Ini Beberapa Manfaat Minum Air Hangat

09 Apr 2021 by Laruan
manfaat minum air hangat

Banyak mitos yang beredar tentang minum air hangat dan pengaruhnya bagi tubuh manusia, ada yang benar dan ada yang terlalu dibesar-besarkan. Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, ternyata telah banyak penelitian ilmiah yang menemukan beberapa manfaat minum air hangat bagi tubuh. Di antaranya, meredakan hidung tersumbat, relaksasi dan melancarkan penernaan. Hal ini tidak akan didapatkan dengan mengonsumsi air dingin.

Berikut beberapa manfaat minum air hangat bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi pada pagi hari.

1. Mencegah dehidrasi

Menurut institute of medicine, rekomendasi asupan air pada wanita dewasa adalah 2,3 liter air dan bagi pria sebesar 3,3 liter air. Tentunya dengan meminum air hangat yang cukup dapat menjaga tubuh agar tersu terhidrasi dengan baik. Walau sebenarnya meminum air dingin juga dapat menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

2. Meredakan hidung tersumbat

Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat meredakan hidung yang tersumbat, terlebih bagi penderita sinus. Hidung yang tersumbat biasanya terjadi karena adanya penumpukan lendir di tenggorokan dan rongga hidung. Air hangat sangat baik untuk melonggarkan dan mengurangi penumpukan lendir tersebut. Eits, tapi jika sudah parah, kalian harus segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Minum air hangat juga dapat mengurangi iritasi tenggorokan, pilek dan lain sebagainya. Kalian bisa menambahkan garam, jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan sakit di tenggorokan.

3. Meredakan nyeri saat menstruasi

Manfaat minum air hangat lainnya adalah meredakan nyeri akibat menstruasi bagi perempuan. Minum cairan yang cukup terlebih hangat, dapat menahan jumlah cairan di dalam tubuh sehingga mengurangi nyeri haidh akibat perut kembung. Minum air hangat juga bermanfaat untuk merelaksasi otot yang kram. Sekarang ini sangat banyak dijual alat penghangat air otomatis dengan varian harga yang beragam. Jika dana yang menjadi kendalanya, kredit pintar menyediakan jasa pinjam uang dengan persayaratan yang sangat mudah. Pinjam uang di kredit pintar telah dijamin oleh OJK sehingga kalian enggak perlu takut.

4. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat telebih di pagi hari dapat membantu menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Saat air hangat mengalir melalui usus, tubuh lebih mudah membuang kotoran. Air hangat juga berguna membantu penderita akalasia. Akalasia adalah kondisi seseorang yang kesulitan menelan dan mengantarkan makanan ke lambung. Penelitian membuktikan bahwa air hangat dapat membantu penderita akalasia.

Namun tentu saja jika sudah sangat parah, harus dilakukan tindakan medis dengan segera. Kredit pintar menyediakan jasa pinjam uang dengan syarat mudah bagi yang kesusahan membayar biasa perawatan medis untuk penderita akalasia.

5. Meningkatkan sistem saraf pusat

Minum air hangat juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kinerja sistem saraf pusat. Saat kita kekuragan air, sistem saraf akan terganggu dan menurunkan kinerjanya. Penelitian pada 2019 membuktikan bahwa air hangat dapat menstimulus aktivitas sistem saraf pusat dan dapat memperbaiki suasana hati. So, jika kalian lagi galau mungkin bisa mencoba solusi mengkonsumsi air hangat. Namun jika galaunya karena masalah finansial yang tidak kunjung selesai, maka kredit pintar adalah solusi tepat.

Demikian beberapa manfaat minum air hangat yang dapat kami rangkum. Tentu masih banyak manfaat lain yang berasal dari air hangat. Yang terpenting jaga selalu asupan air putih harian kalian, sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan lancar dan kalian bisa terus fit untuk menjalani aktivitas seharian penuh.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload