Mengenal Alergi Musiman dari Penyebab Hingga Cara Menghentikannya

05 May 2021 by kreditpintar
alergi musiman

Pernah dengar tentang alergi musiman? Tentu Anda sudah bisa menebak bahwa alergi ini terjadi saat perubahan musim terjadi, di mana pada saat itu tubuh memang sangat rentan sekali dengan berbagai penyakit. Alergi satu ini pun kerap kali dikenal dengan sebutan lain yakni alergi rhinitis. Alergi ini memang memiliki sejumlah ciri alergi yang timbul, tapi tentunya berbeda yang dialami oleh setiap orang.

Sebetulnya apa yang sekiranya menjadi pemicu alergi rhinitis? Kapan sebaiknya harus pergi ke dokter dan bagaimana meminimalisir ciri alergi yang timbul agar tidak semakin parah? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya simak lebih dulu artikel berikut ini!

Mengenali Sebab Terjadinya Alergi Rhinitis

Kelainan yang terjadi pada sistem imun terhadap zat yang memicu reaksi alergi membuat rhinitis dapat terjadi. Biasanya reaksi alergi ini akan terjadi apabila penderita secara tidak sengaja memasukkan atau menghirup zat alergen tersebut ke dalam rongga hidung. Nantinya gejala yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, mulai dari bersin-bersin, pilek, hingga hidung yang terasa sangat gatal. Bahkan pada beberapa kasus ada pula yang menyebabkan sulitnya bernapas.

Adapun penyebab yang seringkali menjadi pemicu alergi di musim tertentu umumnya seperti tungau, debu, serbuk sari, kapang, kulit atau bisa juga bulu hewan, lateks, sampai serbuk gergaji. Memang penyakit ini dapat dengan mudah dialami oleh siapapun, tapi perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ada faktor utama yang dapat meningkatkan risiko terserangnya rhinitis di antaranya seperti;

  • Faktor keturunan, di mana bisa saja orang terdekat Anda seperti orang tua, saudara kandung dan sebagainya menderita kondisi ini.
  • Adanya alergi jenis lain yang diderita.
  • Terlalu seringnya menghirup paparan asap rokok.

Namun, nyatanya tak hanya faktor utama di atas, ada juga faktor lain yang dapat menjadi pemicu dari alergi rhinitis ini seperti lingkungan lembab, asap atau polusi udara, suhu yang sangat dingin hingga parfum juga deodorant dengan bau menyengat. Jadinya, jika Anda memang telah didiagnosis memiliki alergi, sebaiknya Anda menghindari dengan baik hal-hal yang dapat memicunya.

alergi rhinitis

Beragam Cara Mencegah dan Menyembuhkan Rhinitis Alergi

Saat terserang alergi musiman, ada beberapa cara menghentikan ciri alergi yang timbul agar tidak mengganggu segala aktivitas Anda. Tentunya sangat tidak nyaman membiarkan ciri alergi yang timbul terus-menerus, maka dari itu ini dia beberapa cara penyembuhannya yang perlu Anda ketahui!

1. Penggunaan Obat-obatan

Biasanya untuk menghentikan ciri alergi yang timbul ada beberapa obat yang sering dianjurkan oleh para tenaga kesehatan, di antaranya ada antihistamin, dekongestan, hingga semprotan kostikoteroid. Pastinya penggunaan obat-obatan ini tidak dilakukan secara sembarangan saja, melainkan harus ada juga resep dari dokter apabila memang dibutuhkan. Tapi ada pula beberapa obat yang memang dijual dipasaran tanpa memerlukan resep.

Antihistamin kerap kali dipakai agar penderita alergi tidak lagi mengalami bersin, hidung gatal juga tersumbat. Sementara itu dekongestan biasa digunakan untuk pereda hidung tersumbat dan dijual dalam bentuk tablet juga semprotan hidung. Selain dua obat di atas, ada juga jenis obat yang seringkali digunakan yakni semprotan kostikoteroid, dimana dapat mengurangi peradangan pada hidung dan bisa mengurangi gejala seperti hidung tersumbat, merah serta gatal.

2. Metode Desensitisasi

Metode satu ini bisa dibilang cukup efektif untuk mencegah terjadinya alergi, biasanya Desensitisasi dilakukan dengan cara menyuntikkan zat alergen ke tubuh dengan dosis yang semakin lama semakin ditingkatkan. Tujuan utama dari metode ini tentu saja agar nantinya sensitivitas sistem imun pada tubuh semakin menurun ketika berhadapan dengan zat pemicu alergi. Tapi sebaiknya konsultasikan lebih dulu bila ingin melakukan metode ini dengan dokter terbaik agar tidak terjadi kesalahan.

3. Membersihkan Diri dan Lingkungan Sekitar

Memiliki riwayat alergi pastinya membuat hidup jadi tidak mudah, harus senantiasa berhati-hati dengan segala hal di lingkungan yang dapat memicu timbulnya ciri alergi yang timbul. Untuk itu, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan dari diri sendiri dan juga lingkungan sekitar agar tidak memicu reaksi alergi. Hidup bersih dan menjaga pola makan dengan baik akan meminimalisir pemicu terjadinya rhinitis, selain itu tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alergi musiman yang tidak ditangani dengan tepat juga akan memberikan dampak tidak menyenangkan. Ada beberapa orang yang bahkan harus berakhir di rumah sakit dan mendapat perawatan intensif agar tidak semakin membahayakan diri. Hal tak terduga semacam ini bisa saja ada dalam hidup, dan Anda harus menyiapkan banyak solusi cadangan untuk mengantisipasi adanya anggota keluarga yang sakit.

Di saat ada anggota keluarga yang terkena musibah, memiliki dana darurat sangat penting. Tapi apa jadinya jika ternyata Anda tak memiliki dana darurat yang dimaksud? Tentu akan sangat kebingungan ke sana kemari hanya untuk mencari pinjaman uang, terutama jika ternyata dana yang dibutuhkan nominalnya tidak sedikit. Namun, semakin canggihnya teknologi yang ada saat ini, membuat zaman semakin maju dan semuanya bisa dilakukan melalui ponsel.

Nah, hal ini juga termasuk ketika Anda membutuhkan pinjaman dana darurat saat terjadi musibah yang tidak diinginkan. Anda tak perlu merasa cemas sama sekali, karena saat ini sudah banyak sekali aplikasi pinjaman daring yang bisa dimanfaatkan, asal memenuhi semua syarat dan juga ketentuan yang diberlakukan oleh pihak aplikasi tersebut. Salah satu dari aplikasi pinjaman daring yang sangat direkomendasikan tak lain adalah Kredit Pintar, di mana ada beragam keuntungan yang akan Anda peroleh.

Kredit Pintar

Aplikasi ini menyediakan dana pinjaman mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta bagi pengguna yang memenuhi kualifikasi. Aplikasi tenar satu ini menyediakan pinjaman dana dengan limit tinggi dan tenor bervariasi. Apalagi pengajuannya pun sangat mudah dan tidak ribet, cukup mempersiapkan dokumen pendukung seperti KTP, foto selfie, dan beberapa data pribadi Anda lainnya, maka Anda sudah bisa meminjam sesuai kebutuhan.

Alasan mengapa aplikasi ini sangat direkomendasikan, karena aplikasi ini memang sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK yang membuat segala aktivitas keuangannya diawasi oleh lembaga tersebut. Artinya Anda akan aman serta tidak perlu khawatir ditipu dan sebagainya, mengingat ada banyak sekali oknum yang melakukan penipuan secara daring di internet. Mengunduh aplikasi ini pun gampang dan bisa ditemukan langsung di Play Store.

Itu dia beberapa hal yang bisa dijelaskan mengenai alergi musiman terkait dengan penyebab, gejala hingga cara menghentikannya. Anda harus senantiasa menjaga diri dan menghindar dari hal-hal yang dapat menjadi pemicunya, karena jika reaksi alergi bertambah parah maka Anda pun akan kesulitan karena harus ditangani secara serius oleh tenaga kesehatan. Tetap jaga kebersihan diri serta lingkungan dan jaga pula pola makan teratur agar tubuh tetap sehat sehingga membuat sistem imun menjadi kuat.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload