Ketahui 5 Manfaat Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh

09 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 09 Jul 2021

Royal Jelly adalah salah satu hasil lebah paling populer. Ini adalah makanan untuk ratu lebah dan larvanya. Bentuknya seperti krim berwarna putih dan memiliki nutrisi yang tinggi. Manfaat royal jelly untuk kesehatan telah dipercaya oleh banyak orang sejak lama. Oleh karena itu peternak lebah mengambil royal jelly untuk dijual ke pasaran.

Berdasarkan penelitian, nutrisi dalam royal Jelly memang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, masih sedikit bukti yang mengatakan bahwa manfaat tersebut benar-benar didapat dari royal jelly.

Pada artikel kali ini kita akan membahas manfaat royal jelly bagi kesehatan.

royal jelly

5 Manfaat Royal Jelly

Bermacam-macam nutrisi ada di sini

Kandungan yang terdapat di dalam royal jelly bermacam-macam seperti air, karbohidrat, protein dan lemak. Kandungan dari royal jelly secara menyeluruh memang belum diketahui, namun kegunaan royal jelly bagi kesehatan dipercaya didapatkan dari protein dan asam lemaknya.

Selain itu royal jelly juga mengandung beberapa jenis vitamin B, yaitu:

  1. Tiamin (B1)
  2. Riboflavin (B2)
  3. Asam pantotenat (B5)
  4. Pyridoxine (B6)
  5. Niasin (B3)
  6. Asam folat (B9)
  7. Inositol (B8)
  8. Biotin (B7)

Mempercepat penyembuhan luka

Menurut salah satu penelitian, kegunaan royal jelly adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa royal jelly meningkatkan pergerakan dari fibroblast pada luka. Fibroblast adalah sel yang bekerja untuk menyembuhkan luka.

Penelitian dilakukan dengan cara mengoleskan royal jelly pada luka dan mendiamkannya selama 2 hari. Hasilnya, luka tertutup dan kering lebih cepat.

Mengurangi risiko sakit jantung

Manfaat royal jelly selanjutnya adalah menurunkan kolesterol sehingga mengurangi risiko terkena sakit jantung. Walaupun belum benar-benar jelas, namun ada protein khusus dalam royal jelly yang dipercaya menurunkan kolesterol. 

Penelitian kepada orang yang mengkonsumsi 3 gram royal jelly setiap hari selama satu bulan menunjukkan bahwa total penurunan kolesterol sebesar 11% dan penurunan kolesterol LDL “jahat” sebesar 4%.

Walaupun tampaknya menjanjikan, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti kegunaan royal jelly bagi kesehatan jantung.

Menurunkan tekanan darah

Selain melindungi jantung dari kolesterol, royal jelly juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh yang juga baik untuk jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein khusus pada royal jelly merelaksasi otot polos pembuluh darah dan arteri sehingga menurunkan tekanan darah.

Meredakan gejala menopause

Penelitian pada tahun 2011 melihat efek dari kombinasi 4 bahan alami, salah satunya royal jelly, pada gejala menopause. Kapsul berisi 4 bahan alami dan placebo diberikan dua kali sehari selama empat minggu kepada 120 wanita dengan gejala menopause secara acak.

Hasilnya, gejala menopause pada semua 120 wanita tersebut mereda, namun untuk wanita yang meminum kapsul berisi 4 bahan alami termasuk royal jelly menunjukkan hasil yang lebih baik.

Royal jelly yang tersedia di pasaran memiliki berbagai macam bentuk. Royal jelly murni yang belum diproses ada yang berbentuk seperti gel, ada juga yang seperti zat beku. Jika sudah diproses, bisa berbentuk bubuk yang dimasukkan ke kapsul dan dicampur dengan bahan lain. Cara menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, bisa diminum atau dioleskan ke kulit.

Belum ada petunjuk resmi mengenai dosis pemakaian royal jelly. Jika Sobat Pintar ingin memulai menggunakan royal jelly, mulailah dari dosis kecil. Jika mengalami reaksi alergi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa kegunaan royal jelly yang bisa Sobat Pintar dapatkan. Tertarik untuk mencoba? Sobat Pintar bisa mendapatkan produk royal jelly yang banyak dijual di pasaran. Daftarkan diri ke Kredit Pintar sekarang untuk mendapatkan dana cepat agar dapat membeli royal jelly dan merasakan manfaatnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Jul 2021
mobile-closeKredit PintarDownload