Persiapkan Diri untuk Mengatur Keuangan Hari Raya Lebih Maksimal

26 Apr 2018 by Edwin

Tidak dapat dipungkiri hari raya memang menyenangkan. Sobat Pintar dapat berlibur dengan santai. Namun banyaknya kenaikan harga di hari raya membuat Sobat Pintar juga wajib mengatur keuangan hari raya lebih maksimal agar kondisi keuangan keluarga membaik.

Ada banyak sekali masalah jika Sobat Pintar lalai mengatur pengeluaran baik menjelang hari raya, maupun pasca hari raya. Adapun beberapa masalah yang kerap muncul tersebut antara lain adalah:

  • Keuangan yang minus sehingga tidak memiliki uang sama sekali
  • Munculnya kebutuhan tak terduga saat Sobat Pintar tidak memiliki uang yang cukup
  • Adanya perselisihan di antara anggota keluarga
  • Dan banyak masalah lainnya.

Untuk itu, mengatur keuangan hari raya perlu dilakukan secara matang, teliti, dan efektif. Adapun cara mengatur keuangan hari raya yang tepat adalah dengan:

  1. Tentukan Budget
    Sobat Pintar harus menentukan sejak awal berapa uang yang akan dikeluarkan untuk menyambut hari raya. Budget ini pun sebaiknya merupakan budget yang rasional, dalam artian tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil.

    Pastikan bahwa budget ini adalah budget yang akan benar-benar efektif.

  2. Simpan Uang Baik-Baik (Selain Budget)
    Selain uang yang sudah dianggarkan, simpan baik-baik sisa uang tersebut. Pastikan Sobat Pintar tidak menggunakan uang lebih dari budget yang sudah ditentukan.

    Pastikanlah Sobat Pintar menggunakan uang lebih dari budget yang sudah ditentukan hanya jika:

    – Terjadi hal-hal tidak terduga
    – Adanya kebutuhan yang sangat mendesak dan wajib untuk diberi prioritas

  3. Buat Pengaturan Pengeluaran Anggaran
    Budget yang sudah dikeluarkan harus Sobat Pintar bagi ke dalam biaya harian. Artinya, Sobat Pintar harus menentukan berapa besar pengeluaran harian.

    Pastikan Sobat Pintar sudah menyusun pengeluaran-pengeluaran untuk membeli apa saja. Pastikan pengeluaran tersebut memang bersifat wajib, seperti memberi oleh-oleh, ataupun biaya transportasi.

  4. Persiapkan Dana Cadangan
    Pastikan Sobat Pintar memiliki dana cadangan yang siap sewaktu-waktu dapat digunakan. Namun agar dana cadangan mencukupi, Sobat Pintar pun harus mencari informasi di mana mendapatkan dana tambahan dengan cepat dan mudah.

Fintech adalah solusi bagi Sobat Pintar yang membutuhkan dana cadangan untuk kebutuhan keuangan hari raya. Ada beberapa keuntungan dengan meminjam uang secara cerdas melalui aplikasi online yang disediakan perusahaan fintech. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah:

  • Proses peminjaman yang mudah dan cepat
  • Bunga yang relatif ringan
  • Dan bunga serta angsuran yang besarnya dapat ditentukan sendiri.

Butuh pinjaman uang untuk mempersiapkan segala kebutuhan hari raya? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22