Manfaat Daun Alpukat Ini Masih Belum Banyak diketahui!

23 Apr 2021 by kreditpintar
daun alpukat

Ada banyak rahasia tersembunyi di balik herbal atau tanaman yang telah tersedia di dunia ini. Perlu diketahui, ternyata manfaat herbal bisa memberikan dampak yang lebih ampuh daripada obat-obatan yang diracik secara kimia. Seperti misalnya manfaat daun alpukat, yang ternyata menyimpan banyak kebaikan untuk kesehatan kita. Apa saja sih manfaat daun dari buah lezat yang satu ini? Yuk simak uraian di bawah ini!

Sebagai Obat Alami Untuk Batu Ginjal

Apa yang terbesit di pikiran ketika mendengar penyakit batu ginjal? Tentu akan sangat mengerikan sekali, bukan? Yuk, jangan sampai kita dan orang-orang yang disayangi terkena batu ginjal. Daun alpukat ternyata teruji bisa mengobati penyakit batu ginjal. Cara untuk menyajikannya adalah dengan menjadikan daun alpukat sebagai seduhan teh.

Seduhan teh yang diracik dari daun alpukat ini mengandung banyak zat yang aktif untuk melawan dan memecah batu yang terbentuk pada ginjal di dalam tubuh. Kandungan-kandungan tersebut antara lain adalah saponin, flavonoid, dan alkaloid. Anda bisa meminum seduhan teh daun alpukat sebanyak 2 cangkir saja pada setiap harinya. Batu pada ginjal akan perlahan-lahan berkurang hingga akhirnya lenyap dan sembuh tanpa bekas dalam kurun waktu 10 hari saja!

Mengatasi Kencing Batu

Sama halnya dengan batu ginjal yang dapat dipecah oleh kombinasi kandungan zat baik yang ada pada daun alpukat, begitu pula dengan gangguankencing batu. Penderita kencing batu tentu akan merasa sangat tersiksa karena kesulitan untuk mengeluarkan urin yang diproduksi oleh tubuh. Anda bisa menyeduh 7 lembar dari daun alpukat yang masih segar ke dalam air mendidih sejumlah 110 ml.

Selagi masih hangat, segera minum seduhan daun alpukat tersebut sebanyak dua kali setiap harinya. Kandungan quercetin, polifenol, flavonoida, alkaloida, dan juga saponin yang lengkap pada tiap helai daun alpukat akan membantu proses pemecahan batu yang mengkristal dan menyumbat saluran kencing. Daun alpukat juga memiliki karakter diuretic yang terkenal bisa meluruhkan kencing serta efektif untuk melawan bakteri jahat.

Gejala Asma Dapat Diatasi dengan Daun Alpukat

Selanjutnya, gangguan kesehatan yang dapat diatasi oleh daun alpukat adalah gejala asma. Manfaat daun alpukat ini bisa dirasakan dengan membuat racikan seduhan untuk dikonsumsi secara rutin dan disiplin. Anda hanya perlu merebus air dengan 3 hingga 4 helai daun alpukat yang telah kering. Rebuslah selama kurang lebih berkisar 10 hingga 15 menit lamanya agar kandungan dalam daun tersebut dapat larut dengan air rebusan.

Selanjutnya, minumlah ketika gejala asma mulai menyerang penderita. Daun alpukat diketahui memiliki kandungan bernama senyawa fitokimia yang memiliki fungsi relaksasi sehingga dapat memberikan ketenangan di berbagai bagian dalam tubuh dan manfaat kesehatan lainnya. Ketika tubuh kita telah rileks, pikiran pun juga akan terkena efek tenang dan rileks dari senyawa fitokimia tersebut. Tidak heran apabila daun alpukat dapat mengatasi nyeri otot, sakit kepala, hingga kekakuan atau ketegangan pada otot-otot pernapasan yang memicu gejala asma terjadi.

manfaat buah alpukat

Menjaga dan Mengoptimalkan Kinerja Sistem Pencernaan

Manfaat daun alpukat dapat pula dirasakan pada rangkaian sistem pencernaan di dalam tubuh kita. Seperti yang kita ketahui, tiap-tiap lembar dari daun alpukat mengandung senyawa tanin, saponin, hingga flavonoid. Ketiga zat atau senyawa tersebut memiliki fungsi penting dalam melakukan penyeimbangan terhadap produksi asam pada lambung. 

Tidak heran apabila daun alpukat dikenal sebagai solusi bagi penderita maag dan nyeri lambung. Anda hanya perlu melakukan penyeduhan tiga helai hingga enam helai daun alpukat ke dalam satu gelas berisi air yang panas. Tunggu racikan seduhan tersebut sampai dingin atau sesuai suhu ruangan. Setelah itu, konsumsi lah air seduhan tersebut sampai habis. Lakukan sebanyak satu kali saja tiap harinya. 

Efek antiulserogenik yang timbul dari daun alpukat yang diseduh ini terbukti mampu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari maag atau nyeri lambung. Bagi Anda yang membatasi atau mengurangi konsumsi obat-obatan racikan kimia, tentu saja seduhan daun alpukat ini bisa menjadi solusi tepat untuk meredakan sakit maag yang Anda derita. 

Sebagai Penurun Alami Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi sangat kerap terjadi pada setiap orang. Namun karena tidak mudahnya merasakan gejala tekanan darah tinggi, banyak orang yang menjadi tidak waspada untuk menjaga tekanan darahnya agar tetap normal. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Gejala sakit kepala biasanya menyertai penderita tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi terjadi akibat adanya peningkatan tekanan pada aliran darah di dalam pembuluh darah. Peningkatan tekanan tersebut terjadi akibat hadirnya LDL atau jenis lemak jenuh yang menyebabkan kolesterol jahat memenuhi pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi bertekanan tinggi akibat penderita yang menderita kolesterol tinggi. Untuk mengatasinya, minumlah teh daun alpukat secara konsisten.

Anda bisa membuat racikan seduhan daun alpukat dengan memasukkan beberapa lembar daun alpukat secara secukupnya ke dalam air yang panas. Tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsi seduhan daun alpukat. Anda hanya perlu meminumnya sebanyak tiga kali saja tiap minggunya. Kuantitas konsumsinya bisa ditingkatkan sesuai dengan keluhan dan kebutuhan Anda. 

Daun alpukat diketahui dapat mendukung pengenduran pada pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tadinya berjalan tinggi dapat perlahan-lahan menjadi lebih rendah. Keampuhan dari efek menurunkan tekanan darah ini dihasilkan dari senyawa flavonoid yang terkandung di dalam daun alpukat. Segera seduh daun alpukat dan minum selagi hangat untuk menyeimbangkan tekanan darah Anda menjadi kembali normal!

Mengobati Penyakit Asam Urat

Asam urat tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Efek nyeri pada beberapa bagian tubuh akan sangat terasa sakit bagi penderita asam urat. Apalagi bagi penderita yang telah mencapai usia lanjut. Tentu saja akan menyulitkan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas. Untuk meredakan nyeri dan menghilangkan asam urat, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan dari daun alpukat.

Cuci bersih tujuh helai daun alpukat dan rebus lah ke dalam air mendidih sebanyak tiga gelas air. Biarkan proses perebusan tersebut sampai air yang tersisa hanya tinggal satu gelas saja. Lakukan penyaringan ampas daun alpukat, kemudian minumlah rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Anda bisa membagi satu gelas rebusan tersebut menjadi setengah gelas setiap kali minum sehingga dalam sehari bisa mengonsumsi sampai dua kali.

Beragam manfaat daun alpukat yang diuraikan di atas dapat menjadi referensi apabila Anda suatu saat atau saat ini tengah menderita suatu gangguan kesehatan. Penyakit yang bisa diatasi dengan daun alpukat antara lain seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, asam urat, batu ginjal, tekanan darah tinggi/hipertensi, dan kencing batu. Pastikan untuk mencuci dan membersihkan daun alpukat sebelum dilakukan perebusan sehingga akan aman dari berbagai bakteri dan virus yang mungkin menempel.

Baca juga manfaat buah naga yang tidak kalah baiknya untuk kesehatan.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload