Mengenal Apa Itu Porang Berserta Manfaat Porang Untuk Kehidupan

25 May 2021 by kreditpintar
manfaat porang

Porang merupakan tumbuhan umbi dari spesies Amorphophallus muelleri yang pada umumnya tumbuh di hutan dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Karena popularitasnya yang menjolak, porang memiliki pasar ekspor di Jepang, Korea, Taiwan, dan Australia. Selain diolah menjadi tepung konjak atau glukomanan, salah satu manfaat porang adalah menjadi bahan baku di industri kosmetik (misalnya untuk mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat) maupun rumah tangga. Berikut adalah manfaat porang yang menarik dan serbaguna ini.

SANG PENAHAN RASA LAPAR

Glukomanan adalah sejenis polisakarida yang larut dalam air dan dapat digunakan sebagai pengental alami. Oleh karena itu, bahan ini penting dalam industri pangan karena serat alaminya dapat digunakan sebagai pengganti agar, yang berfungsi untuk mempercepat rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut. Bahan baku ini juga cocok untuk dikonsumsi mereka yang sedang diet maupun untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Glukomanan juga merupakan bahan baku pembuatan mie shirataki dan konyaku, makanan yang pantas dikonsumsi sebagai menu diet di beberapa negara Asia.

BAHAN MAKANAN SELURUH DUNIA

Selain Indonesia, di Filipina, tepung yang terbuat dari tanaman porang juga dapat digunakan sebagai pengganti gandum dan roti. Rasanya yang netral membuatnya lebih mudah untuk dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Di Jepang, umbi yang versatile ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan, misalnya dalam pembuatan mie instan.

Di negara India bagian barat dan Bangladesh, biasanya dimakan sebagai tumbuk atau digoreng atau ditambahkan ke kari dan digunakan dalam acar atau untuk membuat keripik. Porang dimakan sebagai kari dan merupakan makanan lezat di antara orang-orang Chhattisgarh. Sedangkan di India Selatan, terutama Kerala dan Tamil, ubi ini disajikan sebagai potongan kukus bersama dengan chutney tradisional yang terbuat dari cabai hijau, minyak kelapa, bawang merah, dan bawang putih dan disajikan sebagai pendamping nasi dan lauk. Itu dibuat menjadi chutney kental, biasanya dimakan sebagai pelengkap hidangan nasi. Makanan ini telah menjadi sumber utama karbohidrat terutama selama hari-hari dilanda kelaparan bersama dengan tapioka. Ditambah lagi, semua bagian bunganya bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis lauk pauk.

MANFAAT KESEHATAN

Banyak sekali nutrisi yang dikandung dalam sebuah umbi porang selain glucomannan seperti protein, karbohidrat yang meliputi fruktosa, glukosa, serta sukrosa, berbagai macam jenis asam amino esensial, kalsium, fosfor, besi, zinc, mangan, dan tembaga.

Seperti yang telah disebutkan, glukomanan dari tanaman porang sangat berguna untuk kesehatan penderita diabetes serta menurunkan berat badan pasien obesitas. Ada studi dari tahun 2005 yang menyatakan bahwa mengkonsumsi porang efektif dalam membakar hingga 1200 kalori. Ini disebabkan oleh peningkatan penyerapan nutrisi di usus kecil, sehingga meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung glukomanan juga dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah. Selain itu, Glukomanan yang ditemukan dalam porang dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi tanaman porang selama sepuluh hari berturut-turut dapat membantu para penderita dalam mengatasi sembelit sehingga frekuensi buang air besar kembali normal.

Terlebih lagi, dalam jumlah yang besar, serat pangan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti divertikular, kardiovaskular, obesitas, dan kencing manis.

Yang lebih hebatnya lagi, sebuah penelitian menyatakan bahwa salah satu manfaat porang yang paling penting ini adalah untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker. Tanaman ini memiliki khasiat untuk mencegah kanker paru-paru dan juga kanker usus besar. Hebat, ya?

PENGENTAL ES KRIM DAN SIRUP

Kandungan tepung konjak yang diekstrak dari tanaman porang dapat diolah dan kemudian digunakan untuk mengentalkan es krim supaya pencuci mulut ini tidak mudah meleleh atau mencair.

DAPAT DIBUAT DI RUMAH

Dilansir dari CNN Indonesia, porang jarang dikonsumsi secara langsung karena mengandung kristal kalsium oksalat yang menyebabkan gatal-gatal. Cara aman untuk mengkonsumsi tanaman ini adalah dengan diolah terlebih dahulu menjadi chip yang sudah dikeringkan atau tepung. Masyarakat kemudian mengkonsumsinya dalam kemasan yang lebih praktis seperti mie, roti, keripik, agar-agar, atau gelatin nabati.

Tepung porang sebenarnya bisa dibikin di rumah, namun tidak bisa menggantikan fungsi tepung terigu dalam masakan, hanya sebagai bahan tambahan. Tepung porang dapat meningkatkan tekstur adonan menjadi lebih kenyal dan lembut. Setengah sdt tepung porang lebih dari cukup untuk menghasilkan adonan yang lembut sekaligus menambah kandungan serat tanpa mengubah rasa makanan.

BAHAN YANG SERBAGUNA DEMI RUMAH TANGGA

Selain digunakan untuk makanan, salah satu manfaat porang yang amatlah penting adalah penggunaannya sebagai campuran untuk membuat peralatan rumah tangga. Menarik, bukan? Alasannya adalah zat glukomanan yang terdapat dari tanaman porang dapat diolah menjadi tekstur gel yang selanjutnya dapat digunakan sebagai isolator listrik atau pencegah konduksi listrik dan panas di rumah. Dan dalam bidang industri, kandungan konjac juga memiliki pasar ekspor yang besar karena manfaatnya campuran untuk seperti kertas, lem, kapsul, bahan pengikat untuk formulasi tablet, bahkan cat tembok rumah. Kalau dicampur gliserin, porang juga bisa dijadikan barang yang kedap air. 

BAHAN EKSPOR NEGARA

Manfaat porang tidak terbatas pada manfaat kesehatan maupun untuk kehidupan sehari-hari. Tanaman yang dahsyat ini juga berhasil meningkatkan aktivitas ekspor negara Indonesia sebanyak 160%! Dilansir dari Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) atau Badan Karantina Pertanian (Barantan), ditemukan bahwa ekspor porang Indonesia mencapai 14,8 ribu ton, pada semester pertama tahun 2021–angka yang membanting hasil ekspor pada semester I tahun 2019 yaitu 5,7 ribu ton.

Selain negara-negara Asia, Eropa juga menjadi salah satu kontinen tujuan ekspor tanaman porang. Porang yang diekspor dikirim dalam bentuk chip atau produk setengah jadi untuk meningkat lebih lanjut nilai ekonomis. Peningkatan ini disebabkan oleh chip porang yang diproses melalui proses seperti perajang, pengeringan atau pengeringan, sehingga harga jualnya meningkat.

Itulah berbagai macam manfaat dari porang. Pantas saja tanaman ini ramai dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. 

Mulai sekarang, apakah Sobat Pintar akan mulai mengkonsumsi umbi serbaguna ini?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload