Menyusun Anggaran Liburan untuk Setahun, Perlu Apa Aja?

15 Jan 2018 by Edwin

Tahun 2018 udah lewat dua minggu, pasti Kamu udah mulai ngecek tanggal berapa aja yang bisa dimanfaatin untuk liburan. Baik itu liburan sendiri, bareng pasangan, atau liburan sekeluarga. Selain menentukan tujuan dan agenda dengan segala keseruannya, menyusun anggaran liburan adalah hal yang paling penting dan nggak boleh Kamu kesampingkan.

Merencanakan anggaran dengan matang punya banyak manfaat, nggak cuma menjaga alokasi dalam jangkauan budget, tapi bisa memaksimalkan pengalaman liburanmu tanpa perlu pusing memikirkan anggaran saat berlibur.

Dimulai dari transportasi yang ingin digunakan, tempat menginap, sampai anggaran untuk makan makanan yang ingin Kamu coba, semua bisa dimaksimalkan dengan riset dulu sebagai langkah awal menyusun anggaran liburanmu. Pokoknya jangan lupa, susun anggaran sesuai dengan dana yang Kamu punya. Kalau Kamu ingin mengeluarkan biaya lebih, tersedia beberapa layanan kredit tanpa agunan (KTA) yang bisa dimanfaatkan.

Satu hal yang harus Kamu pahami juga dalam menyusun anggaran liburan, jangan sampai Kamu mengusik dana keperluan sehari-hari. Apalagi kalau Kamu sudah berkeluarga, jangan usik alokasi dana darurat atau biaya pendidikan anak untuk dipakai sementara hanya untuk keperluan liburan. Kalau memang belum cukup anggarannya, nggak perlu memaksakan diri untuk liburan ke luar kota menggunakan transportasi mahal. Coba deh liburan dengan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di dekat tempat tinggalmu.

Nah, setelah yakin dengan keuanganmu untuk liburan ke luar kota atau bahkan keluar negeri, cari dan manfaatkan tiket promo untuk memotong anggaran transportasi. Besar anggaran transportasi bisa mencapai 25% dari keseluruhan dana liburan. Tips untuk mencari tiket promo transportasi untuk liburanmu bisa dimulai dari berlangganan layanan newsletter beberapa website tour and travel.

Eits, jangan lupa beli tiket pulang ya!

Biaya transportasi udah, terus jangan lupa untuk menyusun biaya menginap yang bisa mencapai sekitar 20% dari keseluruhan anggaran liburan. Agak sama dengan tips untuk menghemat biaya transportasi, Kamu bisa langganan newsletter yang biasanya memberikan informasi promo hotel, villa, atau AirBnB. Selain itu, jangan lupa baca ulasan para traveler yang pernah singgah di tempat tersebut. Kamu nggak mau kan dapat penginapan murah tapi servisnya nggak memuaskan?

Beberapa poin di atas termasuk pertimbangan yang paling penting dalam menyusun anggaran liburan. Selain itu, ada juga anggaran makan, tiket masuk wahana wisata, belanja cendera mata, oleh-oleh, dan anggaran tak terduga yang bisa dipikirkan. Intinya, gunakan dana dengan bijak dan gunakan tips dan trik untuk menghemat pengeluaran selama liburan.

Have fun with your holiday plan!

mobile-closeKredit PintarDownload