Peluang Usaha di Bulan Ramadan, Oleh Kredit Pintar

26 Apr 2021 by Rindang Maulidia
peluang usaha

Bulan puasa seringkali dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan baru, bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, bulan puasa bisa mendatangkan berbagai peluang usaha baru, terutama di bidang kuliner, fashion, dan bingkisan untuk hampers lebaran. 

Kemeriahan ibadah puasa di Indonesia seringkali dirayakan dengan berbagai takjil yang marak dijual di pinggir jalan sebagai salah satu pilihan berbuka puasa. 

Sementara itu, pada akhir bulan puasa, masyarakat mulai mempersiapkan diri untuk merayakan kemeriahan Hari Raya Idul Fitri dengan segala pernak-perniknya, mulai dari baju dan mukena baru, ketupat, hingga sajian kue kering di hari raya untuk menjamu tamu dan saudara yang datang bersilaturahmi.

Selagi masih berada di awal bulan puasa, tidak ada salahnya Sobat Pintar mencoba berbagai peluang usaha rekomendasi Kredit Pintar berikut ini. Eits, peluang usaha ini juga cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin menambah sumber penghasilan.

Usaha baru, menjual hampers lebaran

Lebaran adalah salah satu momen dimana masyarakat muslim di Indonesia merayakan kebahagiaan setelah menunaikan ibadah puasa ramadan selama sebulan lamanya.

Kebahagiaan tersebut umumnya dirayakan dengan cara bersilaturahmi, berkumpul bersama kawan dan kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. 

Sayangnya, adanya pandemi mengakibatkan masyarakat memiliki mobilitas yang terbatas, sehingga cara bersilaturahmi umumnya digantikan dengan tradisi saling mengirim hampers.  

Dengan adanya tradisi baru tersebut, Sobat Pintar bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Busana muslim untuk keluarga

Merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan menunaikan sholat ied berjamaah, sambil mengenakan busana muslim terbaik, adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia yang masih berlangsung hingga saat ini. Sehingga, tidak ada salahnya apabila Sobat Pintar mencoba peruntungan untuk menjual busana muslim dengan bahan yang nyaman dan tentu saja model pakaian yang trendi. Pastikan juga bahwa busana muslim yang ditawarkan, tersedia dalam berbagai ukuran agar bisa cocok dikenakan oleh seluruh anggota keluarga.

Usaha catering khusus sahur dan berbuka

Catering adalah salah satu jenis usaha kuliner yang juga sering ditemui di sehari-hari. Tetapi, di bulan Ramadan ini, Sobat Pintar bisa melakukan inovasi dengan cara membuka catering yang khusus melayani kebutuhan saat sahur dan berbuka.

Kebutuhan konsumsi saat sahur ini akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang hidup sendiri di kos dan enggan repot memikirkan menu sahur selama sebulan.

Sementara itu, catering khusus berbuka cocok ditawarkan oleh masyarakat yang tidak sempat menyiapkan menu berbuka karena masih harus menyelesaikan pekerjaan.

Artinya, apabila memutuskan untuk membuka usaha catering, Sobat Pintar bisa menawarkan paket untuk menu sahur, berbuka, dan keduanya.

Di bulan penuh pahala ini, Sobat Pintar juga bisa menarik lebih banyak pelanggan dengan cara mengajak mereka untuk beramal.

Caranya, Sobat Pintar menawarkan diri untuk menjadi perantara pemberi nasi bungkus untuk warga yang kurang mampu, sementara pelanggan akan memberikan sejumlah dana untuk diolah menjadi nasi bungkus tersebut.

Jual minuman segar

Siapa yang bisa menolak kelezatan takjil minuman segar saat berbuka? 🍹

Justru, ini adalah hadiah yang senantiasa dinanti oleh umat muslim setelah menjalankan ibadah puasanya.

Minuman segar adalah salah satu ide usaha yang cocok dijalankan siapa saja dan membutuhkan modal yang tidak banyak untuk bisa berjalan.

Apabila Sobat Pintar tidak memiliki kios untuk berdagang, maka bisa saja Sobat Pintar hanya membuka pesanan melalui open pre order, maupun pesanan dari platform pembelian makanan secara online dan persiapkan diri untuk meraih pundi-pundi penghasilan tambahan dari bisnis yang sangat menguntungkan ini.

Jual berbagai macam buah segar

Biasanya, tidak semua masyarakat menyukai minuman segar untuk berbuka, karena dinilai memiliki citarasa yang terlalu manis.

Untuk itu, tidak ada salahnya apabila Sobat Pintar memilih untuk mencoba jualan berbagai macam buah segar. 

Namun, apabila Sobat Pintar memutuskan untuk mencoba bisnis ini, ada baiknya untuk menyiapkan lemari pendingin atau tempat penyimpanan buah agar lebih awet dan tidak dimakan tikus maupun hewan sejenisnya.

Rekomendasi buah segar yang bisa jadi pilihan; melon, blewah, timun suri, leci, stroberi, dan lain-lain.

Itulah berbagai ide peluang bisnis yang cocok dicoba di bulan Ramadan. Sayangnya, tidak semua ide peluang bisnis bisa tereksekusi karena butuh modal yang lebih banyak. Nah! Soal itu, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena Kredit Pintar akan bagi-bagi hadiah berupa modal usaha dengan total nilai 10 juta rupiah. 

Wujudkan peluang usaha dengan modal usaha dari Kredit Pintar, gratis!

kredit pintar

Sobat Pintar, Kamu bisa mewujudkan peluang usaha impianmu dengan cara ikuti kontes video Ramadan Story With Super Kepi. Kontes ini akan berlangsung selama 22 April-6 Mei 2021.

Ikuti syarat dan ketentuannya berikut ini, ya.

  1. Upload  Video tentang Ide bisnis yang bisa kamu lakukan selama Bulan Ramadan ke Instagram Feed dengan durasi maksimal 1 menit dalam posisi landscape/horizontal.
  2. Ceritakan ide bisnismu secara singkat pada caption dan sertakan hashtag #RamadanstorywithSuperKepi.
  3. Tag dan mention Instagram @kreditpintar dan tag 3 temanmu.        
  4. 3 Video terbaik akan mendapatkan Modal Usaha dari Kredit Pintar dengan total Rp 10 juta dengan rincian hadiah sebagai berikut:
  • 5 juta rupiah untuk pemenang pertama
  • 3 juta rupiah untuk pemenang kedua
  • 2 juta rupiah untuk pemenang ketiga
  1. Video pemenang yang terpilih akan menjadi milik Kredit Pintar.
  2. Kredit Pintar berhak mengubah syarat dan ketentuan selama kontes berlangsung dan pengumuman pemenang tidak dapat diganggu gugat.

Kami tunggu video terbaikmu!