Ini Efek Tidur Terlalu Lama Bagi Tubuh

09 Apr 2021 by Laruan
efek tidur terlalu lama

Tubuh manusia membutuhkan istirahat yang cukup terlebih setelah melakukan aktivitas yang berat. Namun, jika berlebihan maka akan membahayakan bagi tubuh sendiri. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa efek tidur terlalu lama tidak baik bagi tubuh manusia. Beberapa masalah kesehatan disebabkan oleh tidur terlalu lama.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Semakin dewasa umur kita, maka waktu tidur idealnya juga semakin berkurang. Anak kecil membutuhkan tidur lebih lama dari orang dewasa. Hal ini terkesan sepele, tapi jika tidak dijaga maka efek tidur terlalu lama dapat dirasakan dalam waktu dekat berupa gangguan kesehatan baik mental maupun fisik.

Berikut beberapa efek dari tidur yang terlalu lama bagi tubuh manusia.

1. Sakit punggung

Sakit pada punggung umumnya dialami saat tidur pada posisi tertentu. Posisi yang paling sering mendatangkan sakit ini adalah tidur dengan keadaan terlentang dalam waktu yang lama. Sakit ini biasanya berasal dari tulang punggung yang terasa kaku dan kerapkali menimbulkan sedikit rasa nyeri. Maka biasakan untuk tidur di atas kasur yang nyaman. Sekarang ini telah banyak pilihan kasur berteknologi tinggi dan berbahan baku yang baik bagi kesehatan. kasur berbahan dasar busa latex atau memory foam bisa menjadi pilihan. Ya, walaupun agak mahal namun sangat worth it untuk kesehatan. Kalian bisa menghubungi Kredit Pintar untuk mengajukan pinjaman jika kesulitan membeli kasur yang bagus. Peminjaman di kredit pintar tanpa kartu kredit loh.

2. Sakit kepala

Tidur yang terlalu lama juga dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena tidur terlalu lama dapat mempengaruhi kinerja senyawa kimia otak (neurotransmitter) seperti serotonin. Ketika beberapa senyawa itu terganggu, maka resiko yang akan terjadi adalah timbulnya sakit kepala. Oleh karenanya perlu untuk kita menjaga kualitas dan kuantitas tidur yang sehat.

3. Obesitas atau kelebihan berat badan

Efek tidur terlalu lama lainnya adalah bertambahnya berat badan dengan siginifikan. Penelitian membuktikan bahwa tidur lebih lama atau lebih dari 10 jam pada malam hari beresiko meningkatkan obesitas dibandingkan dengan tidur sesuai jam normal. Hal ini juga dapat terjadi bagi mereka yang kurang tidur atau jadwal tidurnya terganggu.

4. Gangguan mental dan depresi

Depresi seringkali dikaitkan dengan insomsnia atau kurang tidur. Namun ternyata, tidur berlebihan juga dapat menimbulkan depresi yang berkelanjutan. Jika tidak segera diobati maka akan berakibat fatal. Tidur berlebihan juga dapat menyebabkan seseorang beresiko mengalami gangguan cemas, susah konsentrasi, susah mengingat dan menghafal, mudah lelah serta penyakit mental lainnya.

5. Diabetes

Gangguan lainnya yang disebabkan oleh tidur terlalu lama adalah meningkatnya resiko terkena diabetes. Penelitian membuktikan bahwa tidur berebihan dapat mempengaruhi hormon tubuh. Hormon yang paling terpengaruh adalah insulin. Itu sebabnya, tidur berlebihan dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terkena penyakit diabetes. Oleh karenanya, perlu bagi kita untuk selalu menjaga jam tidur yang ideal.

6. Penyakit jantung

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa resiko terkena penyakit jantung meningkat bagi orang yang tidurnya berlebihan. Begitu juga mereka yang kekurangan tidur. Penyebab terjadinya belum pasti, namun efek tidur telalu lama dapat membuat metabolisme dan kinerja organ tubuh menjadi bermasalah. Konisi ini dapat mempengaruhi kerja jantung bahkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

Namun jika memang sudah ada gejala penyakit jantung, segera lakukan pemeriksaan secara medis. Jika bermasalah secara finansial, kalian bisa mengubungi Kredit Pintar untuk melakukan pinjaman dana kesehatan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload