Penting! 4 Bahaya Begadang Untuk Kesehatan Tubuh

28 Apr 2021 by kreditpintar
bahaya begadang

Aktivitas begadang terkadang sering dilakukan oleh banyak orang terutama anak muda, karena beranggapan lebih bisa fokus dan intim. Tetapi kegiatan ini jika dilakukan secara terus menerus memiliki dampak negatif. Dengan demikian Anda perlu memperhatikan dan memahami bahaya begadang tersebut secara menyeluruh. 

Padahal memiliki pola tidur yang cukup dan berkualitas menjadi kebutuhan tubuh untuk merawat dan menunjang berbagai organ dalam tubuh. Sehingga perlu dipahami bahaya begadang bagi tubuh yang tidak dianggap sepele. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai dampak buruk begadang bagi kesehatan, jika dilakukan secara terus menerus. 

Efek Samping Begadang 

Ada beberapa efek samping dari terlalu sering melakukan begadang, berikut ini beberapa efek samping atau bahaya dari melakukan aktivitas tersebut, antara lain :

1. Gula Darah Meningkat 

Berdasarkan penelitian sejak tahun 2015 memperlihatkan bahwa orang yang terlalu sering dan rutin melakukan begadang akan memiliki jumlah gula darah tinggi. Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan beberapa orang yang memiliki kualitas tidur yang cukup atau normal, sehingga tidak berpengaruh pada gula darahnya. 

Perlu dipahami secara bersama-sama, karena jika memiliki kandungan gula darah yang tinggi akan beresiko dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Penyakit yang akan menyerang apabila Anda memiliki kandungan gula darah tinggi adalah mengalami penyakit jantung dan ginjal yang mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. 

2. Mempengaruhi Pola Makan 

Biasanya orang yang sering melakukan aktivitas begadang memiliki pola makan yang buruk dan tidak begitu sehat. Hal ini berpengaruh pada jam tidur yang tidak sinkron, sehingga berpengaruh pada jadwal atau rutinitas makan sehari-hari. Bahkan menyebabkan Anda akan mendapatkan porsi makan yang berlebihan. 

Dari beberapa penelitian yang ada kebanyakan orang yang sering melakukan aktivitas begadang tidak begitu memperhatikan kualitas makanannya, bahkan cenderung memilih makanan penuh lemak dan kalori yang tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada naiknya gula darah, kolesterol dan penyakit kronis lainnya. 

3. Lebih Mudah Terkena Depresi 

Beberapa orang sering mengalami gangguan mental atau berpengaruh pada kesehatan mental yang kebanyakan disebabkan oleh kurangnya kualitas tidur atau sering begadang. Hal ini tidak boleh diabaikan dan dianggap sepele, karena depresi akan mempengaruhi beberapa tindakan dan keputusan dalam hidup, sehingga perlu perawatan secara profesional. 

Berdasarkan beberapa penelitian masih terus mendalami mengenai kecenderungan tersebut, tetapi begadang dan depresi memiliki hubungan yang kuat. Dalam tahap ini bahaya begadang memiliki berbagai resiko yang tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga perlu membatasi dan jangan terlalu sering melakukan aktivitas begadang. 

4. Rentan Terkena Penyakit Jantung

Hal yang paling ditakuti dari aktivitas begadang adalah berpengaruh pada kesehatan yang mempengaruhi dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Aktivitas ini dipicu oleh pola tidur yang berantakan dan tidak stabil, sehingga jantung akan bekerja keras akibat aktivitas begadang tersebut. 

Pengaruh ini disebabkan oleh berbagai kegiatan, terutama berpengaruh pada kegiatan atau aktivitas yang membuat Anda tidak bisa tidur secara tepat waktu. Kegiatan ini berpengaruh pada aktivitas jantung dan resiko penyakit jantung akan lebih besar dan meningkat sekitar 11 persen dalam mempengaruhinya.

Dengan demikian kesehatan tubuh menjadi lebih prioritas, apabila tidak begitu penting dan kegiatan ringan saja lebih baik hindari begadang. Karena ada banyak bahaya begadang yang akan mempengaruhi tubuh Anda secara langsung. Pastikan Anda memiliki jadwal tidur yang tepat dan berkualitas. 

Bahaya begadang, serupa dengan bahaya tidak ada dana simpanan saat ada kebutuhan mendadak.

Apabila hal tersebut terjadi, Kamu bisa andalkan Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah layanan penyedia pinjaman dana resmi dan telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK. Dengan Kredit Pintar, pinjaman dana bisa disetujui hanya dalam waktu 3 menit. Download aplikasinya sekarang juga, yuk!

kredit pintar