Ini Dia 5 Manfaat Kacang Polong Jika Rutin Dikonsumsi

07 Jul 2021 by Laruan

Kacang polong, salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi serta rendah kalori ini merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan, terutama ketika Sobat Pintar berada di Indonesia. Nah, manfaat kacang polong yang mungkin sering Sobat Pintar dengar adalah sebagai salah satu alternatif untuk diet sehat. Namun, disamping manfaat tersebut, ada beberapa manfaat lainnya lho yang mungkin belum Sobat Pintar ketahui.

Ini Dia 5 Manfaat Kacang Polong Jika Rutin Dikonsumsi

Dalam Bahasa Latin, makanan Bernama Pisum sativum ini merupakan makanan yang dapat dikreasikan dengan hampir semua cara. Kacang polong dapat Sobat Pintar olah dengan direbus, digoreng, dipanggang, hingga digunakan sebagai olahan kombinasi masakan seperti kari, hingga sup.

5 Keunggulan Kacang Polong Untuk Tubuh

Lantas, apa saja manfaat lain dari kacang polong yang mungkin tidak banyak orang ketahui? 

  1. Kandungan dalam kacang polong

Manfaat kacang polong adalah salah satunya untuk membantu seseorang menjalankan diet sehat. Hal tersebut tentunya dikarenakan kacang polong memiliki kandungan yang cukup luar biasa, berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang polong per 170 gram-nya:

  • Kalori: 62
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Serat: 4 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin A: 34% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian
  • Vitamin K: 24% dari AKG harian
  • Vitamin C: 13% dari AKG harian
  • Vitamin B1 : 15% dari AKG harian
  • Vitamin B9: 12% dari AKG harian
  • Mangan: 11% dari AKG harian
  • Zat besi: 7% dari AKG harian
  • Fosfor: 6% dari AKG harian
  • Vitamin K1: sekitar 23% dari AKG harian

Bila dilihat dari kandungan di atas, dapat dipastikan bahwa terdapat sekitar 70% dari kalori kacang polong ini berasal dari karbohidrat. Lalu sisa nya berasal dari protein dan tentunya dengan sedikit lemak. 

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kacang polong adalah makanan yang tergolong ke dalam makanan nabati, benefit konsumsi kacang polong sebagai makanan nabati tentunya memberikan manfaat kaya akan molekul antioksidan dan efek anti peradangannya dalam tubuh. Selain itu, secara spesifik dilihat bahwa kacang polong mengandung saponin, senyawa nabati yang dikenal memiliki efek antikanker. 

  1. Berpotensi Melawan Penyakit Jantung

Tidak hanya menurunkan resiko kanker, ternyata salah satu benefit konsumsi kacang polong adalah melawan penyakit Jantung. 

Kandungan mineral yang terdapat kacang polong merupakan kandungan yang ramah terhadap jantung seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Mineral-mineral tersebut dikaitkan dengan pencegahan tekanan darah tinggi, yakni kondisi yang rentan memicu penyakit jantung.

Di samping itu, Karotenoid dan vitamin C dalam kacang polong pun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kerusakan sel berkat sifat antioksidannya.

  1. Sebagai Pengontrol Gula Darah

Penderita diabetes tentunya perlu memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Alasannya adalah karena untuk mencegah kenaikan gula darah. Nah, ternyata salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita gula darah ini adalah Kacang Polong.

Salah satu benefit konsumsi kacang polong adalah mengontrol gula darah, hal ini dikarenakan kacang polong memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat meningkatkan kadar gula darah.

  1. Menjaga Kecantikan dan Awet Muda

Siapa yang tidak ingin tetap cantik dan awet muda? Hal tersebut mungkin merupakan hal yang diimpi-impikan oleh setiap kaum Wanita. Nah, bila Sobat Pintar ingin mendapatkan hal tersebut, maka wajib hukumnya mengkonsumsi Kacang Polong ini. 

Manfaat kacang polong yang mungkin dicari setiap Wanita adalah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, garis harus atau kerutan, dan lain sebagainya yang tentunya dapat menjaga kecantikan kulit Sobat Pintar. 

Mengapa kacang polong dapat melakukan hal demikian? Itu karena senyawa fitoestrogen dalam kacang polong mampu menghasilkan estrogen lebih banyak. Estrogen sendiri merupakan kandungan yang dipercaya dapat mengurangi keriput dan garis halus. 

Selain kandungan tadi, tentunya kacang polong diperkaya oleh nutrisi Vitamin E yang sudah bukan hal yang asing lagi, kalau vitamin tersebut merupakan vitamin yang dapat menjaga kecantikan, kecerahan dan kelembapan kulit.

Nah, itu dia tadi 5 (lima) manfaat kacang polong yang mungkin baru Sobat Pintar ketahui setelah membaca tulisan ini. Bagaimana menurut Sobat Pintar?

Tentunya, manfaat tersebut dapat Sobat Pintar dapatkan apabila Sobat Pintar mengkonsumsi kacang polong dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan ya. Ingat! Sesuatu yang berlebihan itu tidak diperbolehkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk