Lakukan Self Care Demi Kesehatan Dengan 2 Cara Ini

30 Jun 2021 by Laruan
Lakukan Self Care Demi Kesehatan Dengan 2 Cara Ini

Istilah self care sebenarnya tidaklah baru, walaupun sekarang kembali digaungkan untuk mengingatkan setiap orang akan pentingnya merawat diri sendiri. Salah satu tokoh yang membawa konsep self care ini adalah Dorothea Orem, yang telah memperkenalkannya dalam ilmu keperawatan sejak tahun 1971. Pada awalnya, ini hadir sebagai salah satu metode dalam ilmu keperawatan dengan cara mengandalkan diri sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, ini menjadi hal yang lumrah dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari oleh siapapun termasuk Sobat Pintar.

Orem mengatakan bahwa self care merupakan sebuah perilaku yang bertujuan untuk menjaga pola kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan dengan baik. Dengan dilakukannya self care secara tepat, itu dapat membantu Sobat Pintar untuk membentuk struktur dan fungsi dirimu sebagai manusia yang mana pada akhirnya berkaitan dengan perkembangan diri Sobat Pintar sendiri.

Helen L. Coons, seorang psikolog spesialisasi kesehatan perilaku dan kesejahteraan wanita Fakultas Kedokteran Universitas Psikiatri di Aurora, Colorado, menambahkan bahwa self care merupakan cerminan diri kita dalam menjaga diri yang paling mendasar guna mencapai kesejahteraan spiritual diri. Self care juga dapat dikatakan sebagai sebuah metode yang dilakukan untuk melatih fisik dan emosi, kepentingan profesional, edukasi, serta tujuan-tujuan lainnya. 

Merujuk pada pengertian yang telah disampaikan oleh beberapa ahli, dapat disimpulkan bahwa self care merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk tetap menjaga dirinya dalam kondisi yang sehat baik secara jasmani maupun rohani. Self care dilakukan demi kepentingan diri sendiri, yang mungkin secara tidak langsung kurang diperhatikan. Padahal ini tentang diri sendiri, tapi masih banyak yang tidak mencurahkan perhatian penuh terhadap dirinya sendiri. Apakah Sobat Pintar juga salah satunya?

Apabila Sobat Pintar mulai merasa tidak memperhatikan diri Sobat Pintar seutuhnya, sudah saatnya berhenti melihat sekeliling dan cobalah untuk melihat diri sendiri. Mungkin selama ini Sobat Pintar terlalu sibuk memperhatikan orang lain sampai lupa bahwa diri Sobat Pintar juga sepatutnya diberi perhatian. Menerapkan self care untuk diri Sobat Pintar pastinya menghantarkan beberapa kegunaan baik. Selain itu, self care juga dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tepat.

Inilah kegunaan dan cara melakukan self care dapat Sobat Pintar ketahui dan terapkan.

Manfaat Self care

Melakukan perawatan terhadap diri sendiri tidak mungkin dilakukan tanpa adanya alasan. Self care dilakukan atas dasar ingin menghasilkan dampak positif yang akan dirasakan oleh diri Sobat Pintar sendiri. kegunaan-kegunaan yang dapat Sobat Pintar rasakan ketika melakukan self care adalah sebagai berikut:

1. Menjauhkan diri dari rasa stress

Sebagai makhluk hidup yang menjalankan rutinitas kehidupan, sudah pasti akan merasakan lelah di tengah-tengah kehidupan yang sedang dijalankan. Istirahat sudah pasti dibutuhkan untuk melepas rasa lelah Sobat Pintar yang sudah beraktivitas seharian, namun istirahat cenderung hanya berdampak pada fisik saja. Ketika sudah selesai istirahat, pikiranmu yang juga sebenarnya lelah tidak semudah itu untuk diistirahatkan. Beban pikiran akan selalu ada, namun bisa dikondisikan dengan cara merawat diri untuk menyehatkan kembali fisik dan batin Sobat Pintar yang lelah.

Self care dapat Sobat Pintar lakukan agar beban pikiran Sobat Pintar tidak membludak dan berakhir menjadi stressed. Ingat, Sobat Pintar dapat dikatakan sehat apabila tidak hanya fisiknya saja, namun juga pikiran Sobat Pintar yang tidak terpenuhi oleh beban. Self care akan sangat berkegunaan untuk menghindari rasa stress yang kapanpun bisa saja terjadi terhadapmu.

Menjauhkan diri dari rasa stress

2. Melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk rutinitas

Melakukan rutinitas sehari-hari kemungkinan besar dapat menimbulkan rasa bosan yang melanda. Bagaimana tidak? Setiap harinya Sobat Pintar cenderung melakukan aktivitas yang sama dan diberi kelonggaran untuk melakukan aktivitas lainnya hanya dalam waktu dua hari, alias hari libur. Maka, tidak heran apabila Sobat Pintar merasa bosan dan besar sekali keinginannya untuk melakukan hal-hal lain yang dapat melepas penat kebosanan tersebut.

Self care berguna untuk menjauhkan diri Sobat Pintar sejenak dari kegiatan rutinitas yang membuatmu bosan dan tidak bergairah. Sobat Pintar akan merasa lebih tenang dan secara tidak langsung mengistirahatkan diri Sobat Pintar.

Cara melakukan self care

Manfaat self care yang telah Sobat Pintar baca dapat Sobat Pintar wujudkan dengan melakukan beberapa cara. Cara melakukan self care harus memperhatikan skalanya juga, tidak bisa dilakukan secara berlebihan atau nanti penerapannya tidak sesuai dengan apa yang Sobat Pintar inginkan. Self care dapat dengan mudah Sobat Pintar lakukan, beberapa cara untuk mewujudkannya adalah:

1. Meluangkan waktu untuk me time

Cara ini adalah cara yang paling tepat untuk bermanja dengan diri sendiri. Me time tidak membutuhkan orang lain, hanya Sobat Pintar dan dirimulah yang akan menikmati waktu bersama. Saatnya memikirkan diri sendiri karena disaat itulah Sobat Pintar bisa melakukan apapun. Sobat Pintar bisa merawat diri dengan pergi ke salon untuk spa dan perawatan lainnya, Sobat Pintar bisa pergi ke bioskop atau taman kota yang bisa membuatmu menikmati segala hal, dan Sobat Pintar juga bisa belanja barang-barang yang sudah Sobat Pintar masukkan ke dalam daftar agar Sobat Pintar merasa senang. 

Sobat Pintar tidak perlu khawatir apabila Sobat Pintar merasa tidak bisa membelanjakan beberapa barang yang sudah Sobat Pintar inginkan itu. Kredit Pintar bisa menjadi jawaban untuk Sobat Pintar yang membutuhkan pinjaman uang. Kredit Pintar memiliki layanan yang mudah untuk dilakukan dan merupakan lembaga yang terpercaya karena aktivitasnya yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Belanja beberapa barang yang membahagiakan dapat membantu Sobat Pintar merawat diri dengan timbulnya rasa senang dan antusias serta terlepasnya sementara Sobat Pintar dari rutinitasmu setiap harinya.

2. Menjalani hidup sehat

Cara yang satu ini akan lebih terasa manfaatnya apabila dihubungkan dengan kesehatan fisik. Benar saja, karena yang dimaksud dengan hidup sehat di sini adalah bagaimana caranya Sobat Pintar dapat merawat dirimu untuk tetap sehat. Hidup sehat pastinya menjauhkan dirimu dari hal-hal yang membahayakan kesehatan fisik, seperti tidak mengkonsumsi narkoba dan alkohol dengan kadar yang berlebih. Dengan memiliki fisik yang paripurna, maka dapat dikatakan bahwa Sobat Pintar sudah menjaga diri Sobat Pintar dengan baik.

Dalam memelihara kondisi fisik agar tetap terasa terawat, hidup sehat juga dapat dipicu dengan beberapa kegiatan menyehatkan, salah satunya adalah berolahraga. Sobat Pintar dapat rutin berolahraga dengan mendatangi gimnastik (gym) dan mendaftarkan diri untuk keanggotaannya. Dalam hal ini, Kredit Pintar juga dapat membantu Sobat Pintar dengan memberikan pinjaman uang setiap bulannya, dengan bunga yang rendah dan syarat yang tidak memberatkan Sobat Pintar tentunya.

Self care tidak hanya menyasar pada kondisi fisik Sobat Pintar yang harus dirawat agar tetap sehat, namun juga kondisi pikiran atau mental Sobat Pintar yang tidak kalah pentingnya harus diprioritaskan. Melakukan banyak hal sendiri di kala me time serta menjalani hidup sehat adalah beberapa cara yang dapat Sobat Pintar terapkan untuk self care. Tidak lupa pula bahwa ini sangat penting untuk menghindari Sobat Pintar agar tidak stress dan juga tidak merasa bosan akan rutinitas sehari-hari yang sudah cukup membuatmu lelah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload