Inilah Obat Luka Bakar Alami Yang Mudah dan Efektif

09 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 08 Jul 2021

Luka bakar tidak selalu karena api, luka bakar adalah kerusakan lapisan kulit karena benda panas. Benda panas itu contohnya air panas, knalpot, setrika, api, dan lain sebagainya. Jika terkena luka bakar, obat luka bakar alami dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.  

Namun, perlu diingat bahwa beberapa luka bakar memerlukan penanganan oleh tenaga kesehatan dan tidak cukup hanya dengan obat luka bakar alami. Sangat penting untuk memahami tingkatan luka bakar untuk penanganan yang tepat. Ada 3 tingkatan dalam luka bakar, yaitu luka bakar derajat ringan, sedang, dan berat. 

Gejala luka bakar derajat ringan ditandai dengan kulit yang memerah, sakit, dan mungkin terlihat sedikit melepuh. Luka bakar derajat sedang ditandai dengan kulit memerah, rasa sakit yang luar biasa, dan terlihat melepuh. Sedangkan, luka bakar derajat tinggi memerlukan perawatan dari tenaga medis, terlihat dari kulit yang berubah putih atau terkelupas. 

3 Obat Luka Bakar Alami

Jika Sobat Pintar mengalami luka bakar derajat rendah, anda dapat memanfaatkan obat natural untuk luka bakar di bawah ini:

Air Dingin

Pertama kali yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk mengobati luka bakar adalah dengan mengalirkan air dingin ke kulit yang terbakar. Alirkan air dingin selama kurang lebih 20 menit ke luka bakar hingga sakit mereda. Gunakan air dingin dengan suhu ruangan, jangan memakai air es yang sangat dingin.

Setelah itu, Sobat Pintar juga dapat mengompres luka bakar dengan kompres dingin menggunakan handuk yang telah dibasahi air atau es. Jangan terlalu lama, cukup 5-15 menit saja agar luka bakar tidak iritasi. 

Lidah Buaya

Obat natural untuk luka bakar yang satu ini bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar derajat rendah dan sedang. Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2007. Zat aktif yang terdapat pada lidah buaya dapat mempercepat pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga meminimalisir risiko infeksi pada luka bakar. Kelembaban kulit juga akan terjaga sehingga tidak terjadi iritasi.

Pengaplikasiannya cukup dengan mengusapkan lidah buaya pada luka bakar secara merata 1-2 kali sehari hingga kulit benar-benar sembuh.

Madu

Madu, salah satu solusi luka bakar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mengobati luka bakar dan mengurangi risiko peradangan. Sebuah jurnal tahun 2009 juga menyatakan bahwa madu adalah obat luka bakar yang efektif. 

Cara menggunakan madu untuk luka bakar ini adalah dengan mengoleskannya pada kulit yang terbakar secara rutin. Madu akan menstimulasi sistem imun dan membantu penyembuhan luka bakar.

Susu

Susu murni juga dapat berfungsi sebagai obat natural untuk luka bakar. Kandungan lemak dan protein pada susu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit. Cukup rendam luka bakar ke dalam susu selama 15 menit dan lakukan secara rutin hingga sembuh.

Itulah beberapa obat natural untuk luka bakar yang dapat Sobat Pintar gunakan. Jika pengobatan di atas tidak menunjukkan dampak yang signifikan, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Pastikan untuk menghubungi tenaga medis jika mengalami luka bakar seperti ini:

  1. Luka bakar di wajah, area persendian (seperti bahu atau tempurung kaki), atau alat vital.
  2. Luka bakar derajat rendah atau sedang yang lebarnya lebih dari 2 inci.
  3. Luka bakar derajat tinggi. 

Semoga pembahasan tentang obat luka bakar alami di atas bermanfaat untuk Sobat Pintar. Setelah kulit sembuh dari luka bakar, rawatlah kulit Sobat Pintar agar tetap sehat dan bersih ke dermatologi. Daftar ke Kredit pintar untuk mendapatkan perawatan di dermatologi pilihan Sobat Pintar. Proses cepat, syarat mudah, dan uang segera cair untuk perawatan kulit Sobat Pintar.

08 Jul 2021
mobile-closeKredit PintarDownload