Perbedaan Mengatur Keuangan Saat Jomblo dan Berkeluarga

08 Apr 2018 by Edwin

Ada perbedaan mendasar ketika Sobat Pintar masih jomblo, dan ketika harus mengatur keuangan rumah tangga. Perbedaan ini menyebabkan beberapa orang cukup kaget dan tidak siap. Akibatnya, banyak rumah tangga yang harus menghadapi dilema di awal-awal membangun rumah tangga.

Adapun beberapa perbedaan dalam mengatur keuangan saat lajang dan saat berumah tangga antara lain adalah:

  1. Pengeluaran
    Pengeluaran saat berumah tangga akan sangat besar. Jauh lebih besar daripada saat Sobat Pintar masih lajang.Perbedaan ini umumnya disebabkan adanya alokasi keuangan untuk hal-hal seperti mempersiapkan dana menyambut kelahiran anggota keluar baru (anak/bayi).
  2. Kebutuhan
    Ada beberapa kebutuhan yang tidak ada saat masih lajang namun harus Sobat Pintar penuhi saat sudah berumah tangga, Begitu juga ada beberapa kebutuhan saat masih lajang, namun tidak lagi Sobat Pintar butuhkan saat sudah berumah tangga.Contoh kebutuhan yang muncul saat berumah tangga antara lain adalah dana pendidikan anak.

    Contoh kebutuhan yang tidak lagi muncul setelah berumah tangga antara lain dana untuk beberapa hobi yang dirasa sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan setelah menikah.

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Dalam mengatur keuangan rumah tangga, beberapa hal pokok yang wajib Sobat Pintar perhatikan meliputi 5 hal utama, yaitu:

  1. Membuat Daftar Pengeluaran untuk Sebulan Kedepan
  2. Memastikan Pengeluaran Tidak Lebih Besar dari Pendapatan
  3. Menyisihkan Sebagian Dana Sebagai Tabungan
  4. Membagi Tanggung Jawab Pengelolaan Dana antara Suami dan Istri
  5. Mencari Pendapatan Tambahan

Untuk dapat menghasilkan pendapatan yang tidak lebih besar dari pengeluaran, beberapa tips yang bisa Sobat Pintar lakukan antara lain adalah:

  1. Mencari pos pendapatan tambahan
  2. Menyusun skala prioritas pengeluaran
  3. Membagi pengeluaran ke dalam beberapa pos anggaran

Jika suatu pos anggaran menggunakan dana yang lebih besar daripada rencana, cara terbaik mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi penggunaan dana untuk pos anggaran lainnya.

Hindari Rentenir

Sobat Pintar perlu untuk menghindari mencari hutang dalam menambal defisit anggaran rumah tangga. Bagaimanapun juga, meminjam uang harus pintar.

Berhutang memang bisa jadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tetap stabil. Namun berhutang harus dilakukan secara bijak.

Sobat Pintar dapat mencoba manfaatkan fintech untuk mencari dana talangan (hutang). Beberapa manfaat yang bisa didapatkan diantaranya adalah:

  1. Bunga yang rendah
  2. Proses peminjaman yang mudah
  3. Proses peminjaman yang sangat cepat
  4. Dapat diajukan melalui online sehingga menghemat waktu

Selain keempat hal tersebut, pada umumnya fintech pun dapat menjadi solusi untuk konsultasi bagaimana mengatur keuangan rumah tangga.

Butuh pinjaman uang untuk men-support kebutuhan keluarga? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG

mobile-closeKredit PintarDownload