Kenali Sejak Dini Ciri Orang Perfeksionis Berikut Ini!

13 Jul 2021 by Laruan

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Salah satu karakter yang paling familiar dikenal yaitu perfeksionis. Ciri orang perfeksionis pada umumnya ditandai dengan sifat ambisi yang cenderung tinggi dibandingkan orang lain karena mereka ingin segala sesuatunya berjalan sempurna sesuai dengan definisi sempurna yang diharapkannya. Orang yang memiliki karakter ini memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. 

Kenali Sejak Dini Ciri Orang Perfeksionis Berikut Ini!

Kelebihan dari orang berkarakter perfeksionis adalah keinginannya yang kuat sehingga tidak mudah menyerah ketika menemui rintangan. Mereka juga cenderung terus mencoba ketika menemui kegagalan hingga akhirnya bisa mencapai apa yang direncanakannya. Biasanya, orang perfeksionis juga sangat mahir dalam menyusun rencana sebaik mungkin.

Kekurangan dari orang berkarakter perfeksionis adalah risiko terkena stress hingga depresi apabila usaha yang dilakukannya tidak kunjung tercapai sesuai dengan rencana yang diharapkannya. Jika ada sedikit saja yang keluar dari rencananya, seorang perfeksionis juga cenderung akan merasa stress dan mudah menyalahkan orang lain. Untuk lebih mengetahui secara lebih lanjut apa saja ciri orang perfeksionis, simak uraian berikut ini!

  1. Tidak Mudah Mempercayai Orang Lain

Ciri pertama dari seorang perfeksionis adalah sifat tidak mudah percaya dengan orang lain. Orang yang perfeksionis menganggap bahwa orang lain berisiko mengacaukan rencana yang telah disusunnya. Apa yang dilakukan orang lain belum tentu memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan ekspektasi dari si perfeksionis.

Oleh karena ciri ini, orang yang perfeksionis lebih memilih untuk mengerjakan sendiri suatu pekerjaan daripada harus berisiko merusak rencananya hanya karena hasil kerja orang lain yang tidak sesuai dengan ekspektasinya. Orang yang perfeksionis sangat memilih secara teliti orang yang dapat dijadikan partner untuk bekerja sama.

  1. Orang Perfeksionis Mempunyai Standar yang Tinggi dan Sempurna

Ciri orang perfeksionis yang selanjutnya adalah mempunyai standar yang tinggi dan serba sempurna. Dikarenakan harapannya akan segala sesuatu berjalan secara sempurna, maka seorang perfeksionis menetapkan berbagai standar dengan nilai yang tinggi. Standar yang rendah hanya akan merusak rencana seorang yang perfeksionis. 

  1. Perhatian Tinggi Terhadap Detail

Orang dengan karakter ini cenderung mengharapkan hasil pekerjaannya sempurna, oleh karena itu mereka sangat memperhatikan setiap detail atau rinci yang menjadi bagian dari pekerjaan yang sedang atau akan dilakukannya. Dengan perhatian tinggi terhadap detail, mereka bisa terhindar dari celah yang berpotensi merusak hasil kerja.

  1. Cenderung Mengerjakan Sesuatu Dalam Waktu yang Lama

Orang yang perfeksionis akan menyusun rencananya dengan sangat rinci dan matang. Oleh karena itu, sebelum mengerjakan sesuatu, mereka sudah menghabiskan banyak waktu untuk menyusun rencananya terlebih dahulu. Ketika pekerjaan telah mulai dikerjakan pun mereka juga akan sangat hati-hati dan kerap mereview ulang setiap langkah kerjanya apakah sudah sesuai dengan standar ataupun belum.

Biarpun lama, orang yang perfeksionis akan menghasilkan hasil pekerjaan yang sangat berkualitas karena minimnya error atau kesalahan yang dilakukan selama proses pengerjaan. Tetapi apabila mereka menemui kendala selama proses, orang yang perfeksionis akan cenderung kebingungan karena di dalam rencana mereka, belum ada cara penyelesaian terhadap kendala-kendala tersebut.

Demikian lah beberapa ciri orang perfeksionis yang perlu untuk diketahui. Setelah mengenal ciri-ciri di atas, Sobat Pintar bisa mulai mengidentifikasi kepribadian yang Sobat Pintar miliki apakah tergolong sebagai seorang yang perfeksionis atau justru sebaliknya. Kenal dan terima apa adanya karakter diri Sobat Pintar. Dengan demikian, Sobat Pintar bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan diri Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk