Mengenal Apa Itu Blue Light Beserta Manfaat dan Bahayanya

03 May 2021 by kreditpintar
blue light

Blue light, salah satu istilah yang memang masih awam di telinga masyarakat. Tapi ternyata sinar ini sendiri sering menjadi bahan penelitian yang cukup menarik sekali untuk dibahas. Terlebih lagi, sinar ini tidak hanya diteliti dalam negeri tapi juga luar negeri. Jadi sebenarnya apa itu blue light? Mari kita simak pembahasannya. 

Apa Itu Blue Light

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang blue light. Sebenarnya apa itu blue light? Blue Light adalah sinar spektrum yang bisa dilihat oleh manusia. Di mana spectrum ini memiliki gelombang pendek tapi mampu menghasilkan energy yang besar. 

Walaupun tidak banyak yang mengenal istilah blue light, namun peneliti sendiri sering melakukan banyak riset terhadap sinar spectrum tersebut. Hasilnya dari riset tersebut kebanyakan menyatakan bahwa sinar ini mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan mata. Tapi, dibalik bahayanya ini, ternyata ada juga beberapa hal positif lain yang juga perlu Anda ketahui. 

Sumbernya biasa ada di alat-alat digital seperti televisi, ponsel, layar komputer atau laptop dan berbagai macam perangkat lain yang menggunakan layar. Sinar yang bersumber dari alat elektronik ini bersifat buatan yang memang ditujukan untuk menerangi layar perangkat digital. Sinar matahari sendiri juga mengandung bluelight. 

Di mana ini menjadi alasan kenapa manusia tetap terjaga pada siang hari dan tidur pada malam hari. Maka dari sinilah Anda dapat melihat apa saja dampak negative dan positive dari sinar ini yang memang harus dapat Anda pahami. 

Bahaya Blue Light 

Sebelum mengetahui hal positif dari bluelight, Anda harus mengetahui apa saja dampak negatif dari sinar ini. Dampak buruk dari sinar spectrum yang bersumber dari gadget ini adalah akan membuat Anda sulit tidur ketika mendapatkan paparan yang berlebihan. Terlebih lagi jika Anda terpapar pada saat malam hari. Jadi ada baiknya Anda menghindari menggunakan ponsel ataupun komputer pada saat malam hari. 

Karena ketika Anda susah tidur pada saat malam hari, maka sudah pasti akan berdampak pada kesehatan. Secara alamiah bluelight sendiri memang akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Apabila Anda sudah terpapar terlalu banyak sinar ini, maka sudah pasti melatonin tidak akan keluar untuk membuat Anda mengantuk. 

Maka daripada itu, walaupun badan sudah sangat lelah tapi jika Anda sudah terpapar sinar ini, sudah pasti Anda tidak akan tertidur. Jadi memang ada baiknya Anda mengurangi penggunaan ponsel, layar komputer atau laptop dan televisi pada jam tidur. Di mana hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup. 

Manfaat Blue Light 

Setelah mengenal apa itu blue light beserta bahayanya, maka selanjutnya Anda dapat memahami manfaat dari sinar spektrum yang satu ini. Karena sinar ini sendiri membuat Anda terjaga, maka sudah pasti Anda akan tetap fokus pada pekerjaan. Sehingga hal ini akan sangat membantu Anda untuk tetap bisa produktif walaupun badan lelah. 

Namun, sinar ini sendiri juga akan mempengaruhi penglihatan Anda, sehingga ada baiknya Anda membatasi seberapa lama menggunakan alat digital. Hal ini sendiri untuk melindungi mata Anda agar tidak mengalami kerusakan. Anda bisa melakukan beberapa pencegahan untuk bisa menggunakan perangkat digital dalam waktu lama, namun tetap masih ada batasan yang harus dijaga. 

Dengan mengenal apa itu blue light beserta dampak negatif dan positifnya, maka Anda dapat memahami seberapa banyak waktu yang harus digunakan saat berada di sekitar sinar spectrum ini. Walaupun memang dampak negatifnya sangat mengkhawatirkan, tapi bukan berarti tidak dapat dicegah.

Bahayanya blue light sama dengan bahayanya kondisi keuangan yang buruk saat ada kebutuhan mendadak.

Saat hal itu terjadi, selalu ingat untuk andalkan Kredit Pintar untuk ajukan pinjaman uang.

Pinjaman uang di Kredit Pintar bisa cair hanya dalam waktu 3 menit saja lho.

Download aplikasinya di Play Store sekarang juga.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload