Herpes Zoster: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Herpes Zoster: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

05 May 2021 by kreditpintar
herpes zoster

Herpes zoster yang memiliki nama lain cacar ular atau cacar api adalah penyakit dengan penanda timbulnya bintil kulit berisi air pada tubuh dan terasa nyeri. Penyebab dari penyakit ini adalah infeksi virus Varizella Zoster. Rupanya virus ini juga menjadi penyebab terjadinya cacar air.

Pada dasarnya, penyakit ini tidak menimbulkan bahaya. Hanya saja, herpes zoster bisa menimbulkan rasa nyeri. Penyembuhan penyakit ini dapat dipercepat melalui obat antivirus. Obat ini pun bisa mengurangi resiko terjadinya komplikasi.

Gejala Herpes Zoster

Penyakit kulit ini memiliki gejala utama berupa timbulnya bintil berisi air pada kulit. Ciri-ciri dari bintil yang muncul adalah sebagai berikut:

  • Bintil yang ada di kulit muncul seperti cacar air dan berada di salah satu sisi tubuh
  • Bintil hanya ada di wilayah terbatas
  • Jaringan sekitar bintil membengkak
  • Lama-lama, bintil akan menjadi luka lepuh
  • Luka lepuh kemudian akan pecah dan jadi luka berkerak. Setelah ini, luka akan menghilang dengan perlahan
  • Apabila bintik timbul di area mata, ia dapat mengganggu penglihatan

Sensasi nyeri seperti terbakar, kaku, dan kesemutan akan Sobat Pintar rasakan jika Sobat Pintar menderita penyakit ini. Rasa nyeri ini akan semakin parah apabila disentuh. Sebenernya, sensasi ini timbul 2-3 hari sebelum kemunculan bintil. Ia masih akan terus terasa bahkan setelah bintil hilang.

Ada pula gejala lain yang mungkin dirasakan oleh penderitanya, yaitu:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Lemas
  • Silau terhadap cahaya

Pemicu dan Bahayanya

Penyebab herpes zoster adalah virus Varicella Zoster yang juga menyebabkan terjadinya cacar air. Biasanya, penderita herpes zoster sebelumnya pernah terkena cacar air. Setelah sembuh dari penyakit ini, Varicella Zoster menjadi tidak aktif, tetapi bertahan dalam saraf selama beberapa tahun. Kemudian virus selanjutnya bisa aktif kembali dan malah menyebabkan cacar api.

Penyakit ini perlu segera diobati. Jika tidak, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang menimbulkan risiko seperti:

  • Postherpetic neuralgia, yaitu rasa nyeri yang berlangsung sangat lama setelah bintil sembuh. Biasanya komplikasi ini dirasakan oleh penderita lansia di atas 60 tahun.
  • Kebutaan yang bisa terjadi jika bintil muncul di area mata. Penyakit ini dapat mengakibatkan peradangan saraf mata dan berujung kebutaan.
  • Otot melemah karena peradangan saraf yang menurunkan kekuatan otot.
  • Infeksi bakteri apabila bakteri masuk ke luka lepuh yang telah pecah.

Cara Mengobati

Untuk dapat mengobati penyakit ini, pertama, Sobat Pintar harus menemui dokter kulit. Nanti, dokter akan memastikan penyakit ini melalui simptom yang timbul.

Apabila Sobat Pintar benar-benar menderita cacar api ini, dokter akan melakukan pengobatan menggunakan obat antivirus. Contoh antivirus yang diberikan adalah famciclovir, acyclovir, dan valacyclovir. Selain antivirus, dokter juga akan memberikan pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, tramadol, atau oxycodone.

Perlu diketahui bahwa biaya pengobatan penyakit cacar api rupanya tidak sedikit. Sobat Pintar perlu memiliki asuransi kesehatan untuk dapat menanggung biaya tersebut. Namun Sobat Pintar tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki asuransi kesehatan. Kredit Pintar hadir dengan fasilitas pinjaman instan yang paling unggulan.

Sobat Pintar bisa mencairkan dana dengan cepat melalui proses yang mudah hanya di Kredit Pintar. Pinjaman instan yang diberikan bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengobati penyakit apapun yang diderita, termasuk penyakit cacar api. Sobat Pintar hanya memerlukan waktu 3 menit untuk memproses pengajuan pinjaman.

Apapun penyakit yang perlu diobati dan kemanapun Sobat Pintar akan berobat, Sobat Pintar bisa mengandalkan fasilitas pinjaman cepat dari Kredit Pintar.

kredit pintar