Ketahui 5 Manfaat Santan untuk Tubuh Anda dan Tips Menyimpannya

Ketahui 5 Manfaat Santan untuk Tubuh Anda dan Tips Menyimpannya

03 Jun 2021 by kreditpintar
Ketahui 5 Manfaat Santan untuk Tubuh Anda dan Tips Menyimpannya

Santan merupakan olahan dari kelapa yang digunakan untuk makanan atau minuman. Biasanya, santan digunakan sebagai pelengkap agar cita rasa makanan atau minuman semakin nikmat. Namun, ada beberapa orang yang menghindari konsumsi santan karena dianggap memicu kolesterol. Sebenarnya, hal itu tidak sepenuhnya benar. Ada banyak manfaat santan yang baik untuk tubuh. 

Apakah benar santan punya manfaat?. Ya, santan memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Bagi Sobat Pintar yang belum mengetahui manfaat santan, Sobat Pintar bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

1. Menjaga berat badan

Manfaat santan yang pertama adalah untuk menjaga berat badan. Kandungan medium-chain triglycerides atau yang biasa dikenal sebagai lemak sehat dapat mengurangi nafsu makan. Lemak dalam tubuh akan dibakar, sehingga berat tubuh tetap ideal. Namun, Sobat Pintar harus mengkonsumsi santan murni agar berat badan bisa tetap terjaga. 

2. Kekebalan tubuh

Tahukah Sobat Pintar jika kegunaan santan bisa berpengaruh terhadap kekebalan?. Zat asam laurat yang ada pada santan dapat memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, santan juga bermanfaat untuk menjaga kuman baik (probiotik) di saluran pencernaan.

3. Melancarkan pencernaan

Seseorang yang sulit mencerna laktosa (lactose intolerant) dapat beralih ke santan. Santan diyakini memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengganggu pencernaan. Santan juga dikenal mampu meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

4. Menjaga kolesterol

Santan justru dapat menjaga kolesterol baik dalam tubuh. Santan tidak mengandung kolesterol jahat, malah justru bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Agar kegunaan santan bisa diperoleh dengan baik, hindari mengkonsumsi santan dengan gula atau makanan tinggi kolesterol, misalnya jeroan atau daging berlemak.

5. Kesehatan tulang terjaga

Kandungan yang ada pada santan murni dapat membuat tulang kuat. Kalsium dan fosfor yang ada pada tulang dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi santan, Sobat Pintar dapat menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hingga rematik.

Sudah banyak makanan dan minuman yang menggunakan santan. Namun, ada beberapa hal yang perlu Sobat Pintar perhatikan agar manfaat santan tidak hilang. Cara ini bisa Sobat Pintar lakukan sebelum mengonsumsi santan. 

Tips Agar Manfaat Santan Tidak Hilang

Pertama, pastikan santan yang Sobat Pintar konsumsi merupakan santan murni. Santan murni memiliki kandungan yang masih asli, sehingga tidak merusak kandungan dari santan. Lebih baik Sobat Pintar membeli santan yang masih berbentuk kelapa yang sudah diserut, jadi Sobat Pintar bisa memastikan keasliannya. 

Kedua, jika tidak membeli santan yang masih berbentuk kelapa, Sobat Pintar perlu memilih santan yang pada produk santan mengandung berbagai nutrisi. Pada kemasan dapat Sobat Pintar lihat komposisi yang terkandung. Misalnya mengandung serat, omega 3 dan omega 6, bebas kolesterol, serta rendah kalori sehingga baik untuk tubuh.

Ketiga, pola makan. Pola makan yang sehat juga harus didukung dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik. Jika Sobat Pintar melakukan hal tersebut Sobat Pintar akan memiliki tubuh yang sehat.

Kegunaan santan akan berpengaruh pada tubuh jika diimbangi makanan lain yang juga sehat. Jika Sobat Pintar sudah berusia 40 tahunan keatas, memang sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi santan, namun bukan berarti tidak diperbolehkan. Meskipun mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang terkandung pada santan adalah lemak nabati yang sehat. Artinya, santan tidak mengandung  lemak jahat (LDL). Santan juga mengandung vitamin B dan antioksidan yang cukup tinggi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk