Jangan Salah, Manfaat Vitamin D ini Penting diketahui!

Jangan Salah, Manfaat Vitamin D ini Penting diketahui!

25 May 2021 by kreditpintar
manfaat vitamin D

Tubuh yang sehat tentu membutuhkan asupan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya makanan yang bergizi dan berprotein tinggi, vitamin dan mineral juga diperlukan oleh tubuh. Misalnya adalah manfaat vitamin D yang ternyata sangat berperan banyak dalam mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda perlu untuk mengetahui apa saja asal vitamin D, kelebihan, kekurangan vitamin D dan fungsinya untuk tubuh.

Ada banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan rutin memenuhi asupan vitamin D dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, vitamin D merupakan jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak. Jenis vitamin ini kerap dikenal pula sebagai vitamin yang dapat diaktifkan dengan terpapar sinar matahari pagi. Mengapa sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh?

Hal itu dikarenakan setiap tubuh manusia pada umumnya telah terkandung vitamin D yang diproduksi secara alami dan dapat aktif apabila terkena paparan sinar matahari pagi. Tak hanya dapat diproduksi secara alami, Anda juga bisa merasakan manfaat vitamin D dengan mengonsumsi makanan-makanan yang menjadi asal vitamin D.

Manfaat Vitamin D Untuk Tubuh

Lalu, apa sajakah manfaat dari vitamin yang satu ini? Vitamin D dikenal sebagai vitamin yang aktif dalam membangun tulang dan gigi manusia. Hal ini disebabkan oleh karakter vitamin D yang mampu memaksimalkan penyerapan zat kalsium di dalam tubuh. Risiko osteoporosis dan tulang yang rapuh juga dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D.

Tidak hanya kesehatan gigi, gusi di dalam mulut juga dapat terjaga kesehatannya karena vitamin D mampu berperan aktif sebagai agen untuk mencegah radang (anti peradangan) dan berfungsi baik dalam merangsang produksi senyawa anti mikroba di dalam mulut. Jadi tidak heran apabila vitamin ini juga memiliki keunggulan dalam menjaga kesehatan gusi.

Tidak hanya baik untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium pada tulang, gusi, dan gigi, vitamin ini juga baik dalam memperkuat otot sehingga dapat terhindar dari risiko otot yang melemah. Maka direkomendasikan bagi para lansia untuk rutin melakukan konsumsi vitamin D agar otot lebih kuat karena jaringan otot yang melemah akan sulit untuk melindungi organ-organ penting di dalam tubuh.

Kegunaan vitamin D yang selanjutnya adalah untuk mengoptimalkan imun atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang tinggi akan membuat kita tidak mudah atau tidak rentan terserang virus maupun penyakit dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Virus influenza maupun corona juga dapat dicegah dengan asupan vitamin D yang cukup di dalam tubuh.

Manfaat Vitamin D dalam Melawan Berbagai Penyakit

Vitamin yang baik bagi tubuh tentu saja juga baik dalam melawan berbagai resiko terserang penyakit. Resiko terserang diabetes dengan tipe 1 dan juga tipe 2 dapat dicegah dengan vitamin D. Mengapa demikian? Vitamin D dikenal dapat berperan efektif dalam menurunkan tingkat kadar gula di dalam darah. Dengan demikian, kadar gula dalam tubuh dapat dikendalikan sehingga risiko diabetes bisa dihindari.

Tidak hanya diabetes saja, penyakit hipertensi atau darah tinggi juga bisa dicegah dengan asupan vitamin D yang cukup dalam tubuh. Hipertensi tentu saja sangat berbahaya, apalagi bagi para lansia atau orang-orang yang berisiko seperti pengidap obesitas. Vitamin D yang diasup walau hanya dalam jangka pendek dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Ada pun penyakit kronis yang ganas seperti kanker juga bisa dilakukan pencegahan melalui konsumsi vitamin D. Asal vitamin D dikenal dapat berpotensi untuk melawan risiko kanker. Para peneliti bahkan telah melakukan eksperimental melalui objek hewan yang diberi asupan vitamin D yang cukup. Terbukti bahwa vitamin yang satu ini cukup efektif dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, mencegah adanya perkembangan sel kanker, hingga mematikan sel kanker aktif di dalam tubuh.

Sumber Vitamin D dalam Makanan

Selain diproduksi secara alami oleh tubuh, Anda bisa memperoleh vitamin D melalui konsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin ini. Untuk sumber vitamin dari hewani, Anda bisa memperoleh dari kuning telur, ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna, susu, yoghurt, dan daging merah. Vitamin D yang berasal dari hewan ini mengandung jenis vitamin D3. Untuk makanan tumbuhan yang mengandung vitamin D dapat dijumpai pada jamur. Sumber-sumber vitamin dari tumbuhan ini terdiri dari vitamin D2. 

Dunia farmasi juga dapat menjadi sumber lain untuk memperoleh vitamin D. Ada vitamin D yang disediakan dalam bentuk sirup, kapsul, dan juga tablet. Beberapa merk dagang farmasi yang mengandung vitamin D antara lain adalah Calficos, Biovitan, Cerebrofort Gold Rasa Stroberi, Healthy Choice Junior Rasa Stroberi, Nutrahealth Vitamin D3 400 IU, Calnic Plus, Osfit, dan juga Hufalysin New.

Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin D dalam Tubuh

Dalam mengonsumsi vitamin D juga terdapat dosis atau aturan pakai. Untuk dewasa dengan kisaran usia sejak 19 tahun hingga 70 tahun memiliki dosis vitamin D berkisar hingga 600 IU saja per harinya. Sedangkan untuk kondisi lansia dengan usia lebih dari 50 tahun yang bertujuan untuk mencegah osteoporosis, membutuhkan 800 hingga 1000 IU per harinya. Untuk kondisi penderita rakitis membutuhkan asupan yang lebih besar yaitu sekitar 12.000 hingga 500.000 IU dalam sehari. Begitu pula penderita hipofosfatemia atau kekurangan fosfat di dalam darah membutuhkan 10.000 hingga 60.000 IU per harinya.

Dosis yang tidak sesuai dapat menyebabkan kondisi terlalu banyak vitamin D atau justru kurang asupan vitamin D. Orang yang mengalami terlalu banyak asupan vitamin D akan mengalami beberapa efek samping seperti mulut terasa kering, sakit kepala, gangguan ritme jantung, kepala sakit, mual hingga muntah, nafsu makan menurun, terdapat rasa logam dalam mulut, menurunnya berat badan, kerusakan ginjal, hingga terlalu banyak kalsium dalam darah.

Selain kondisi kelebihan vitamin D, kekurangan vitamin D juga dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Antara lain yaitu jaringan otot menjadi melemah, kesehatan mulut seperti gusi dan gigi akan terganggu, gusi mudah berdarah, gigi mudah berlubang dan keropos, begitu pula dengan tulang yang juga mudah rapuh dan terserang osteoporosis.

Untuk dapat selalu mencukupi kebutuhan yang diperlukan tubuh, termasuk pula asupan dan kegunaan vitamin D yang cukup, Anda bisa segera mengelola keuangan Anda agar budget untuk memenuhi vitamin pun terpenuhi. Anda bisa memanfaatkan pinjaman online 24 jam seperti Kredit Pintar untuk solusi kebutuhan dana darurat. Kredit Pintar sebagai penyedia pinjaman online 24 jam dapat memberikan pencairan dana tunai tanpa jaminan apapun. Prosesnya juga cukup mudah hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi tersebut dan lakukan pengisian dan verifikasi data yang cepat. Dana tunai yang Anda butuhkan pun bisa segera cair ke rekening Anda hanya dalam hitungan menit saja.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk