Hidup Sejahtera, Prioritaskan Mengatur Keuangan Keluarga

22 Mar 2018 by Edwin

Ketidaksiapan dalam mengatur keuangan keluarga dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah finansial. Terutama di saat munculnya kebutuhan-kebutuhan tidak terduga. Oleh sebab itu, mempersiapkan sedini mungkin merupakan satu-satunya pilihan wajib.

Beberapa masalah keuangan yang dapat muncul jika Sobat Pintar tidak sigap mengatur keuangan keluarga antara lain adalah:

  • Munculnya kebutuhan tidak terduga, namun dana yang ada ternyata tidak mencukupi
  • Masalah besar pasak daripada tiang (pengeluaran lebih besar dari pendapatan)
  • Berpotensi terjebak dalam hutang

Untuk dapat mengatur keuangan keluarga dengan baik, anda perlu untuk melakukan 3 hal paling penting, yaitu:

  1. Menentukan pengeluaran prioritas
  2. Mempersiapkan tabungan
  3. Mencari pendapatan tambahan

Pengeluaran Prioritas

Untuk dapat mengatur finansial keluarga, mengimplementasikan skala prioritas pada tiap-tiap jenis pengeluaran merupakan sesuatu yang wajib.

Jangan mengeluarkan dana untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

Siapkan Dana Tabungan

Berapapun pendapatan keluarga Sobat Pintar, sebaiknya sisihkan setidaknya 20% sebagai tabungan. Jangan pernah menghabiskan pendapatan bulanan.

Buatlah estimasi kapan dana tabungan ini boleh dipergunakan. Dan pastikan penggunaannya memang untuk keperluan yang mendesak, ataupun memang sangat dibutuhkan.

Beberapa keperluan yang memang sudah harus menggunakan dana tabungan di antaranya adalah:

  1. Sakit
  2. Kebakaran
  3. Adanya tawaran investasi

Mencari Pendapatan Tambahan

Pendapatan tambahan merupakan cara terbaik untuk mengatasi segala masalah finansial. Dalam mengatur pengeluaran di anggaran rumah tangga, jika terdapat masalah besar pasak daripada tiang, solusinya adalah dengan menambal defisit dengan mencari tambahan dana.

Untuk mengatur keuangan keluarga, saat dana defisit Sobat Pintar dapat mencoba membuka usaha yang sekiranya anda rasa akan memberikan keuntungan dalam jumlah yang besar. Namun jika anda terbentur dana, Sobat Pintar dapat mencari pinjaman uang sebagai pendanaan.

Meminjam uang harus pintar, agar tidak terjebak dalam skema hutang yang mencekik.

Anda dapat memanfaatkan Kredit Pintar sebagai fintech untuk meminjam uang secara online. Keuntungan penggunaan fintech dalam meminjam uang adalah prosesnya mudah, dan memiliki beban bunga yang relatif kecil.

Butuh pinjaman uang untuk men-support kondisi finansial keluarga? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG