Kenali 5 Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Vertigo Dengan Tepat

21 May 2021 by kreditpintar
vertigo

Vertigo atau sakit kepala dengan sensasi berputar bisa sangat melumpuhkan dan mengubah hidup, tetapi jangan putus asa karena kami akan membahas secara tuntas tentang pemicu, gejala dan tips mencegahnya. Gejala sakit kepala dengan sensasi berputar biasanya menyebabkan penderitaan bagi orang yang mengalaminya. Akibatnya, banyak orang hampir putus asa untuk menemukan pengobatan yang tepat baik dalam jangka pendek maupun panjang. Berikut beberapa hal yang dapat membantu Sobat Pintar menjadi lebih sadar tentang sakit kepala dengan sensasi berputar. 

Jenis Vertigo

Sentral dan perifer adalah dua jenis utama sakit kepala dengan sensasi berputar. Jenis Sentral berhubungan dengan masalah sistem saraf pusat. Sedangkan, jenis perifer berhubungan dengan masalah di telinga bagian dalam.

Kondisi tertentu dapat menyebabkan transmisi sinyal abnormal melalui saraf vestibular ke otak. Ketika ini terjadi, ia memberi tahu otak bahwa ada gerakan padahal tidak ada. Inilah yang menyebabkan sakit kepala dengan sensasi berputar. Sangat penting untuk menganalisis dan memahami pemicu sakit kepala dengan sensasi berputar agar dapat merawatnya dengan tepat agar Sobat Pintar terhindar dari sensasi berputar yang sangat mengganggu aktifitas. 

Pemicu sakit kepala dengan sensasi berputar

Sensasi pusing meski hanya beberapa detik bisa jadi cukup menakutkan bagi sebagian orang. Dapatkah Sobat Pintar membayangkan serangan sakit kepala dengan sensasi berputar yang dapat berlangsung lebih dari beberapa detik? Durasi episode sakit kepala dengan sensasi berputar tergantung pada penyebab vertigo.

Beberapa kasus sakit kepala dengan sensasi berputar dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Sebaiknya persiapkan catatan berapa lama serangan sakit kepala dengan sensasi berputar Sobat Pintar bertahan untuk memberi tahu dokter Sobat Pintar nanti. Mengetahui detail ini akan menjadi bagian penting dari informasi yang dibutuhkan dokter Sobat Pintar sehingga Sobat Pintar bisa mendapatkan diagnosis yang tepat.

Berikut beberapa penyebab yang bisa Sobat Pintar perhatikan:

1. Penyakit Meniere

Penyakit Meniere, kelainan pada telinga bagian dalam, dapat menyebabkan sakit kepala dengan sensasi berputar. Beberapa pemicu lainnya adalah telinga berdenging dan gangguan pendengaran sementara. Dokter mengatakan bahwa itu terjadi karena drainase cairan yang tidak tepat di telinga bagian dalam. Kerusakan jaringan telinga bagian dalam karena tekanan cairan yang berlebihan dapat mendorong jenis cairan yang salah berpindah ke telinga bagian dalam.

Cara mengatasinya cukup rumit. Beberapa penderita Meniere perlu untuk melakukan pembedahan yaitu bedah kantung endolimfatik. Bedah ini salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit meniere terlebih bagi mereka yang sudah merasakan banyak pemicu yang menyakitkan. Bedah ini termasuk ringan, biayanya pun juga terjangkau.

Sobat Pintar bisa menggunakan Kredit Pintar, pinjaman online 24 jam yang bisa mendukung pembedahan. Tidak ada syarat tertentu untuk bisa mendapatkan layanannya. Cukup dengan KTP, Sobat Pintar bisa menggunakannya untuk kesehatan Sobat Pintar, apalagi jika Sobat Pintar memang tak memiliki dana darurat. Pinjaman online 24 jam akan sangat berguna.

2. Gangguan BPPV 

(BPPV) Vertigo posisi paroksismal jinak adalah pemicu utama sakit kepala dengan sensasi berputar. Ini terjadi karena timbunan kalsium di telinga bagian dalam. Serangan sakit kepala dengan sensasi berputar bisa berlangsung selama beberapa detik atau beberapa menit. Ini mungkin kembali secara teratur selama beberapa bulan.

BPPV bisa ringan atau ekstrim. sakit kepala dengan sensasi berputar dapat terjadi setiap kali Sobat Pintar menoleh secara tiba-tiba. Misalnya saat berguling di tempat tidur atau berdiri dengan cepat dari posisi duduk. Nistagmus, gerakan mata yang tidak normal, juga bisa terjadi. Orang dewasa di atas usia 50 memiliki risiko lebih tinggi terkena BPPV dibandingkan orang yang lebih muda.

Untuk memastikan apakah sakit kepala dengan sensasi berputar Sobat Pintar disebabkan oleh BPPV, Sobat Pintar bisa berkonsultasi dengan dokter keluarga Sobat Pintar. Biasanya Sobat Pintar akan diarahkan untuk mengecek melalui MRI atau Electronystagmography untuk melihat respon mata terhadap pemicu sakit kepala dengan sensasi berputar. Biaya mulai dari konsultasi hingga penanganan tergolong cukup murah. Jika Sobat Pintar tak memiliki dana cadangan untuk berobat, Sobat Pintar bisa mendaftarkan diri Sobat Pintar untuk mengajukan pinjaman di Kredit Pintar. 

3. Labirinitis akut 

sakit kepala dengan sensasi berputar bisa berasal dari infeksi di telinga bagian dalam. Infeksi virus dapat menyebabkan labirinitis akut. Infeksi telinga lainnya, seperti otitis media, juga menyebabkan serangan sakit kepala dengan sensasi berputar. Biasanya pemicu seperti ini akan hilang sendirinya seiring membaiknya radang. Sobat Pintar harus menjaga kebersihan dan kesehatan diri Sobat Pintar agar tidak terjadi labirinitis yang biasanya memicu terjadinya sakit kepala dengan sensasi berputar. 

4. Gangguan Neuronitis Vestibular

Ini adalah kondisi saraf vestibulocochlear yang terletak di telinga bagian dalam. Radang saraf ini dapat menyebabkan otak salah memproses informasi tentang posisi kepala. Infeksi virus seperti cacar air, herpes zoster, gondongan, hepatitis, campak, flu, herpes simpleks, dan polio adalah beberapa pemicu di balik neuronitis vestibular.

5. Gangguan sakit kepala sebelah dan sakit kepala dengan sensasi berputar secara bersamaan

Jika migrain Sobat Pintar menyertai pemicu vestibular, Sobat Pintar mungkin mengalami migrain vestibular. Sekitar 40 persen penderita migrain akan mengalami ini setidaknya satu kali. Hal yang baik, menghilangkan sakit kepala dengan sensasi berputar dengan menggunakan gerakan yoga sederhana bisa meredakan sakit kepala saat migrain datang. 

Cara Mengatasi Vertigo

Banyak yang mencari cara untuk mengatasi sakit kepala dengan sensasi berputar namun mereka tidak mau mengenali pemicunya. Sobat Pintar perlu memperhatikan sensasi dan pemicunya. Jika Sobat Pintar mengetahui pemicunya, Sobat Pintar bisa menghindari sakit kepala dengan sensasi berputar dengan mudah. 

Sebagian besar kasus sakit kepala dengan sensasi berputar berada di luar kendali siapa pun. Namun, beberapa hal dapat memicu serangan, seperti yang akan kami sebutkan berikut ini:

  1. Kurang tidur
  2. Makanan yang sangat asin dan olahan
  3. Asupan alkohol
  4. Terlalu banyak kafein
  5. Menekankan
  6. Dehidrasi
  7. Perubahan tekanan barometric

Dengan mengenali pemicunya, Sobat Pintar bisa mulai sekarang untuk menggunakan ilmu “ingat-ingat”. Ingat apa saja yang biasanya menjadi pemicunya. Jika sakit kepala dengan sensasi berputar kambuh, Sobat Pintar perlu untuk berbaring sejenak dengan posisi miring dan menghadap ke depan bukan tengkurap ataupun terlentang. Gerakan merebahkan “sendok” terbukti bisa mengurangi rasa pusing. 

Selain mengatasi dengan beberapa gerakan, Sobat Pintar juga perlu memperhatikan diet. Diet yang tepat sangat penting untuk menghindarkan Sobat Pintar dari sakit kepala dengan sensasi berputar. Dengan kata lain, rendah garam, tidak ada makanan olahan, dan tidur yang cukup bisa sangat membantu. Menghindari pemicu dapat membantu Sobat Pintar mengurangi pemicu sakit kepala dengan sensasi berputar. 

Itulah beberapa tips mencegah sakit kepala dengan sensasi berputar yang bisa Sobat Pintar lakukan demi memperbaiki kualitas hidup Sobat Pintar. Yakinlah bahwa Sobat Pintar bisa bebas dari sakit kepala dengan sensasi berputar. Tidak ada keluhan yang tidak hilang.  Kunci dari semua ini adalah ikhlas terlebih dahulu bahwa sakit kepala dengan sensasi berputar ini memang datang untuk menguji kesabaran Sobat Pintar sebagai manusia. Setelah ikhlas, Sobat Pintar akan menemukan kesabaran yang lebih untuk tetap berikhtiar menyembuhkan gejala sakit kepala dengan sensasi berputar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload