Macam-macam Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh dan Kecantikan

12 May 2021 by kreditpintar
manfaat daun kelor

Tanaman kelor Moringa oleifera merupakan tanaman khas India utara yang beriklim sub tropis. Meskipun begitu, saat ini tumbuhan kelor dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia karena dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik. Tanaman kelor banyak ditanam di Madura, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kelor memiliki sejumlah manfaat mulai dari batang, daun hingga akarnya. Namun memang bagian tanaman yang paling bermanfaat dari tumbuhan ini berada di daunnya.  Banyak dari manfaat daun kelor yang dapat kita ambil mulai dari untuk kecantikan hingga untuk kesehatan tubuh. Bahkan menurut pengobatan tradisional India, Ayurveda bahwa tanaman kelor dapat menyembuhkan 300 penyakit. Maka tak heran jika tanaman ini disebut Miracle Tree. Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor

Menurunkan kadar radikal bebas 

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Tingginya kandungan antioksidan bermanfaat untuk menurunkan dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes dan penyakit Alzheimer. 

Mengatasi gizi buruk 

Dalam 100 gr daun kelor mengandung kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding sumber makanan yang lain, seperti :

Graphical user interface, text, application

Description automatically generated

Kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan juga memiliki 18 asam amino membuat daun kelor menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi gizi buruk di negara-negara Afrika. Hanya dengan mengkonsumsi 100 gr daun kelor kita mendapatkan banyak sekali nutrisi dari sayur-sayur yang lain. 

Mencegah penyakit ginjal 

Sudah banyak penelitian terhadap manfaat daun kelor tidak terkecuali kebaikan daun kelor bagi ginjal. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak etanol daun kelor dapat menurunkan kerusakan sel ginjal. Karena daun kelor memiliki kandungan antioksidan dan senyawa  flavonoid maka kedua hal tersebut sangat baik untuk mencegah penyakit ginjal. 

Mengatasi penyakit pencernaan 

Salah satu cara mengkonsumsi daun kelor adalah dengan merebus daun kelor dan menjadikannya teh daun kelor.  Teh daun kelor yang cair dan mudah dicerna oleh tubuh membuat manfaat anti-inflamasi teh daun kelor bekerja dengan cepat untuk mengobati penyakit pencernaan seperti maag dan gerd. 

Menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas 

Teh daun kelor yang memiliki senyawa Benzyl Isothiocyanate telah membuktikan bahwa bisa mengendalikan berat badan, perlemakan hati dan resistensi insulin pada penelitiannya. Selain itu teh daun kelor memiliki efek yang baik bagi peningkatan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lemak dengan lebih efektif. 

Memperbaiki kulit wajah 

Selain itu ada juga kebaikan daun kelor yang paling disukai oleh kaum perempuan, yaitu dapat mengatasi masalah-masalah kulit wajah mulai dari jerawat, flek hitam, menghaluskan wajah, serta dapat mencerahkan kulit wajah. Kandungan anti-inflamasi pada daun kelor dapat menenangkan jerawat yang sedang meradang, serta juga meredakan kemerahan pada wajah.

Kemudian kandungan vitamin C daun kelor yang sangat tinggi dapat mengatasi flek hitam karena bekas jerawat dan juga dapat mencerahkan kulit wajah. Uniknya, vitamin C yang terkandung dalam daun kelor bukan vitamin C yang asam sehingga efek samping vitamin C yang dialami sebagian orang seperti tingling sensation dapat diminimalisir. 

Lalu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat memperbaiki sel-sel kulit wajah sehingga sel kulit yang berada di wajah merupakan sel yang sehat dan optimal. Sel kulit yang sehat dan optimal dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Poin-poin di atas adalah sejumlah manfaat daun kelor yang dapat kita rasakan. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit berat di masa depan dan juga dapat kita dapat langsung merasakan manfaatnya.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload