar 80% pria akan mengalami kebotakan. Pada 25% pria yang mengalami kerontokan terkait genetik atau sifat bawaan dan hal itu bisa saja dimulai dari saat mereka berusia 21 tahun karena rambut rontok yang berlebihan bisa disebut dengan alopesia androgenetic. 

Ada beberapa cara mencegah kebotakan rambut:

1. Mengubah gaya hidup

Salah satu penyebab terjadinya percepatan kebotakan adalah gaya hidup karena  bisa disebabkan dari radikal bebas yang telah mengganggu cara kerja hormone. Gangguan hormone akibat radikal bebas ini yang bisa membuat rambut Sobat Pintar rontok. Cara menghambat kerontokan rambut, Sobat Pintar perlu makan banyak buah dan sayur. Sobat Pintar juga perlu berolahraga teratur. Sobat Pintar  juga harus menghindari rokok dan  minuman beralkohol dan menjaga pola hidup Sobat Pintar bisa terhindar dari kebotakan.

2. Hair treatment

Selain mengubah pola hidup menjadi pola hidup yang lebih sehat, Sobat Pintar juga bisa mencegah kebotakan dengan hair treatment menggunakan produk-produk alami atau bahan-bahan alami lainnya. Untuk menjaga ketebalan dan warna rambut Sobat Pintar, perlu diketahui bahwa bahan-bahan alami tidak memiliki resiko apapun terhadap kesehatan.  Ketika Sobat Pintar menggunakan bahan alami, Sobat Pintar akan tetap aman,,

Beberapa bahan alami yang bisa dijadikan cara mencegah kebotakan rambut adalah lidah buaya dan biji kemiri. Kandungan yang ada di lidah buaya dan biji kemiri dipercayai bisa memperbaiki akar-akar rambut dan mempertebal warna dan juga jumlah rambut. Selain itu Sobat Pintar juga bisa menggunakan produk kimia. Namun, tidak semua bahan-bahan kimia aman untuk digunakan dalam hair treatment karena ada zat tertentu yang mungkin tidak cocok bagi beberapa orang. Kadang beberapa hair treatment juga menjadi salah satu penyebab kerontokan. Jadi Sobat Pintar bisa memulai dengan perawatan yang alami saja.

3. Manajemen stress

Sobat Pintar juga perlu mengendalikan stres agar tidak terjadi kerontokan. Stres menjadi salah satu pemicu kerontokan hebat yang terjadi pada beberapa orang karena hormon pada tubuh Sobat Pintar terganggu. Kekebalan tubuh juga terganggu dengan stress. Maka dari itu penting bagi Sobat Pintar untuk belajar meminimalisir stres agar Sobat Pintar terhindar dari kebotakan.

Dengan manajemen stress yang tepat, Sobat Pintar akan jauh lebih sehat. Untuk melatihnya Sobat Pintar perlu melakukan beberapa pembiasaan yang bisa menurunkan dan mengelola stress Sobat Pintar dengan baik.  Sobat Pintar bisa mulai belajar meditasi yoga atau lain-lainnya. Sobat Pintar juga bisa memulai berolahraga ringan seperti bersepeda, jogging dan renang. Beberapa olahraga tersebut dipercaya bisa membantu mengelola stress lebih baik. 

4. Menghindari alat penata rambut

Sobat Pintar juga perlu menghindari alat penata rambut elektrik. Banyak orang yang mengeluh rambutnya rontok karena terlalu sering menggunakan alat penata rambut seperti hair dryer atau alat pelurus rambut. Panas listrik yang dihasilkan oleh hair dryer atau catokan dapat mengurangi kesehatan rambut Sobat Pintar. Maka jangan heran jika kerontokan akan lebih sering terjadi seiring Sobat Pintar juga sering menggunakan alat-alat elektronik tersebut.

Mengatasi kebotakan

Ketika kebotakan sudah tidak bisa dihindari lagi,  maka Sobat Pintar perlu mengatasi kebotakan Sobat Pintar. Satu-satunya jalan untuk menyembunyikan kebotakan Sobat Pintar adalah dengan menggunakan wig. Di zaman sekarang banyak jasa pembuat wig  yang bisa disesuaikan dengan selera Sobat Pintar atau selera gaya rambut Sobat Pintar. Namun kemungkinan besar tidak akan senyaman ketika tidak memakai wig. Sobat Pintar bisa beralih ke opsi lain yaitu transplantasi rambut. 

Transplantasi rambut

Salah satu cara mengatasi kebotakan rambut adalah dengan transplantasi rambut . Implan rambut adalah proses atau operasi perluasan jaringan kulit kepala, mengurangi kulit kepala dan juga implan rambut. Transplantasi rambut juga disebut dengan cangkok rambut atau tanam rambut. Prosedur ini digunakan untuk mengembalikan rambut di area kulit yang botak.  Setiap orang mungkin akan mengalami transplantasi rambut yang berbeda-beda tergantung kondisi dan kebutuhan mereka .

Sebelum Sobat Pintar melakukan transplantasi rambut, Sobat Pintar diwajibkan berkonsultasi dengan dokter karena dokter perlu mengetahui kondisi yang Sobat Pintar miliki. Sebelum melakukan operasi transplantasi rambut Sobat Pintar juga harus menjalani beberapa tes. Biasanya dokter spesialis kulit akan membantu prosedur dan juga tes yang harus dilakukan sebelum operasi. Dokter akan memberitahu hasil dan menyetujui operasi Sobat Pintar. Kemudian Sobat Pintar akan diarahkan ke proses operasi selanjutnya

Proses transplantasi mungkin terdengar sangat mengerikan. Sobat Pintar akan diberikan bius lokal di bagian kepala. Ketika Sobat Pintar sedang dalam dalam proses operasi transplantasi rambut, di kulit kepala Sobat Pintar akan mati rasa. Dalam beberapa kasus operasi, beberapa pasien juga akan mendapatkan obat penenang agar mereka rileks. Dokter akan menanam rambut satu persatu agar hasilnya rapi dan lembut. 

Biaya transplantasi

Biaya transplantasi rambut sangat beragam mulai dari 6 jutaan sampai dengan ratusan juta. Ini tergantung dengan kondisi kulit kepala Sobat Pintar. Semakin kecil area botak, semakin terjangkau biayanya. Sebaliknya, jika area botaknya lebar, maka biaya transplantasinya juga akan lebih mahal. Beberapa bahkan bisa menghabiskan sampai 100 juta untuk satu area penuh di seluruh kulit kepala. 

Sobat Pintar bisa menggunakan Kredit Pintar untuk biaya transplantasi rambut Sobat Pintar. Prosesnya mudah dan biaya proses dan bunganya rendah. Selain bisa Sobat Pintar gunakan untuk transplantasi rambut, Sobat Pintar bisa menjadikan Kredit Pintar sebagai pinjaman uang Sobat Pintar untuk berbisnis. Plafon yang ditawarkan bisa mencapai 20 juta tergantung proses verifikasi. Tim akan mengevaluasi data Sobat Pintar sebelum memproses persetujuan pinjaman uang Sobat Pintar. 

Itulah berbagai cara untuk mencegah kebotakan rambut. Cara manakah yang jadi pilihanmu?

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload