Ingin Liburan Murah? Pantang Beli 5 Hal ini Saat Libur Akhir Tahun Nanti!

08 Dec 2018 by Edwin

Masa liburan akhir tahun sudah tinggal hitungan jari. Bagi yang sudah merencanakan liburan, jangan lupa rencanakan pengeluaran ya, agar liburan tidak mengganggu keuangan. Meskipun liburan adalah waktu bersenang-senang, jangan sampai lepas kendali dan bikin keuangan pribadi berantakan! Salah satu cara agar Sobat Pintar bisa liburan murah di akhir tahun nanti, ada beberapa pantangan barang-barang yang perlu dihindari untuk dibeli saat liburan nanti.

Kredit Pintar sudah mengumpulkan 5 macam hal yang jadi pantangan untuk dibeli agar liburan murah tetap lancar dan nggak ganggu dompet!


Souvenir

Membeli souvenir memang jadi kewajiban setiap berlibur ke suatu tempat yang belum pernah Sobat Pintar kunjungi. Biasanya ada kewajiban juga nih membeli souvenir sebagai oleh-oleh untuk teman-teman. Nah agar Sobat Pintar tetap bisa menikmati liburan murah, beberapa souvenir ini mending jangan dibeli:

    • Magnet kulkas
    • Gantungan kunci
    • Mug
    • Kaos bertuliskan “I ? (isi dengan nama tempat)”

Barang-barang tersebut memang sering terlihat lucu dan menggiurkan untuk dibeli. Tapi percaya deh, barang-barang tersebut hanya terlihat bagus di awal saja. Setelahnya, barang tersebut hanya jadi hiasan yang terabaikan. Kalau mau beli souvenir, mending beli yang otentik dari daerah tersebut. Misal kerajinan tangan dari warga lokal. Justru barang seperti ini malah lebih unik dan lebih berkesan.


Foto di tempat wisata

Seringkali kalau mengunjungi sebuah atraksi wisata pasti ada orang yang menjual jasa foto langsung cetak. Memang sih foto jadi hal yang wajib kalau pergi wisata. Toh, harga per fotonya juga nggak begitu mahal. Tapi Sobat Pintar kan sudah punya smartphone sendiri yang bisa ambil foto dengan kualitas yang tak kalah bagus dari tukang foto keliling. Kalau soal dicetak, foto dari smartphone juga bisa dicetak kok nantinya. Jadi kalau mau liburan murah, ya mending kurang-kurangi pengeluaran yang nggak penting-penting amat seperti beli jasa foto keliling.


Makanan sekitar tempat wisata

Tips liburan murah selanjutnya wajib Sobat Pintar tahu, nih! Tahu kan kalau makanan di area sekitar tempat wisata harganya bisa nggak masuk akal? Memang sih para penjual makanan menawarkan makanan tradisional yang otentik. Namun kalau Sobat Pintar ingin mencicipi makanan lokal terbaik, penjual makanan di tempat wisata bukan jawabannya. Mending kunjungi tempat makan yang biasa dikunjungi warga lokal. Sobat Pintar bisa tanya kepada warga sekitar atau bisa juga mencarinya dengan aplikasi pencari tempat makan yang sekarang banyak digunakan.


Pakaian standard

Pakaian standard yang dimaksud adalah pakaian yang sebenarnya bisa dibeli di pusat perbelanjaan tempat asal Sobat Pintar atau di online shop. Beli pakaian standard justru bikin rancangan budget liburan murah jadi berantakan. Selain itu, pakaian tersebut malah bikin penuh koper Sobat Pintar! Kalau mau beli fashion item, belilah yang menjadi khas daerah tersebut. Misalnya kain tenun tradisional, atau batik khas kota tersebut. Selain lebih bernilai, Sobat Pintar juga mendukung secara langsung industri pariwisata setempat.


Buku

Ya memang dengan segala dalih yang ada, buku yang dijual di tempat wisata atau kota tujuan liburan seringkali jadi godaan untuk dibeli dan dibawa pulang. Seringnya sih memang buku yang menggoda adalah buku keluaran lama yang sudah langka dan tidak dijual dimanapun. Kalau Sobat Pintar memang hobi membaca dan suka mengoleksi buku-buku antik, boleh lah beli buku selama liburan. Namun bagi yang tidak suka membaca dan hanya tergoda tampilan buku tersebut, mending nggak usah beli deh! Selain harganya lumayan mahal yang malah merusak perencanaan budget liburan murah Sobat Pintar, buku tersebut juga jadi beban di koper saja. Paling juga kalau sudah pulang, buku yang dibeli hanya jadi pajangan.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload