Kenali 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh Anda

18 Jun 2021 by kreditpintar
Kenali 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tomat merupakan bahan makanan yang sangat umum digunakan dalam masakan. Selain sebagai lalapan peneman nasi, tomat juga digunakan sebagai bahan bumbu masakan dan diolah menjadi saus tomat. Lantas bagaimana manfaat tomat bagi tubuh?

Manfaat Tomat Bagi Tubuh

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Salah satu fitur utama dari tomat adalah warna merahnya. Ternyata, warna merah tomat diberikan oleh antioksidan bernama likopen. Tidak hanya menjadi fitur utama pada tampilan fisik tomat, likopen juga menjadi fitur utama keunggulan tomat bagi kesehatan tubuh,

Sebagai antioksidan, likopen berguna menyerang radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, likopen juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Sebuah studi mendapatkan bahwa konsumsi 25 mg likopen dalam satu hari dapat mengurangi kolesterol LDL sebesar 10%. Nilai ini sebanding dengan efek statin dosis rendah yang diberikan pada pasien-pasien kolesterol.

Beberapa penelitian lain telah membuktikan bahwa likopen memberikan efek yang baik pada pengidap aterosklerosis subklinis (penyempitan pembuluh darah akibat plak kolesterol), hipertensi, penyakit pembuluh darah perifer, dan beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, likopen adalah pigmen merah atau pemberi warna merah dalam buah-buahan termasuk tomat. Maka perlu diperhatikan bahwa semakin merah tomat, semakin banyak kandungan likopen yang terdapat di dalamnya. Lain kali saat Sobat Pintar membeli tomat, carilah tomat yang paling merah.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan jantung, likopen juga baik untuk penglihatan. Likopen melindungi tubuh dari inflamasi saraf yang disebabkan oleh radikal bebas. Maka dari itu, kandungan likopen dalam tomat juga membantu mencegah berbagai penyakit mata yang disebabkan oleh peradangan, salah satunya katarak. 

Tidak hanya mencegah perkembangan katarak, likopen juga diperkirakan dapat digunakan untuk profilaksis atau terapi katarak. Temuan-temuan terkini tentang likopen mengarah pada terapi neuritis optik dan penyakit mata lainnya yang melibatkan inflamasi saraf optik.

Tomat juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini membantu melindungi mata dari cahaya biru yang dipaparkan peralatan elektronik. Manfaat tomat yang terakhir bagi mata adalah mengurangi rasa lelah pada mata serta mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan mata.

3. Mencerahkan Kulit

Sering digunakan untuk masker wajah, apa  keunggulan tomat bagi kulit? Lagi-lagi likopen memiliki peran penting. Likopen membantu mengusir toksin yang menempel pada kulit lewat polusi di udara. Bahkan likopen sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembersih wajah. Likopen juga membantu melindungi kulit dari sinar matahari. 

Tomat juga mendorong pembentukan kolagen. Kolagen sudah sangat populer dalam industri kecantikan. Kekurangan kolagen akan menyebabkan kulit mengendur, berkerut, dan terdapat noda hitam. Ternyata produksi kolagen bergantung pada vitamin C dan tomat mengandung vitamin C.

Sobat Pintar dapat mendapatkan keunggulan tomat bagi kulit secara internal maupun eksternal. Tentunya mengkonsumsinya merupakan cara yang sangat bagus untuk mendapatkan khasiat dari tomat untuk kulit Sobat Pintar. Akan tetapi, Sobat Pintar juga dapat membuat masker wajah dari tomat.

Caranya sangat mudah. Kupas tomat dan ambil dagingnya. Usapkan daging tomat pada wajah secara merata. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilaslah. Wajah Sobat Pintar akan terasa segar dan terlihat lebih cerah. Lakukan secara rutin dua minggu sekali untuk mendapat hasil yang maksimal.

4. Mencegah Kanker

Radikal bebas merupakan pemicu kanker. Maka dari itu, tomat yang kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin dapat dikatakan bisa membantu mengurangi risiko kanker.

Salah satu kanker yang dipercaya dapat dicegah dengan mengkonsumsi tomat adalah kanker prostat. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan beta-karoten dalam jumlah banyak membantu mencegah perkembangan tumor pada pasien kanker prostat. Tomat mengandung beta-karoten yang cukup tinggi.

Selain kanker prostat, kandungan dalam tomat juga telah ditemukan membantu mencegah kanker payudara, ovarium, paru-paru, dan lambung.

5. Memperbaiki Kerusakan yang Diakibatkan Merokok

Asam fumarat dan asam klorogenat dalam tomat membantu melindungi tubuh dari dampak merokok. Tomat juga dikatakan membantu penderita asma serta mencegah emfisema karena antioksidan membantu melawan radikal bebas pada paru-paru.

6. Menguatkan Tulang

Tidak hanya kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan, ternyata tomat juga mengandung kalsium. Kalsium merupakan salah satu bahan yang memperkuat tulang. Yang menarik adalah kalsium tidak dibuat secara alami dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi makanan yang mengandung kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, likopen juga membantu memperlambat kematian sel tulang.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Tomat mengandung mineral bernama kromium. Beberapa studi menunjukkan bahwa kromium mempercepat metabolisme insulin sehingga menjaga keseimbangan kadar gula darah. Walau begitu, studi tentang hubungan kromium dan gula darah masih belum memberikan hasil yang definitif dan harus diteliti lebih lanjut. Namun yang pasti sifat anti stres oksidatif dan anti inflamasi dari tomat membantu pencernaan gula secara keseluruhan.

8. Memperlancar BAB

Makanan yang kaya akan air dan serat selalu bermanfaat bagi pergerakan usus kita. Seperti kebanyakan buah, tomat juga memiliki khasiat mengatasi konstipasi dan memperlancar BAB.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tomat membantu produksi asam amino bernama Karitin. Asam amino ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.  Tomat juga melawan resistensi leptin, yaitu protein yang mempersulit proses penurunan berat badan.

Selain sebagai lalapan atau bahan makanan, tomat juga dapat Sobat Pintar jadikan sebagai alternatif cemilan. Serat yang tinggi dalam tomat membantu membuat Sobat Pintar merasa kenyang untuk lebih lama. Sementara itu, tomat mengandung kalori relatif rendah, dengan hanya sekitar 22 kalori yang terkandung dalam satu buah tomat.

Menu Tomat yang Lezat dan Sehat

Sobat Pintar sudah mengetahui banyak sekali manfaat dari buah unik yang sering dimasak seperti sayuran ini. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyukai rasa tomat sehingga melewatkan beragam manfaat tomat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa menu masakan mengandung tomat yang sangat lezat.

1. Saus Asam Manis

Mulai dari cumi-cumi sampai ikan gurami, masakan asam-manis adalah salah satu makanan favorit di Indonesia yang selalu disediakan dalam restoran seafood. Rasa asam dari saus asam manis salah satunya diberikan oleh tomat.

2. Tomato Curry

tomato curry

Masakan yang terkenal di India, kari tomat adalah makanan lezat yang menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya. 

3. Capcay Saus Tomat

Siapa  yang tidak suka capcay? Gabungan sayur-sayuran renyah ini sangat lezat dimakan dengan nasi. Saus tomat menambah cita rasa capcay.

4. Sambal Terasi

Rasanya yang pedas-pedas asam memang membuat ketagihan. Cara membuatnya pun sangat simple. Hanya dengan memblender terasi, tomat, cabai keriting, dan bawang putih serta merah, Sobat Pintar dapat membuat sambal terasi untuk menemani makanan Sobat Pintar. Mulai dari ikan, ayam bakar, sampai telur, semuanya akan menjadi lebih enak saat ditambahkan sambal terasi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload