Kisah Horor Menara Saidah, Ada Yang Dapat Panggilan Interview di Sini

24 Jan 2022 by Pintar Discover, Last edit: 25 Jan 2022

Pernah dengar Menara Saidah? Menara ini terletak di Jakarta dan terkenal angker.

Gedung yang didirikan pada tahun 1995 – 1998 oleh PT Hutama Karya ini merupakan gedung tertinggi yang dibangun oleh kontraktor tersebut. Gedung ini dimiliki oleh PT Mustika Ratu atas nama Mooryati Soedibyo. Gedung ini kosong mulai 2007 karena bangunan memiliki kemiringan yang berbahaya bila ditinggali.

Terletak di kawasan perkantoran Jl. MT Haryono, Jakarta, sebelumnya bernama Gedung Gracindo. Desain ala Romawi dengan pilar-pilar berukuran besar ini sempat viral di September – Oktober 2019 karena cerita horor yang ada peyewa.

Gedung ini kosong cukup lama karena tidak ada menyewa. Ada kabar yang menyatakan bahwa bangunan pencakar langit ini miring karena kesalahan konstruksi.

Dulu disewa berbagai perusahaan

Menara Saidah sempat disewa oleh berbagai lembaga seperti BNI, ANTV, dan Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Wilayah Timur Indonesia. Tapi, sekarang sudah tidak ada yang menyewa.

Walaupun sudah lama kosong, ada beberapa orang yang masih mendapatkan berbagai undangan interview dan melihat aktivitas perkantoran setiap harinya.

1. Diundang interview di tahun 2022

Gedung ini sudah cukup lama nggak beroperasi, tapi masih ada yang mendapatkan undangan interview pekerjaan!

2. Interview di lantai 13

Saat gedung ini masih dibuka, banyak sekali orang yang datang ke gedung ini untuk interview di lantai 13. Padahal, gedung ini tidak memiliki lantai 13, hanya sampai 12. Perusahaan yang mengundang pun tidak menyewa kantor di Menara Saidah. Ada satu kisah yang paling terkenal, ada satu orang yang diundang interview dan langsung masuk tanpa tanya-tanya satpam. Ia langsung naik ke lantai 13 dan menemukan sebuah kantor dengan suasana kantor seperti biasa. Semua terlihat normal. Mulai dari karyawan, satpam, cleaning, service, dan lain-lain.

Setelah menunggu lama, interviewer tidak datang. Karena sudah menunggu 3 jam, kandidat ini keluar dari kantor. Tiba-tiba, kantor yang dilihat oleh kandidat ini sudah dalam kondisi kosong dan gelap. Ia panik dan lari ke lift dan turun ke lobby.

Akhirnya dia bertemu satpam, satpam berkata kalau di Menara Saidah tidak ada lantai 13 dan perusahaan yang mengundang interview adalah perusahaan fiktif. Kandidat langsung mengecek lift, tombol lantai 13 sudah tidak ada lagi, adanya tombol 12B.

Kalau kamu pernah mendengar film “Lantai 13,” film ini terinspirasi dari kisah interview di Menara Saidah, lho! Cek di bawah ini kalau kamu kepo dengan trailernya!

3. Rumornya, jadi tempat bunuh diri

Banyak rumor mengapa gedung perkantoran ini dianggap horor. Versi yang paling banyak diterima, gedung ini memiliki banyak karyawan yang bunuh diri karena beban pekerjaan yang terlalu berat. Ada juga yang mengatakan kalau pemilik gedung mengikuti pesugihan saat membangun gedung. Yang paling terkenal, banyak yang mengatakan kalau banyak pekerja yang tewas saat pembangunan gedung berlangsung.

Rumor diduga sengaja dihembuskan

Sobat Pintar, sebenarnya sudah trik lama kalau pemilik tanah kosong atau rumah tua dengan sengaja menghembuskan cerita angker. Nggak heran, banyak properti yang bermasalah biasanya dianggap angker. Misalnya, Menara Saidah, Rumah Kentang Dharmawangsa, rumah kosong Pondok Indah, dan lain sebagainya. Isu ini sengaja dihembuskan supaya properti ini tidak diganggu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab tanpa perlu mengeluarkan jasa sewa pengamanan dengan biaya yang sangat besar.

Apapun yang terjadi di Menara Saidah, walaupun tidak disadari, sebenarnya kita hidup berdampingan dengan makhluk lain. Alangkah baiknya kita menghargai satu sama lain dan hidup berdampingan dengan damai. Kalau kamu mendapat panggilan interview, cek kembali lokasi dan perusahaan yang memanggilmu. Jangan sampai kamu malah datang interview ke gedung kosong dan perusahaan fiktif ya!

25 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download