Jauhi kerumunan, Corona Indonesia 10 Februari 2021 : Tembus 1.183.555 Kasus Positif.

Jauhi kerumunan, Corona Indonesia 10 Februari 2021 : Tembus 1.183.555 Kasus Positif.

15 Feb 2021 by Andro
kasus corona indonesia

Belum terlihat akan mereda, Corona Indonesia malah semakin mengganas. Berita terbaru Per 10 Februari  kasus positif di Indonesia total 1.183.555, sembuh sekitar 982.972 dan meninggal 32.167 jiwa.  Angka tertinggi Corona Indonesia masih diduduki oleh DKI Jakarta, yaitu 3.309 kasus aktif.

Pemerintah menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar dapat menekan angka penularan virus dengan program 5M. Gerakan 5M merupakan modal awal agar corona cepat berlalu. Kebijakan ini untuk melengkapi gerakan 3M terdahulu guna memerangi corona yang semakin hari makin ganas.

Mengenal Gerakan 5M, Protokol Kesehatan Terbaru

Sebelumnya pemerintah mengenalkan gerakan 3M untuk memutuskan rantai penyebaran covid19, yaitu Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai masker.  Dari total penduduk Indonesia 74% sudah mematuhi protokol tersebut. Namun, angka penularan corona Indonesia semakin meningkat dengan signifikan.

Oleh karena itulah, berita terbaru menyebut bahwa guna melengkapi gerakan 3M yang sudah ada, masyarakat dihimbau agar menerapkan aksi 5M. Apa itu aksi 5M?

1.   Memakai masker

Memakai masker bukan hanya perlu dilakukan saat berada di luar rumah, tetapi juga ketika berkumpul dengan kerabat di mana saja.  Memakai masker kain, meminimalisir penularan virus corona hingga 45%. Sementara, jika menggunakan masker medis, risiko tertular menjadi berkurang hingga 75%.

2.   Mencuci tangan

Cucilah tangan menggunakan air mengalir dan sabun kurang lebih 60 detik, dengan 6 langkah sesuai standar WHO. Jika tidak ada air mengalir dan sabun, Sobat Pintar bisa menggunakan hand sanitizer/ handrub selama 20 detik.  Rajin mencuci tangan dapat menurunkan risiko terpapar virus hingga 35%.

3.   Menjaga jarak

Upayakan selalu menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di luar rumah. Jarak yang dianjurkan adalah 2 meter dari orang lain.

4.   Menghindari kerumunan

Semakin sering Kamu berkumpul atau bertemu dengan banyak orang, kans terinfeksi corona menjadi lebih besar. Jika tidak terlalu mendesak sebaiknya jauhi kerumunan atau kegiatan kumpul-kumpul lainnya.

5.   Mengurangi mobilitas dan interaksi

Tetaplah berada di dalam rumah jika tidak ada kegiatan mendesak. Karena tampak sehat dan baik-baik saja bukan jaminan Kamu tidak terpapar virus corona. Butuh kesadaran penuh, untuk mengurangi mobilitas dan interaksi dengan dunia luar. Ada beberapa kasus, pada saat ke luar rumah dalam keadaan baik-baik saja dan sehat, tetapi pulang membawa virus.

Itulah aksi 5M yang dilansir dapat mengurangi penyebaran virus corona Indonesia.  Sobat Pintar bukan hanya menyelamatkan diri pribadi tetapi jiwa banyak orang,  termasuk keluarga dan orang-orang tersayang. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, kan?

Berita terbaru, saat ini pemerintah tidak lagi menggunakan istilah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) melainkan PPKM Mikro (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Kebijakan baru ini bukan berbentuk pelarangan namun hanya pembatasan untuk beraktivitas. Sehingga masyarakat tetap boleh melakukan aktivitas sehari-hari dengan protokol 5M yang lebih ketat.

Arti PPKM Mikro, sebagai pengganti PSBB

Roda perekonomian harus terus berputar, masyarakat juga butuh bekerja untuk menyambung hidup di tengah pandemi. Oleh karena itulah, kebijakan pelarangan aktivitas yang sebelumnya dijalankan, kini berganti menjadi PPKM Mikro.

Jika PSBB pada tahun 2020 lalu melibatkan hampir 80% kota-kota besar di seluruh Indonesia. Kini, kebijakan  PPKM Mikro hanya dilaksanakan pada beberapa daerah saja di Jawa-Bali.

Lantas bagaimana penerapan aturan PPKM Mikro yang diterapkan pemerintah? Berikut penjelasannya.

  1. Membatasi tempat kerja atau perkantoran untuk menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75%.
  2. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring/ online
  3. Untuk beberapa sektor esensial yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok dan  kehidupan masyarakat dapat beroperasi 100%. Namun  jam operasional berubah, kapasitas pengunjung pun dibatasi dan menerapkan aksi 5M dengan lebih ketat
  4. Kegiatan restoran (makan dan minum di tempat) dibatasi hanya 25%.  Sedangkan  untuk layanan pesan antar atau dibawa pulang tetap diperbolehkan mengikuti jam operasional restoran.
  5. Mall dan tempat pembelanjaan tetap dibuka dengan jam operasional hanya sampai pukul 8 malam.
  6. Kegiatan di tempat ibadah diperbolehkan dengan kapasitas 50% dari daya tampung yang ada.
  7. Kegiatan sosial budaya yang dapat memicu kerumunan, dihentikan sementara
  8. Mengatur kapasitas dan jam operasional fasilitas umum
  9. Kegiatan konstruksi diizinkan beroperasi 100% dengan protokol kesehatan lebih ketat

Berapa lama masa berlaku PPKM Mikro?

Menurut berita terbaru, PPKM Mikro sudah dilaksnakan awal Januari lalu dan akan diberlakukan kembali pada  9 Februari 2021 hingga 22 Februari 2021 mendatang. Dengan beberapa pertimbangan yang berdasar pada tingkat pencapaian empat parameter, antara lain:

  1. Tingkat kematian akibat corona
  2. Tingkat Kesembuhan pasien
  3. Tingkat penambahan kasus aktif
  4. Tingkat ketersediaan fasilitas kesehatan (tempat tidur) di Rumah Sakit.

Kebijakan PPKM Mikro Membuat Pengusaha Sumringah

Kebijakan yang baru ini ditanggapi positif oleh beberapa pelaku UMKM. Jika sebelumnya, mereka banyak mengeluh karena tidak boleh beroperasi, kini mereka sedikit lega dan berharap perekonomian Indonesia perlahan dapat bangkit.

Nah, bagi pelaku UMKM yang membutuhkan tambahan modal untuk memperkuat bisnis di tengah pandemi, bisa mengajukan pinjaman uang ke Kredit Pintar. Sobat Pintar tidak perlu lagi pusing memikirkan modal usaha yang menipis untuk memulai bisnis. Cukup download aplikasi Kredit Pintar, proses pinjaman uang menjadi lebih mudah!

Jemput Modal Usaha Di Aplikasi Kredit Pintar!

kredit pintar

Angin segar bagi pelaku UMKM, Kamu bisa menjemput modal usaha dengan mengajukan pinjaman uang di Kredit PIntar.  Cukup KTP saja, tidak butuh agunan, tanpa NPWP atau slip gaji, dana tunai sudah bisa diperoleh. Memang semudah itu!

Tertarik untuk mengajukan pinjaman uang di Kredit Pintar?

  1. Langkah pertama, silakan mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Google PlayStore.
  2. Lakukan verifikasi data menggunakan nomor HP aktif, karena sistem akan mengirim kode OTP ke nomor HP yang didaftarkan.
  3. Setelah berhasil masuk, silakan mengajukan pinjaman uang yang dibutuhkan. Limit pinjaman mulai dari Rp. 600 ribu hingga Rp. 2,3 juta. Jangan kuatir, jika Kamu membayar tagihan tepat waktu dan skor kredit naik maka berpeluang mendapatkan limit pinjaman yang lebih besar. 
  4. Foto KTP menggunakan kamera ponsel, pastikan hasilnya jelas.
  5. Silakan berfoto selfie sembari memegang KTP di tangan.
  6. Kemudian lengkapi beberapa informasi pribadi serta nomor rekening dan kontak darurat.
  7. Klik “submit”. Sistem akan memproses pengajuan pinjaman uang tersebut. Jika berhasil disetujui, kurang dari 24 jam dana tunai akan dicairkan ke rekening

Siapa saja yang boleh mengajukan pinjaman uang di  Kredit Pintar?

Semua warga negara Indonesia yang berumur minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun. Selain itu, Kamu juga harus mempunyai KTP elektronik yang asli dan bertempat tinggal di Indonesia.

Mengajukan pinjaman uang di Kredit Pintar 100% menggunakan aplikasi android, pastikan ponselmu cukup mumpuni, ya!

Kasus Corona Indonesia yang sedang mewabah tidak boleh menghentikan langkah Sobat Pintar untuk maju.  Jadi, saat butuh pinjaman uang untuk usaha? Ya Kredit Pintar jawabannya. Semoga sukses!