Life Skills Penting Yang Nggak Diajarkan di Sekolah!

25 Oct 2018 by Edwin

Basic life skills atau keterampilan hidup dasar memang hal yang jarang dibicarakan. Meski nggak kelihatan seperti keterampilan melukis atau keterampilan memasak, nyatanya life skills sangat diperlukan untuk dapat bertahan hidup. Mungkin beberapa butir life skills sudah pernah diberikan orang tua Sobat Pintar ketika masih kecil dulu. Namun dengan berubahnya zaman, life skills pun berubah untuk menyesuaikan perkembangannya. Bahkan sekolah yang jadi tempat kita belajar selama 12 tahun nggak ada yang ngajarin life skills yang relevan dengan hidup sekarang.

Sekolah cuma ngajarin Sobat Pintar buat menabung, mengikuti peraturan yang ada, dan belajar dari sumber tertulis kemudian diujikan dalam ujian tiap semester. Selama ini, belum ada kurikulum sekolah yang ngajarin life skills dasar seperti cara menghitung pajak penghasilan atau sikap yang baik saat bertemu calon mertua. Jadi apa aja sih life skills yang wajib Sobat Pintar miliki di zaman sekarang?

Menerima Perubahan

Perkembangan zaman melahirkan banyak pemahaman dan inovasi baru. Ya kalau ini tergantung Sobat Pintar menyortir dan menerimanya. Namun salah satu life skills penting yang wajib dimiliki adalah terbuka terhadap perubahan. Contoh konkretnya adalah terbuka dengan kemajuan digital. Kalau zaman dulu transaksi masih dilakukan dengan uang kartal, kalau sekarang dengan ponsel saja sudah bisa beli macem-macem. Sekarang juga hanya dengan ponsel Sobat Pintar udah bisa dapat pinjaman uang atau mulai investasi tanpa perlu datang ke bank.

Selain menawarkan kemudahan, era digitalisasi juga melahirkan sosial media yang menjadi wadah orang menyampaikan opini secara bebas. Memang menyenangkan, tapi juga bisa jadi sumbernya masalah. Sobat Pintar perlu memahami etika digital agar bijak dalam bermain sosial media. Yang paling penting dari semuanya sih keterbukaan untuk terus belajar seiring kemajuan zaman.

Kemampuan Negosiasi

Setelah lulus sekolah dan terjun ke dunia kerja, ada satu life skill yang Sobat Pintar harus kuasai, yaitu kemampuan bernegosiasi. Negosiasi jadi hal yang krusial, terutama di dunia kerja agar Sobat Pintar tidak dibodohi dan dimanfaatkan! Selain itu, negosiasi juga penting agar Sobat Pintar mendapatkan hal yang diinginkan meskipun dalam situasi sulit.

Contoh yang bisa Sobat Pintar langsung terapkan adalah penggunaan kata “karena”. Bayangkan Sobat Pintar ingin menggunakan mesin fotocopy namun harus antri dua atau tiga orang. Coba Sobat Pintar bilang dengan lugas kalau ingin menggunakan mesin fotocopy duluan. Nggak ada yang mau ngalah pasti! Tapi kalau bilang seperti ini, “Maaf, bisa saya duluan? Karena saya mau fotocopy,” persentase orang lain untuk mengalah lebih besar. Dengan menyebut kata “karena”, statement Sobat Pintar otomatis lebih kuat meskipun alasan setelah kata “karena” hanya pengulangan makna saja. Cobain deh!

Mengatur Keuangan

Memang sering sih kita mendengar guru waktu sekolah dulu yang bilang kalau kita harus berhemat. Tapi nggak ada yang bener-bener ngajarin life skills mengendalikan hasrat konsumtif dan pengeluaran, apalagi setelah hari gajian. Yang ada guru kita mengajarkan untuk berhemat dan menabungkan uangnya. Padahal Sobat Pintar tahu sendiri kalau menabung sekarang udah cara yang nggak menguntungkan dalam hal menyimpan uang. Belum lagi tuntutan zaman yang mengharuskan Sobat Pintar untuk mulai investasi. Belum ada pelajaran sekolah yang menyebutkan secara gamblang pentingnya investasi, sekaligus memotivasi muridnya untuk mulai investasi sejak dini!

Setiap Orang Punya Waktunya Masing-Masing

Semakin bertambah usia maka semakin banyak pula godaan yang muncul dari lingkungan sekitar. Mungkin sudah banyak teman Sobat Pintar yang sudah menikah dan mengunggah foto-foto pernikahannya ke media sosial. Atau sudah ada teman yang mampu beli rumah dan Sobat Pintar diundang ke acara syukuran rumah barunya.

Nggak perlu kecil hati!

Semua ada waktunya, Sobat Pintar juga pasti menikah dan jadi orang kaya pada waktunya. Kuncinya: jangan membandingkan hidup Sobat Pintar dengan hidup orang lain! Life skills untuk bersabar dan bersyukur merupakan kunci kebahagiaan di era ini.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?