7 Manfaat Vitamin D

25 May 2021 by kreditpintar, Last edit: 24 Mar 2022

Vitamin D sangat penting untuk tubuh. Umumnya, kita kenal bahwa Vitamin D didapat dari sinar matahari. Banyak manfaat Vitamin D yang bisa Anda dapatkan, misalnya termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Kapsul, Pil, Kesehatan, Obat-Obatan

Vitamin merupakan zat nutrisi yang tidak dapat dibuat sendiri, sehingga seseorang harus mengonsumsinya dalam makanan. Namun, tubuh juga dapat memproduksi Vitamin D. Jika Anda memiliki terlalu sedikit Vitamin D, Anda akan mengalami berbagai masalah. 

Cara Kerja Vitamin D

Vitamin D berperan dalam membantu mengontrol berapa banyak kalsium dan fosfat yang Anda serap dari makanan. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang. Fosfat dibutuhkan untuk kesehatan tulang, gigi, otot, saraf, dan fungsi dasar tubuh.

Vitamin D terbagi ke dalam dua bentuk. 

  • Vitamin D2 (ergocalciferol) secara alami ditemukan di beberapa jenis tanaman.
  • Vitamin D3 (cholecalciferol) secara alami ditemukan pada hewan dan diproduksi oleh kulit saat terkena sinar matahari.

Anda dapat memenuhi kebutuhan Vitamin D Anda dengan memenuhi salah satunya. Tetapi, penyedia layanan kesehatan, pada umumnya menyarankan suplemen yang mengandung D3. Alasannya bahwa manfaat Vitamin D pada D3 dapat meningkatkan kadar Vitamin D Anda secara keseluruhan lebih dari D2, dan D3 bertahan lebih lama di dalam tubuh daripada D2.

Makanan Sumber Vitamin D

Terdapat banyak sumber Vitamin D yang bisa dengan mudah Anda dapatkan. Manfaat Vitamin D akan Anda rasakan jika rajin mengonsumsi makanan sehat yang sesuai dengan kandungan gizinya.

Baca juga: Buah yang mengandung Vitamin D untuk Hindari Covid

Salmon

Salmon adalah jenis ikan berlemak yang sudah terbukti sebagai sumber Vitamin D yang bagus. Salmon segar adalah sumber Vitamin D yang sangat baik, dan tersedia untuk dibeli di supermarket. Diperkirakan salmon yang dibudidayakan mengandung sekitar 6-13 mcg Vitamin D per 100 gram porsi (satu fillet kecil).

Tuna Kaleng

Tuna kaleng adalah makanan pokok populer dari makanan Inggris, serta menjadi alternatif yang murah dan nyaman untuk tuna segar. Makan tuna kaleng dalam salad atau sandwich adalah cara yang sangat mudah untuk memasukkan lebih banyak Vitamin D ke dalam makanan Anda, karena satu porsi 100 gram mengandung sekitar 7 mcg.

Kuning telur

Selain ikan, sumber Vitamin D terbaik adalah kuning telur, terutama jika diambil dari ayam kampung. Ayam yang telah dipelihara dengan banyak akses ke sinar matahari atau dengan diet yang diperkaya, akan membuat telur ayam mengandung kadar Vitamin D jauh lebih tinggi. Untuk alasan ini, ada baiknya membaca merek telur favorit Anda untuk mengetahui bagaimana perawatannya. 

Jamur

Diyakini bahwa jamur adalah satu-satunya sumber Vitamin D nabati yang baik dengan manfaat Vitamin D yang sudah terbukti. Hal ini dikarenakan jamur dapat mensintesis Vitamin D saat terkena sinar UV. Varietas jamur liar (yang tumbuh secara alami di luar ruangan) akan memiliki jumlah Vitamin D tertinggi karena paparan sinar matahari. 

Susu kedelai yang diperkaya/susu beras/susu almond

Susu, Kaca, Kendi, Segar, Susu Segar

Alternatif susu yang terbuat dari kedelai, beras, almond, dan sumber vegan lainnya biasanya diperkaya dengan nutrisi, termasuk Vitamin D. Jika kurang yakin, Anda dapat memeriksa daftar bahan sebelum membeli. Bahkan jika Anda minum susu sapi, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memasukkan jenis susu ini ke dalam makanan karena susu sapi yang diproduksi di Inggris hanya mengandung sedikit Vitamin D (di beberapa negara lain, ditambahkan).

7 Manfaat Vitamin D

Vitamin D adalah gabungan dari Vitamin dan preprohormon (hormon dalam bentuk aktifnya di dalam tubuh) yang penting untuk fungsi tubuh yang sehat. Vitamin D sangat penting karena dibutuhkan hampir setiap sistem dan fungsi tubuh. 

  1. Mengobati Hipertensi

Menurut penelitian pada tahun 2019, menunjukkan bahwa Vitamin D diperkirakan berperan dalam pengobatan tekanan darah tinggi, salah satu penanda penyakit kardiovaskular. Kekurangan Vitamin D jangka pendek dapat secara langsung meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kerusakan organ. Para peneliti menyatakan bahwa, terdapat korelasi tinggi antara Vitamin D dan Hipertensi. 

  1. Menjaga Tulang Sehat

Manfaat Vitamin D penting sekali bagi kesehatan tulang. Vitamin jenis satu ini berperan penting dalam pengaturan kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah. Selain itu, tubuh membutuhkan Vitamin D untuk membantu usus merangsang dan menyerap kalsium serta mendapatkan kembali kalsium yang akan dikeluarkan oleh ginjal. 

Kondisi kekurangan Vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis, yang menyebabkan penampilan kaki bengkak karena pelunakan tulang. Pada orang dewasa, kekurangan Vitamin D bermanifestasi sebagai osteomalacia, menghasilkan kepadatan tulang yang buruk dan kelemahan otot.

Selain itu, kekurangan Vitamin D juga dapat menyebabkan osteoporosis, di mana lebih dari 53 juta orang di Amerika Serikat mencari pengobatan atau menghadapi peningkatan risiko ini. 

  1. Membantu Melawan Depresi

Matahari dapat mencerahkan suasana hati Anda, begitu juga Vitamin D. Menurut artikel ulasan pada tahun 2017, peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara depresi dan kekurangan Vitamin D. Jika kadar Vitamin D rendah dapat menjadi penyebab atau akibat dari depresi yang harus dihindari. 

  1. Mencegah Penyakit Diabetes
Diabetes, Gula Darah, Tes Darah

Vitamin D dapat membantu mencegah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Salah satu studi menyebut, bahwa Vitamin D sendiri tidak secara efektif menurunkan risiko kelebihan gula dalam darah, namun asupan harian gabungan >1.200 mg kalsium dan >800 IU Vitamin D dapat secara efektif menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  1. Memperkuat Otot

Vitamin D dikenal dengan manfaatnya membangun tulang, Vitamin D juga berpengaruh dalam memperkuat otot. Kekurangan Vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko memiliki otot yang lemah, yang bisa membuat seseorang lemah. Hal ini sangat penting diperhatikan bagi lansia.

  1. Kehamilan yang sehat

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang kekurangan Vitamin D mungkin memiliki risiko lebih besar terkena preeklamsia dan melahirkan prematur. Dokter juga mengaitkan kadar Vitamin D yang buruk dengan diabetes gestasional dan vaginosis bakteri pada wanita hamil.

  1. Menguatkan Imunitas

Tingkat Vitamin D yang optimal telah terbukti secara positif mempengaruhi sistem kekebalan bawaan dan adaptif, termasuk mendukung fungsi sel darah putih, membantu sistem kekebalan beradaptasi dan menangkal ancaman bakteri dan virus. Kekurangan Vitamin D juga dikaitkan dengan berbagai masalah autoimun.

Baca juga: Cara mencegah obesitas

Cara paling aman untuk mengoptimalkan konsumsi Vitamin D Anda adalah melalui suplementasi berkualitas tinggi. Untuk memantau status Vitamin D dasar Anda dan melacak keberhasilan suplemen Anda, Anda dapat memantau melalui kadar darah Anda.

Manfaat Vitamin D akan didapat tubuh jika Anda selalu memperhatikan asupan gizi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Terapkan juga gaya hidup sehat dalam keseharian.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberikan Anda kemudahan dalam penyaluran pinjaman online. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

24 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download